The Amazing Race 23

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Amazing Race 23
Pertama tayang 29 September 2013 (2013-09-29)
– 8 Desember 2013 (2013-12-08)
Tanggal pengambilan film 09 Juni 2013 (2013-06-09)
– 2 Juli 2013 (2013-07-02)
Pemenang Jason Case & Amy Diaz
Benua yang dikunjungi 4
Negara yang dikunjungi 9
Kota yang dikunjungi 21
Jarak perjalanan 35.000 mil
(56.326 kilometer)
Kronologi Musim
Sebelumnya Musim 22
Selanjutnya Musim 24

The Amazing Race 23 adalah edisi kedua puluh tiga dari acara televisi realitas The Amazing Race. Acara ini menampilkan beberapa tim yang masing-masing terdiri dari dua orang, yang sudah memiliki ikatan hubungan sebelumnya, dalam perlombaan mengelilingi dunia.

Musim ini tayang perdana pada hari Minggu, 29 September 2013 di CBS, dengan dua episode final yang ditayangkan pada 8 Desember 2013.[1][2]

Pasangan kencan Jason Case dan Amy Diaz merupakan pemenang The Amazing Race 23.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Tayangan pembuka dan grafik informasi pada layar kaca mengalami pembaruan dan pengembangan pada musim ini.[3]

Peserta akan menempuh jarak 35.000 mil (56,000 km), mengarungi empat benua dan sembilan negara, termasuk Chili, Norwegia dan Uni Emirat Arab.[4] Express Pass ganda, yang baru diperkenalkan pada musim sebelumnya, muncul kembali pada musim ini – tim pertama yang tiba di Pit Stop babak pertama akan mendapatkan dua buah Express Pass, satu untuk tim tersebut dan satu lagi untuk diberikan kepada tim lainnya.[3]

Peserta[sunting | sunting sumber]

Pendaftaran untuk The Amazing Race 23 telah ditutup pada 26 April 2013.

Para peserta yang tampil pada musim ini di antaranya adalah mantan pemain Houston Texans Chester Pitts dan Ephraim Salaam, istri dari pemain bisbol Chris Getz dari Kansas City Royals dan David DeJesus dari Tampa Bay Rays, pasangan pemian LA Kings Ice Crew, mantan ratu kecantikan Miss Rhode Island Amy Diaz dan pasangan pemain teater yang dikenal sebagai Queens of Bingo.

Hasil perlombaan[sunting | sunting sumber]

