The Amazing Race Asia 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Amazing Race Asia 1
The Amazing Race Asia logo
Pertama tayang 9 November 2006
1 Februari 2007
Jumlah episode 13
Pemenang Zabrina Fernandez &
Joe Jer Tee
Benua yang dikunjungi 2
Negara yang dikunjungi 8
Kota yang dikunjungi 15
Jarak perjalanan 39.000 kilometer
(24.234 mil)
Jumlah leg perlombaan 12
Kronologi Musim
Selanjutnya The Amazing Race Asia 2

The Amazing Race Asia 1 adalah musim pertama dari acara realitas game show The Amazing Race Asia. Acara tersebut menampilkan sepuluh tim dari dua, dengan hubungan yang sudah ada, dalam lomba di sekitar Asia dan Pasifik untuk memenangkan US$ 100.000. Aplikasi diterima sampai dengan 31 Maret 2006.[1] Musim dimulai pada tanggal 9 November 2006 dan akhir musim ditayangkan pada tanggal 1 Februari 2007.

Pekerja Malaysia Zabrina & Joe Fernandez Tee Yer adalah pemenang perlombaan. Mereka adalah tim wanita pertama yang menang di franchise "The Amazing Race" dan pada saat itu tim pertama yang menang tanpa mengandalkan Fast Forward atau Yield.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pembangunan dan pengambilan film[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2005, Buena Vista International Television-Asia Pasifik dan Sony Pictures Television International AXN Asia mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan hak untuk menghasilkan produksi lokal pertama The Amazing Race.[2] AXN Asia, yang mengudara seri asli Amerika, telah menerima banyak permintaan tertulis untuk sebuah produksi Asia dari pemirsa lokal.

Pemilihan pemain-pemain[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2006, pesohor Singapura, Allan Wu diperkenalkan sebagai pembawa acara The Amazing Race Asia.[3] Ricky Ow, General Manager SPE Networks Asia digambarkan Wu sebagai "seorang penggemar besar dari The Amazing Race dan "merasa bahwa" ketampanan dan karisma alami akan menawarkan daya tarik yang berbeda dari The Amazing Race. "

Lebih dari 1000 tim di seluruh Asia diterapkan untuk seri, dengan pendaftaran yang diterima sampai dengan 31 Maret 2006.[4] Akhirnya, sepuluh tim dipilih untuk berpartisipasi dalam perlombaan ini; cast termasuk ekspatriat di Thailand dan Hong Kong dan model India.[5] Pembawa acara, Allan Wu berkomentar bahwa "para produser pasti meluangkan waktu dan melakukan pekerjaan rumah mereka untuk memilih rombongan, paling beragam menghibur, dan kontroversial dari kontestan untuk musim pertama kami."

Para pemain terdiri dari perwakilan beberapa media lokal atau kerabat mereka. Zabrina adalah produser televisi Ntv7 dan Channel V, serta saudara perempuan sutradara film Malaysia yang terkenal Joshua Fernandez dan DJ Hitz.FM JJ Fernandez. Aubrey adalah aktris terkenal filipina yang berperan dalam film lokal seperti Prosti, Xerex, Sanib, A Beautiful Life dan Gagamboy; dia juga co-host acara siang hari Masayang Tanghali Bayan. Prashant adalah seorang aktor India yang membintangi film Bollywood Aag; ia juga runner-up Mr. India 2004. Melody adalah aktris film dan tv Singapura, memiliki membintangi film lokal seperti Street Angels dan The Teenage Textbook Movie; ia juga memainkan karakter pendukung dalam drama berjalan panjang Love Blossoms dan sekuelnya, Love Blossoms II .

Musim ini terdiri lima non-Asia, Andy, Francesca, Howard dan Laura berasal dari Britania Raya, keduanya memiliki perwakilan yang terpisah di negara-negara Asia (seperti Andy dan Laura mewakili Thailand), dan Sandy adalah dari Selandia Baru, mewakili Hong Kong.

