Caltex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Caltex
Stasiun pengisian Caltex di Singapura

Caltex adalah sebuah nama merek minyak bumi dari Chevron Corporation yang digunakan di lebih dari 60 negara di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan selatan Afrika.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Caltex berdiri tahun 1936 dengan nama California Texas Oil Company, sebuah usaha bersama antara The Texas Company (kemudian Texaco) dan Standard Oil of California (kemudian Chevron) untuk memasarkan minyak dari konsesi baru di Saudi Arabia. Berganti nama menjadi Caltex Petroleum Corporation tahun 1968. Dua perusahaan induk ini bergabung tahun 2001 untuk membentuk ChevronTexaco (menjadi Chevron tahun 2005) dan Caltex masih menjadi salah satu nama merek internasionalnya.

Australia[sunting | sunting sumber]

Caltex Australia (ASXCTX) dimiliki 50% oleh Chevron, dan 50% oleh pemegang saham Australia.

Ketika militer Amerika meminta organisasi ini pindah ke Australia tahun 1942 selama Perang Dunia Kedua, mereka membuat larangan mengkontrak untuk jasa minyak Bumi dari perusahaan asing, tapi harus memiliki setidaknya dua tender untuk kontrak apapun. Karena Mobil adalah perusahaan minyak Amerika satu-satunya yang beroperasi di Australasia pada waktu itu, ada isu bahwa masalah ini diselesaikan ketika Departemen Perang Amerika Serikat meyakinkan Standard Oil of California dan Texaco membuat usaha bersama di Australia dan Selandia Baru.[butuh rujukan]

Tahun 1981 Caltex mengakuisisi Golden Fleece, dan tahun 1995 bergabung dengan Ampol dengan banyak stasiun pengisian Ampol berganti nama menjadi Caltex.[1]

Tanggal 27 Mei 2009 diumumkan bahwa Caltex akan mengambil alih 302 stasiun pengisian Mobil dan Mobil Quix di Sydney, Melbourne, Brisbane dan Adelaide, setelah persetujuan Australian Competition and Consumer Commission. [2]

Stasiun pengisian Caltex di Wagga Wagga, New South Wales.

Caltex mengoperasikan jaringan ritel perusahaan minyak terbesar di Australia dengan saham pasar ritel sekitar lebih dari 30%.

Bahan Bakar[sunting | sunting sumber]

Petrol

  • Regular Unleaded (91 oktan)
  • Bio E10 Unleaded (91 oktan dengan 10% etanol)
  • Vortex Premium (95/96 oktan)
  • Vortex 98 (98 oktan)

Sebagian stasiun pengisian menawarkan produk tersebut, tetapi Bio E10 Unleaded sedikit ditemui.

Diesel

  • Diesel
  • New Generation Diesel (2% biodiesel)
  • Vortex Diesel (premium diesel)

Setiap stasiun pengisian hanya menjual satu dari 3 produk tersebut.

Autogas

Autogas tersedia di stasiun pengisian tertentu.

Toko swalayan[sunting | sunting sumber]

Stasiun pengisian Caltex dapat mendirikan apapun jenis toko swalayan.

Star Mart: Sebuah toko besar yang menjual roti, kopi, pizza dan makanan panas juga barang keperluan dan ATM. Toilet biasa terletak di dalam toko. Buka 24 jam.

Star Shop: Toko yang lebih kecil menjual barang keperluan dan makanan bungkus dan jam operasi terbatas.

Woolworths: Stasiun yang menerima penawaran diskon 4 cpl dari Woolworths. Toko dinamai Woolworths. Kebanyakan sama seperti Star Mart, tapi seukuran Star Shop.

Woolworths[sunting | sunting sumber]

Caltex Woolworths Wagga Wagga, New South Wales

Tahun 2003 Caltex Australia memasuki perjanjian usaha bersama dengan riteler supermarket besar Woolworths Limited,[3] untuk membalas peluncuran penawaran diskon bahan bakar yang dibuat oleh pesaingnya, Coles Group. Stasiun pengisian "Plus Petrol" milik Woolworths menerima merek Caltex dan stasiun pengisian Caltex menerima merek Woolworths—hasil usaha bersama ini bernama Caltex Woolworths. Tetapi hanya diterapkan pada stasiun pengisian Caltex yang dekat dengan supermarket Woolworths dan banyak stasiun pengisian yang belum menawarkan diskon bahan bakar ini. Di Victoria, Woolworths Supermarkets dikenal sebagai Safway dan Caltex Woolworths berdagang di bawah merek Caltex Safeway.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Historical milestones". Caltex. 
  2. ^ The Australian
  3. ^ Woolworths Limited, Caltex Australia Limited (2003-08-21). Woolworths and Caltex Work Together in Petrol. Siaran pers. Diakses pada 2007-09-17.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]