Tim Hubungan Posisi ke- (Tiap Babak) Roadblock
11 2 3 4 5 6ƒ 7 8 9 10 11 12
Jason & Amy Berpacaran 8 5 2 2 2 5 2 2 3 1 2 1 Jason 6, Amy 7
Tim & Marie Mantan Pasangan 1 8 8 5 1ε5 4 4 3 2 2 1 2 Tim 6, Marie 7
Nicole & Travis Menikah Pasangan Dokter UGD 22 4 1 3 3 1 3 1ə6 4 3 3 3 Nicole 7, Travis 6
Leo & Jamal Sepupu 7 23 6 4 6 3 1 4 17 4 4 Leo 6, Jamal 6
Ally & Ashley Rekan Kru NHL 6 7 7 7 7 6 5 5 5 Ally 4, Ashley 6
Nicky & Kim Istri-Istri Pemain Bisbol 5 9 3 8 4 2 6 6 Nicky 5, Kim 4
Tim & Danny Sahabat 9 6 4 6 5 7 Tim 3, Danny 4
Brandon & Adam Teman Masa Kecil 10 3 5 1 8 Brandon 2, Adam 4
Chester & Ephraim Mantan Rekan NFL 4 1 94 Chester 2, Ephraim 1
Rowan & Shane Pemain Teater 3 10 Rowan 2, Shane 1
Hoskote & Naina Ayah/Anak 11 Hoskote 1, Naina 1
  • Tanda merah pada posisi tim menunjukkan bahwa tim tersebut tereliminasi.
  • hijau ƒ menunjukkan bahwa tim tersebut memenangkan Fast Forward.
  • ungu ε menunjukkan bahwa tim memutuskan untuk menggunakan Express Pass di babak tersebut.
  • Tanda garis bawah biru pada posisi tim menunjukkan bahwa tim tersebut tiba terakhir pada babak non-eliminasi dan harus melakukan Speed Bump selama babak perlombaan berikutnya.
  • cokelat ⊃ atau cyan ⋑ menunjukkan bahwa tim tersebut memilih untuk menggunakan salah satu dari dua U-Turn dalam Double U-Turn; atau menunjukkan tim yang mendaptkan U-Turn; menunjukkan bahwa tim itu mendapatkan U-Turn, tetapi mereka menggunakan U-Turn yang kedua untuk menahan tim lain.
  • Tanda garis bawah pada jumlah babak menunjukkan bahwa tersebut tidak ada masa istirahat wajib di Pit Stop dan semua tim diperintahkan untuk melanjutkan perlombaan. Tim yang tiba di tempat pertama masih diberikan hadiah untuk babak tersebut.
  1. ^ Babak 1 menampilkan dua buah Roadblock tanpa Detour. Anggota tim yang tidak melakukan Roadblock pertama, diharuskan melakukan Roadblock yang kedua.
  2. ^ Nicole & Travis pada mulanya tiba sebagai tim pertama, namun mereka mendapat hukuman penalti 30 menit karena menggunkan taxi untuk menuju Pit Stop, dikarenakan petunjuk yang diberikan menyatakan bahwa tim harus berjalan kaki menuju Pit Stop. Tim & Marie berhasil menyusul selama masa penalti dan menggusur Nicole & Travis ke posisi kedua.
  3. ^ Leo & Jamal pada mulanya tiba sebagai tim pertama, namun mereka tidak diterima karena belum membayar lunas ongkos taxi. Ketika mereka pergi melunasi bayaran taxi, Chester & Ephraim berhasil menyalip dan menggusur Leo & Jamal ke posisi kedua.
  4. ^ Chester & Ephraim mengalami beberapa penundaan penerbangan, sehingga baru tiba di kota tujuan beberapa jam setelah semua tim lainnya tiba di Pit Stop. Setelah tiba di Bandar Udara Portela, Phil langsung menemui mereka dan memberitahukan bahwa mereka telah dieliminasi dari perlombaan.
  5. ^ Tim & Marie memakai Express Pass mereka untuk melewati Detour di Babak 5.
  6. ^ Nicole & Travis memakai Express Pass yang diberikan oleh Tim & Marie untuk melewati Detour di Babak 8.
  7. ^ Leo & Jamal berangkat dari Pit Stop Al Ain sebagai urutan terakhir bersama Ally & Ashley karena mereka berdua ketiduran dan tertinggal dari jadwal keberangkatan mereka selama dua menit.

Judul kutipan episode[sunting | sunting sumber]

Judul episode seringkali diambil dari kutipan perkataan yang diucapkan oleh para peserta.[5]

  1. "We're Not in Oklahoma No More" – Tim (dari grup Tim & Danny)
  2. "Zip It, Bingo" – Marie
  3. "King Arthur Style" – Jason
  4. "Beards in the Wind" – Brandon
  5. "Get Our Groove On" – Adam
  6. "Choir Boy at Heart" – Leo and Jamal (bersama)
  7. "Speed Dating Is the Worst" – Ally
  8. "One Hot Camel" – Ashley
  9. "Part Like the Red Sea" – Ashley
  10. "Cobra in My Teeth" – Tim (dari grup Tim & Marie)
  11. "Amazing 'Crazy' Race" – Jamal

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah pada setiap babak diberikan kepada peringkat pertama pada babak tersebut. Hadiah perjalanan disponsori oleh Travelocity.