Marketing[sunting | sunting sumber]

The Amazing Race Asia 1 didukung oleh sponsor kawasan berikut: Sony Electronics Asia Pacific Pte. Ltd, AirAsia, Caltex, MSN, Nokia, dan Bintan Lagoon Resort.[3] Ford adalah sponsor lokal, sementara seri ini juga didukung oleh Tourism Malaysia. Para sponsor memainkan peran utama dalam seri dengan menyediakan hadiah dan mengintegrasikan produk mereka ke berbagai tugas. Selain itu, AirAsia adalah maskapai penerbangan yang digunakan oleh pembalap tunggal, sementara Bintan Lagoon Resort adalah lokasi diasingkan untuk tim dieliminasi.[6]

Untuk memperkenalkan seri baru kepada audiens Asia, promosi wisata mengunjungi Seoul, Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Manila dan Delhi sebelum seri perdana.[3] Sebuah episode tambahan, bersubjudul Kenangan adalah wawancara setelah-perlombaan khusus yang ditayangkan satu minggu setelah akhir musim.[7]

Hasil[sunting | sunting sumber]

Tim berikut berpartisipasi dalam Race, dengan hubungan mereka pada saat syuting. Perhatikan bahwa tabel ini tidak selalu mencerminkan semua isi siaran di televisi karena inklusi atau pengecualian dari beberapa data. Penempatan tercantum dalam urutan finishing:

Tim Hubungan Posisi (tiap leg) Perjalanan memutar
1 2 3 4 5 6 7 8 97 10 11 12
Bendera Malaysia Zabrina & Joe Jer Rekan Kerja 3 4 52 6 3 3 6 5 4 4 3 2 1 Zabrina 6, Joe Jer 6
Bendera Hong Kong Sandy & Francesca Berpacaran 10 9 2 3 5 1 4 3 5 1 1 3 2 Sandy 6, Francesca 6
Bendera Malaysia Andrew & Syeon Berpacaran 51 8 82 1 2 4 2 4 2 3 2 1 3 Andrew 6, Syeon 6
Bendera Indonesia Mardy & Marsio Saudara 1 2 62 4 6 5 5 1p 3 2 4 4 Mardy 4, Marsio 6
Bendera Thailand Andy & Laura Bertunangan 7 7 72 73 1 26 1 2 1 5 Andy 5, Laura 4
Bendera Sri Lanka Howard & Sahran Sahabat 9 3 1 84 4 6 3 6 Howard 4, Sahran 3
Bendera Singapura Melody & Sharon Sahabat 6 5 3 2 7 7 Melody 3, Sharon 2
Bendera India Sahil & Prashant Model 8 1p 4 5 85 Sahil 2, Prashant 2
Bendera Filipina Aubrey & Jacqueline Aktris & Model 4 6 92 Aubrey 1, Jacqueline 1
Bendera Filipina Ernie & Jeena Menikah 2 10 Ernie 1, Jeena 0
  • merah penempatan tim berarti tim itu dieliminasikan.
  • hijau ƒ menunjukkan bahwa tim memenangkan Percepatan.
  • garis bawah biru penempatan tim menunjukkan bahwa tim datang terakhir pada babak non-eliminasi dan harus menyerahkan semua uang miliknya dan memulai babak perlombaan berikutnya tanpa uang sepeserpun.
  • jingga > menunjukkan bahwa tim memilih untuk menggunakan Yield; < menunjukkan tim yang menerimanya; <> sekitar jumlah leg menunjukkan bahwa Yield untuk kaki yang tersedia tetapi tidak digunakan.
  • Miring Hasil menunjukkan posisi tim di titik tengah dari dua episode leg.
  1. ^ Andrew & Syeon awalnya tiba pertama. Namun, mereka tidak mengikuti jejak seperti yang diperintahkan dalam petunjuk mereka ke Pit Stop, dan diminta untuk melengkapinya sebelum check in. Empat tim diperiksa selama jangka waktu tersebut, menjatuhkan mereka ke posisi 5.
  2. ^a b  Untuk alasan yang tidak diketahui pada leg berikutnya, penempatan awal Howard & Sahran dan Sahil & Prashant dialihkan, sehingga Howard & Sahran mulai di posisi ke-8 dan Sahil & Prashant dimulai pada posisi ke-9.
  3. ^ Lima dari sembilan tim tiba di Pit Stop setelah diterapkan hukuman empat jam untuk gagal menyelesaikan Roadblock (hanya Joe Jer, Marsio, Andy, Syeon dan Aubrey). Penempatan awal untuk semua tim adalah sebagai berikut (Keempat tim yang ditebalkan tidak diberikan penalti):
    Posisi ke-1: Zabrina & Joe Jer; ke-2: Howard & Sahran; ke-3: Sandy & Francesca; ke-4: Mardy & Marsio; ke-5: Andy & Laura; ke-6: Andrew & Syeon; ke-7: Melody & Sharon; ke-8: Sahil & Prashant; ke-9: Aubrey & Jacqueline. Tetapi, Aubrey & Jacqueline tidak mengeluarkan hukuman dan dieliminasi.
  4. ^ Laura mengalami cedera pada kaki kirinya dalam perjalanan ke Oceanworld. Setelah tes dilakukan, dia diizinkan untuk melanjutkan leg berikutnya perlombaan.
  5. ^ Howard & Sahran dikeluarkan hukuman 4-jam karena Howard gagal menyelesaikan Roadblock tersebut. Mereka diperiksa di pit stop terakhir, tetapi diberitahu sebagai kaki non-eliminasi. Hukuman 4-jam mereka ambil dari hambatan akan diterapkan bukan pada waktu mulai di leg 5.
  6. ^ Sahil & Prashant awalnya tiba di posisi ke-5, tetapi mengeluarkan penalti 1-jam karena mereka didorong di dalam sebuah kendaraan pribadi di Devonport, melanggar aturan Ras melarang hitch-hiking. 3 terakhir tim (Sandy & Francesca, Mardy & Marsio dan Melody & Sharon) diperiksa selama waktu hukuman mereka dan dieleminasi sebelum hukuman satu jam telah berlalu.
  7. ^ Andy & Laura tertangkap ngebut di 146 km / jam sedangkan batas kecepatan adalah 100 km / jam Hukumannya adalah 2 menit kali jumlah km / h dengan mana mereka telah melampaui batas kecepatan. Mereka mengeluarkan penalti 92-menit untuk dinilai pada awal leg berikut ini, oleh karena itu berangkat di pit-start terakhir.
  8. ^ Leg 9 adalah leg panjang-ganda dengan dua Pengalihan dan dua rintangan, ditampilkan lebih dari dua episode. Hasil ini muncul sebelum Detour kedua.

Judul kutipan episode[sunting | sunting sumber]

Judul episode sering diambil dari kutipan yang dibuat oleh peserta.

  1. I Don't Think I Can Do This – Sahran
  2. They're Speedy, They're Fast And They're First – Howard
  3. Give Me The Strength, Give Me The Strength – Howard
  4. Just Shut Up And Do It – Mardy
  5. It's Blowing Like Your Mum's Pants On A Windy Day – Howard
  6. What Have You Been Eating! – Zabrina
  7. Don't Stand There Doing Nothing! – Andy
  8. My Legs Are Shaking Like Jelly – Andrew
  9. This Is Totally, Totally Out Of This World! – Marsio
  10. War Has Begun! – Andy
  11. This Is Going To Be Embarrassing! – Zabrina
  12. Oh My Goodness, I Have To Eat A Brain! – Syeon
  13. 24 Days, 15 Cities, 39,000 Kilometres And It Comes Down To This – Allan Wu

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah untuk setiap leg diberikan kepada tim tempat pertama untuk leg itu.