  • Babak 1 – Dua buah Express Pass – Tim yang mendapatkan hadiah ini, hanya boleh menggunakan satu buah Express Pass. Sementara Express Pass lainnya harus di berikan kepada tim lain sebelum berakhirnya babak 5.
  • Babak 2 – Perjalanan dua orang ke Kepulauan Turks dan Caicos
  • Babak 3 – Perjalanan dua orang ke Kosta Rika
  • Babak 4 – Masing-masing US$5,000
  • Babak 5 – Perjalanan dua orang ke Hawaii
  • Babak 6 – Perjalanan dua orang ke Anguilla
  • Babak 7 – Perjalanan dua orang ke Paris, Perancis
  • Babak 8 – Pilihan kendaraan Eco-Boost Ford
  • Babak 9 – Masing-masing US$7,500
  • Babak 10 – Perjalanan dua orang ke Cancún, Meksiko
  • Babak 11 – Perjalanan dua orang ke Aruba
  • Babak 12US$1.000.000

Ringkasan perlombaan[sunting | sunting sumber]

Peta rute lengkap perlombaan The Amazing Race 23.
Destinasi Legenda lotnisko.svg Perjalanan udara   Legenda kolej.svg Perjalanan kereta   Legenda prom.svg Perjalanan air   Bus-logo.svg Perjalanan darat
Penanda Rute Detour icon.svg Memutar   Roadblock icon.svg Penghadang   Fast Forward icon.svg Percepatan   U-Turn icon.svg Pemutarbalikan   Speed Bump icon.svg Penahan Kecepatan   TAR-pitstop-icon.png Pemberhentian

Babak 1 (Amerika Serikat → Chili)[sunting | sunting sumber]

Roadblock pertama The Amazing Race 23, tim terjun dan berparalayang dari Alto Hospicio di Iquique, Chile.

Waktu tayang: 9 September 2013[6]

Roadblock pertama: salah satu anggota tim harus mengarahkan taxi yang mereka tumpangi agar mengikuti arah terjun rekannya, yang berparalayang dari Alto Hospicio menuju Pantai Huayquique. Setelah kedua anggota tim bertemu kembali, seorang ahli paralayang akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Roadblock kedua: anggota yang berparalayang di Roadblock sebelumnya harus mengumpulkan lima ekor ikan, yang diambil dari salah satu dari tiga kapal pemancingan, menggunakan sebuah perahu kayuh. Ketiga kapal tersebut masing-masing hanya mempunyai ikan dalam jumlah terbatas. Maka apabila sebuah persediaan sebuah kapal habis, peserta harus mengambinya dari kapal yang lain. Setelah mereka mampu membawa kelima ikan menuju dermaga, seorang penjual ikan akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di garis start, tim harus memilih sebuah mobil Ford C-Max dan menggunakan sistem Ford Sync untuk melakukan panggilan guna mengetahui tujuan pertama mereka: Iquique, Chili. Dari pesan yang didapatkan dari Javier, kontak mereka di Chili, mereka mendapatkan informasi bahwa jatah bangku untuk penerbangan pertama terbatas.
  • Usai tiba di Iquique, tim harus menemui Javier di Alto Hospicio untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 2 (Chili)[sunting | sunting sumber]

Detour di Gurun Atacama, Chili, dipusatkan di area industri tambang garam.

Waktu tayang: 6 Oktober 2013[7]

Detour: "Brining" atau "Mining". Kedua Detour meminta tim untuk bersepada menuju sebuah tambang garam di Tarapacá. "Brining"' (Pengasinan): tim harus mengangkut beberapa karung garam, kemudian menuangkannya ke dalam sebuah kolam, hingga mencapai kadar yang cukup untuk mengapung. Setelah mereka berhasil mengapung sambil membaca koran dengan nyaman, seorang penambang garam akan memberikan tim petunjuk selanjutnya. "Mining"' (Penambangan): tim harus menggunakan kapak dan palu untuk memecahkan sebuah batu halit besar, sampai mereka berhasil menemukan petunjuk selanjutnya yang tersembunyi di dalam batu.

Roadblock: salah satu anggota tim harus berperan sebagai lustrabota (penyemir sepatu khas Chili). Setelah berhasil menyemir sepatu seorang pelanggan, peserta harus menaruh dan menyusun dengan tepat seluruh peralatan lustrabota ke dalam sebuah kotak beroda khusus dan membawanya kembali ke gudang penyimpanan di Mercado Central, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Museo Corbeta Esmeralda, tim harus mengulang kutipan populer dari seorang petugas kapal ("¡Al abordaje, muchachos!") yang pernah dilontarkan saat Perang Iquique oleh Arturo Prat, kapten terakhir kapal tersebut, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
Tugas yang tidak ditayangkan
  • Tim harus melintasi Sungai Maipo menggunakan zip-line sebelum tiba di Pit Stop. Foto-foto promosi yang menampilkan para peserta sedang melakukan tantangan ini, pernah dipasang di situs resmi acara, sebelum episode ini ditayangkan.

Babak 3 (Chili → Portugal)[sunting | sunting sumber]

Salah satu pilihan Detour di Lisbon meminta tim untuk mengukur jarak pelayaran yang ditempuh oleh Ferdinand Magellan pada peta di Padrão dos Descobrimentos.

Waktu tayang: 13 Oktober 2013[8]

Detour: "Tiles" atau "Miles". "Tiles" (Ubin): tim harus menyusun sebuah puzzle manusia berukuran besar yang terbuat dari ubin porselen. Setelah puzzle berhasil disusun dengan tepat, seorang pengrajin puzzle ubin akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. "Miles" (Mil): tim harus mengambil jangka raksasa di Biara Jerónimos dan menggunakannya untuk mengukur jarak yang ditempuh Ferdinand Magellan dalam pelayarannya yang terkenal, pada sebuah peta berukuran besar di Padrão dos Descobrimentos. Mereka harus jarak yang mengubungkan kota Sevilla, Kepulauan Canaria, Kepulauan Tanjung Verde, Rio de Janeiro, Rio de Solis, Selat Magellan, Puka-Puka, Pulau San Pablo, Kepulauan Mariana, dan Kepulauan Filipina (tanda Pulau San Pablo dan Kepualaun Mariana terletak bersebrangan di kedua sisi peta, sehingga tim dengan sendirinya harus menyadari bahwa pengukuran perjalanan di antara dua tempat tersebut terputus di satu sisi peta dan harus dilanjutkan dari sisi lainnya). Setelah tim mampu memberikan jawaban yang benar (16.500 mil, dengan tolerasi kesalahan 500 mil), seorang perupa Magellan akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Roadblock: salah satu anggota tim harus memakai pakaian perang, kemudian menggunakan sebuah ballista, untuk menembakkan sebuah panah agar tepat menembus sebuah perisai yang berjarak 150 kaki (46 m). Setelah berhasil, seorang ksatria akan memberikan perisai tersebut; petunjuk selanjutnya tertempel di bagian belakang perisai .

Tugas tambahan
  • Setelah sampai di Lisbon, tim harus pergi ke Lapangan Martim Moniz, tempat mereka akan menaiki trem yang mendaki bukit menuju Miradouro das Portas do Sol. Setelah tiba, mereka harus menemukan sebuah grup musik Fado yang akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya: sebuah lukisan Kereta Kedutaan yang dibuat oleh Raja John V untuk Paus Klemens XI. Tim harus mencari tahu bahwa petunjuk tersebut mengarahkan mereka ke Museum Nasional Kereta.
  • Di Museum Nasional Kereta, tim harus mencari Kereta Kedutaan yang sama dengan yang tergambar pada lukisan, untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 4 (Portugal → Norwegia)[sunting | sunting sumber]

Roadblock mengharuskan tim untuk melompat terjun dari Jembatan Henningsvær, yang berada di Lingkar Arktik di Norwegia, ke sebuah perairan es yang dingin.