  • Babak 3 – Tiap anggota tim mendapat Sony High-Definition Handycam
  • Babak 7 – Pasokan Satu tahun dari bahan bakar mesin pembersih, Caltex.
  • Babak 9 – Berlibur ke Langkawi, Malaysia, persembahan dari AirAsia.
  • Babak 11 – Berlibur ke Gold Coast, Australia, persembahan dari Caltex.
  • Babak 12 – Uang tunai US$100,000

Ringkasan Perlombaan[sunting | sunting sumber]

Rute Peta Lengkap
Catatan: titik kuning mewakili lokasi awal di Leg 1 dan juga sebagai titik transfer untuk Kaki 12; garis hijau menandai rute final leg
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Memutar   Roadblock icon.svg Penghadang   Fast Forward icon.svg Percepatan   Yield icon.svg Pemblokiran   TAR-pitstop-icon.png Pemberhentian

Babak 1 (Malaysia)[sunting | sunting sumber]

Alun-alun Merdeka Kuala Lumpur adalah garis start dari musim pertama The Amazing Race Asia.

Detour untuk leg ini adalah Paint atau Pot, yang menggambarkan dua teknik kerajinan. Di Paint, anggota masing-masing tim akan bekerja sama untuk membuat batik lukisan berdasarkan desain yang ditampilkan kepada mereka. Dalam Pot, salah satu anggota tim akan membuat pot dari tanah liat menggunakan roda tembikar sementara anggota lain dikendalikan spin roda. Dalam kedua kasus, tim akan menerima petunjuk berikutnya jika orang yang bertanggung jawab atas pilihan yang dipilih adalah Detour puas dengan hasilnya.

Tambahan tugas

  • Pada Berjaya Times Square, tim harus rappel turun dari tingkat 8-cerita pusat perbelanjaan. Disebutkan bahwa itu adalah opsional, tetapi tim akan menghadapi hukuman waktu.
  • Di Stadion Shah Alam, anggota tim masing-masing harus menyelesaikan empat lap berturut-turut di sekitar sirkuit di go-kart s sebelum menerima petunjuk berikutnya.
  • Dalam perjalanan ke Pit Stop, tim diperintahkan untuk mengikuti jejak tertentu dalam Bukit Nanas Forest Reserve ke atas Menara Kuala Lumpur.

Babak 2 (Malaysia → Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Bakso ditampilkan dalam kedua pengalihan di Jakarta.

Roadblock pertama dalam lomba adalah anggota tim harus mengambil petunjuk dalam kotak terletak di dalam sebuah lubang ular berbahaya yang mengandung sejumlah spesies disamping anaconda, dalam waktu 2 menit. Tim menerima petunjuk Fast Forward setelah selesainya Roadblock tersebut. Dalam Fast Forward, tim harus pergi ke SMA Negeri 60 Jakarta dan mencari di antara puluhan siswa yang berkeliling dilapangan sambil mendengarkan Sony Walkman MP3, seorang siswa yang memainkan pesan "Penghargaan Fast Forward". Dalam Detour leg ini yang harus memilih antara Push atau Sell. Dalam Push, tim harus mendorong sebuah gerobak bakso sejauh 500 m (0.31 mil) sepanjang rute yang ditandai, tanpa menumpahkan kecap yang ditaruh di mangkuk di dalam gerobak , sambil menyanyikan sebuah lagu tradisional (Abang Tukang Bakso). Di Sell, tim harus menjual (atau makan) 15 mangkuk bakso, masing-masing dengan harga jual minimal Rp 2.000 untuk mendapatkan petunjuk berikutnya.

Tambahan tugas (s)
  • Di Taman Mini Indonesia Indah, tim harus melakukan tarian tradisi Minangkabau yang disebut tari piring dengan benar sebelum mereka menerima petunjuk berikutnya.

Babak 3 (Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Pura Tanah Lot di pulau Bali adalah pit-stop ketiga ini leg perlombaan ini.