Waktu tayang: 20 Oktober 2013[9]

Detour: "Hang Your Heads" atau "Hammer of the Cods". "Hang Your Heads": pertama-tama tim harus menjahit 6 rangkaian kepala ikan yang masing-masing terdiri dari 10 kepala ikan. Kemudian mereka harus mengangkutnya menggunakan kereta sorong ke sebuah rak penjemuran ikan dan menggantungnya pada sebuah batang yang sudah ditandai. Setelah selesai, seorang kepala pabrik ikan akan memberikan mereka perunjuk selanjutnya. "Hammer of the Cods": tim harus mengumpulkan 15 pasang ikan kod dari ketinggian 30 kaki (9.1 m) sebuah rak penjemuran ikan kemudian membawanya ke sebuah pabrik untuk menghancurkan ikan kod tersebut agar terpisah dari tulangnya dan menjadi serpihan-serpihan kecil. Setelah berhasil mendapatkan 1 kilogram (2.2 lb) serpihan ikan, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Roadblock: salah satu anggota tim harus memakai pakaian selam dan melakukan bungee jumping dari Jembatan Henningsvær. Kemudian mereka harus menjatuhkan diri mereka ke perairan Samudera Arktik dan berenang menuju pelampung yang menyimpan petunjuk selanjutnya. Lalu mereka harus berenang kembali menuju rekan mereka yang menunggu di atas RIB. RIB tersebut kemudian akan membawa mereka kembali ke daratan.

Tugas tambahan
  • Setelah menyelesaikan Detour, setiap tim harus menaiki RIB menuju desa pemancingan Henningsvær.
  • Usai melaksanakan Roadblock, tim pergi menuju sebuah tambang batu untuk mengaitkan rantai pada sebuah batu granit besar yang berada di atas sebuah kereta luncur dan menambatkannya ke sebuah mobil Ford Ranger yang telah disiapkan secara tepat. Kemudian mereka harus menarik kereta luncur dengan memanfaatkan tenaga mobil, agar dapat menemukan petunjuk selanjutnya yang terkubur di bawah kereta luncur tersebut. Selain petunjuk, mereka juga akan menemukan satu kantong koin Viking yang akan mereka butuhkan pada babak selanjutnya.

Babak 5 (Norwegia → Polandia)[sunting | sunting sumber]

Salah satu Detour di Gdańsk mengharuskan tim untuk berpose seperti patung Neptunus di Long Market.

Waktu tayang: 27 Oktober 2013[10]

Detour: "Pose" atau "Polka". "Pose": tim harus memakai kostum dan berpose mirip patung air mancur Neptunus di Long Market untuk mengumpulkan sumbangan dari para pejalan yang lewat. Setelah mereka berhasil mendapatkan 75 (sekitar $25), mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya dari seorang ahli patung. "Polka": tim harus mengenakan kostum tradisional Polandia sebelum berlatih untuk menampilkan dansa polka. Setelah instruktur dansa mereka puas dengan penampilan mereka, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Setelah menyelesaikan Detour, tim harus tetap memakai kostum hingga akhir babak.

Roadblock: salah satu anggota tim harus mencari 12 alamat di Falowiec untuk mencicipi kudapan tradisional Polandia yang disebut pączki di setiap apartemen. Setelah mereka berhasil menemukan apartemen yang menyajikan pączki isi selai buah mawar, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. Tim akan mendapatkan penalti jika berlaku tidak sopan terhadap tuan rumah.

Tugas tambahan
  • Setelah menyelesaikan Detour, tim harus mencari Motława Riverfront untuk bertemu seorang mandor di Medieval Harbor Crane untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 6 (Polandia → Austria)[sunting | sunting sumber]

Peserta harus melintasi kebun labirin di Istana Schönbrunn, Wina untuk mendapatkan petunjuk.

Waktu tayang: 3 November 2013[11]

Detour: "Light Brigade" atau "Masquerade". "Light Brigade": tim mengenakan kostum pelayan istana dan menyusun sebuah lampu hias kristal. Jika mereka berhasil menyusunnya dengan tepat, seorang kepala pelayan istana akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. Namun apabila mereka gagal pada percobaan pertama, sang kepala pelayan akan menghancurkan lampu tersebut, sehingga peserta harus memulainya kembali dari awal. "Masquerade": tim harus memakai topeng berwarna dan masuk ke sebuah aula dansa. Di antara banyak pedansa, mereka harus mencari dua pedansa yang memakai topeng yang sama persis dengan topeng yang mereka pakai. Tim harus teliti dalam mencari karena hanya terdapat perbedaan kecil pada detail warna topeng-topeng tersebut. Setelah berhasil menemukan pedansa yang tepat, sang tuan rumah akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Fast Forward: tim harus berangkat menuju Donauturm, bangunan tertinggi di Wina, untuk melakukan bungee jumping setinggi 500-kaki (150 m). Namun, dikarenakan cuaca yang tidak mendukung, peserta diberitahu bahwa tugas tersebut tidak bisa dikerjakan hingga kondisi cuaca membaik, agar mereka bisa melakukan tugas tersebut dengan selamat.

Roadblock: salah satu anggota tim bergabung dengan Paduan Suara Remaja Wina dan belajar menyanyikan lagu "Die Forelle" karya Franz Schubert. Setelah pimpinan paduan suara puas dengan cara pelafalan Bahasa Jerman dan nada yang mereka nyanyikan, ia akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah tiba di Wina, tim pergi ke Opera Negeri Wina, tempat mereka akan bertemu seseorang yang berkostum Rigoletto yang akan memandu mereka ke ruang kostum opera untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
  • Di Istana Schönbrunn, tim harus mencari kebun labirin untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Babak 7 (Austria → Uni Emirat Arab)[sunting | sunting sumber]

Setelah tiba di Abu Dhabi, tim mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed, salah satu masjid terbesar di dunia.

Waktu tayang: 10 November 2013[12]

Detour: "Sort it Out" atau "Sew it Up". "Sort it Out" (Menyusun): tim harus mencari beberapa jenis kurma untuk menyusun sebuah nampan display kurma. Setelah berhasil menyusun dengan benar, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. "Sew it Up" (Merakit): tim harus merakit sebuah jaring nelayan tradisonal. Setelah seorang kapten kapal puas dengan pekerjaan mereka, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Roadblock: salah satu anggota tim terjun dari puncak Hotel Yas Viceroy Abu Dhabi setinggi 200-kaki (61 m). Kemudian mereka harus menaiki sebuah mobil balap Le Mans Prototype dan mengelilingi Sirkuit Yas Marina sebanyak satu putaran. Selama menaiki mobil, peserta harus mencari papan tanda di tepi jalur balapan yang bertuliskan nama-nama para pembalap beserta catatan waktu mereka pada pembukaan Grand Prix Abu Dhabi tahun 2009, dengan catatan waktu tercepat 1:40.279 dipegang oleh Sebastian Vettel. Setelah mereka berhasil menjawab nama pembalap dan catatan waktu dengan benar kepada salah seorang kru balapan, ia akan meberikan mereka petunjuk selanjutnya. Jika salah, mereka harus kembali berkendara untuk satu putaran berikutnya sampai mendapatkan jawaban yang benar.

Catatan tambahan

Babak 8 (Uni Emirat Arab)[sunting | sunting sumber]

Jebel Hafeet adalah lokasi Pit Stop di babak perlombaan ini.