Roadblock leg ini adalah menginstruksikan seorang anggota tim untuk menggali di daerah pasir yang ditandai di pantai untuk sebuah suvenir papan selancar kecil kayu yang tersembunyi hingga 40 cm di bawah pasir. Dalam Detour leg ini adalah Wet atau Dry. Dalam Wet, tim harus melintasi bawah 500 langkah ke Sungai Ayung, naik melalui jeram air putih dan menyelesaikan lintasan dua mil di atas air dengan Bali Adventure Rafting. Dalam Dry, tim harus naik gajah dan pergi melalui lintasan setelah mana mereka akan diberikan petunjuk selanjutnya dalam Elephant Safari Park.

Tambahan tugas (s)
  • Di warnet, tim harus mengakses situs MSN Search di komputer kafe internet dan mencari kata-kata "Amazing Race Asia" untuk menemukan petunjuk berikutnya mereka, yang dapat mereka cetak keluar atau diterima dari petugas.

Babak 4 (Indonesia → Australia)[sunting | sunting sumber]

Oceanworld Manly di Sydney pinggiran kota Manly adalah lokasi untuk Roadblock leg di mana satu anggota tim melakukan sebuah tugas air.

Babak 5 (Australia → Selandia Baru)[sunting | sunting sumber]

Museum Peringatan Perang Auckland di Downtown Auckland adalah pit-stop kelima untuk leg Race.

Babak 6 (Selandia Baru)[sunting | sunting sumber]

Babak 7 (Selandia Baru → Singapura → Thailand)[sunting | sunting sumber]

Di Suntec City Singapura, tim mengunjungi Fountain of Wealth untuk mendapatkan petunjuk mereka.

Babak 8 (Thailand)[sunting | sunting sumber]

Tim mengunjungi Ao Nang untuk leg Race.
  • Bus: Bangkok (Southern Bus Terminal) ke Kota Krabi, Krabi (Krabi Bus Terminal)
  • Krabi (Hat Nopparat Thara National Park)
  • Ao Nang, Krabi
    • Pranang Bay >Percepatan (Pranang Bay)<
  • Krabi (Koh Poda/Poda Island) >Pemutaran (Smash or Grab)< >Halangan ("Who wants to rock? This challenge is physical and requires a steady nerve")<
  • Krabi (Koh Hong Lagoon)
  • Krabi (Koh Pak Bia) >Pemberhentian (Leg 8)<

Babak 9 (Thailand → India)[sunting | sunting sumber]

Benteng Merah Delhi adalah tempat Detour dari bagian kedua pertandingan.

Babak 10 (India → Uni Emirat Arab)[sunting | sunting sumber]

Ski Dubai adalah situs untuk Detour leg ini ini karena kontras dengan cuaca panas Dubai.

Babak 11 (United Arab Emirates)[sunting | sunting sumber]

Dubai's Wild Wadi Water Park, where team members had to take turns to ride a free fall water slide.

Babak 12 (Uni Emirat Arab → Malaysia)[sunting | sunting sumber]

Taman Nasional Bako di luar Kuching adalah garis finish The Amazing Race Asia 1.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "AXN unveils the identity of the reality show's host and regional sponsors as production reaches a new milestone". Diarsipkan dari aslinya tanggal 2006-07-15. Diakses 2006-10-06. 
  2. ^ "The Amazing Race Format makes a pit stop in ASIA PACIFIC". Thailand News and Press Releases. 2006-10-19. Diakses 2008-03-04. 
  3. ^ a b c "And the Host of The Amazing Race Asia is...". The Amazing Race Asia. 2006-07-04. Diakses 2007-02-23. 
  4. ^ "Over 1000 teams apply for The Amazing Race Asia". The Amazing Race Asia. 2006-04-10. Diakses 2007-02-24. 
  5. ^ "Asia Is Waiting - Teams Revealed!". The Amazing Race Asia. 2006-09-25. Diakses 2007-02-24. 
  6. ^ "BINTAN LAGOON RESORT OFFICIAL HOSPITALITY PARTNER FOR AMAZING RACE" (PDF). Bintan Lagoon Resort. July 2006. Diakses 2007-02-23. 
  7. ^ "HE AMAZING RACE ASIA: MEMORIES". T4. 2006-12-29. Diakses 2007-02-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]