Waktu tayang: 17 November 2013[13]

Detour: "Wedding Guests" atau "Beauty Contest". "Wedding Guests": tim harus menyiapkan machbūs, sebuah makanan tradisional lokal untuk para tamu pernikahan. Setelah mengumpulkan dan memutong semua bahan-bahan yang diperlukan, mereka harus menaruhnya di sebuah panci besar dan mengantarkan makanan yang sudah jadi ke sebuah pesta pernikahan yang akan memberikan mereka petunjuk. "Beauty Contest": tim harus mencari seekor unta dengan spesifikasi bagian tubuh sesuai dengan kriteria tertentu, kemudian mendandaninya untuk sebuah acara peragaan unta. Apabila para juri puas dengan pemilihan unta mereka,maka para juri akan menghadiahkan mereka petunjuk selanjutnya.

Speed Bump: Nicky dan Kim harus berenang menyebrangi sebuah kolam ombak buatan, dengan ombak setinggi 6 kaki yang akan menghantam mereka setiap 90 detik. Setelah berhasil memanjat keluar , mereka dipersilakan untuk melanjutkan perlombaan.

Roadblock: salah satu anggota tim harus menaiki perahu karet di area arung jeram buatan terbesar di dunia sambil mengumpulkan tiga bendera yang masing-masing berwarna merah, hijau, dan hitam untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Tim harus menggunakan koin Viking yang mereka dapat di Babak 4 untuk menemukan kode guna membuka sebuah mobil Ford Explorer yang akan mereka gunakan sepanjang perlombaan babak ini.
  • Di Gurun Al Khatim, tim harus mengendarai sebuah dune buggy dan mengikuti rute yang sudah ditandai hingga menemukan kotak yang berisikan petunjuk mereka selanjutnya.
  • Di kebun pohon kurma Museum Nasional Al Ain, tim harus mencari petunjuk selanjutnya yang terletak di puncak salah satu pohon kurma. Tim kemudian harus meminta tolong kepada para pemanjat pohon lokal untuk mengambil petunjuk mereka tersebut.

Babak 9 (Uni Emirat Arab → Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Roadblock di Bandung meminta para tim untuk menyusun angklung, instrumen musik tradisional Indonesia.

Waktu tayang: 24 November 2013[14]

Detour: "For the Elephants" atau "For the Birds". "For the Elephants": tim mengunjungi Pasar Simpang Dago untuk mengambil delapan buah semangka, dua sisir pisang, satu lusin ubi, dan lima batang tebu sebelum bertolak ke Kebun Binatang Bandung. Setelah tiba, mereka harus mengantarkan makanan tersebut, menggunakan troli yang telah disediakan, kepada seekor gajah. Kemudian mereka harus memberinya makan agar mendapat petunjuk selanjutnya. "For The Birds": tim memilih sepasang burung Lovebird dari Kios Pak Dedi di Pasar Sukahaji kemudian membawanya ke sebuah kompetisi nyanyian burung di Sumber Sari Arena. Setelah memasukkan burung tersebut ke dalam kompetisi, tim harus membuat burung tersebut bernyanyi dan mendapat penilaian dari seorang juri yang akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Roadblock: salah satu anggota tim harus menyusun dengan benar angklung, sebuah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Setelah menyusun dengan benar dan mampu memainkan satu oktaf lengkap, salah saeorang siswa akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Cileunyi, tim harus membawa dua domba Priangan dari sebuah truk telah ditentukan menuju sebuah lapangan untuk ikut serta dalam sebuah adu domba tradisional khas Sunda. Setelah kedua kepala domba saling berbenturan, tim harus membawa domba kembali ke truk sebelum mendapat petunjuk selanjutnya.

Babak 10 (Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Roadblock babak ini mengharuskan tim memasak telur rebus dalam air panas dari kawah gunung Tangkuban Perahu.

Waktu tayang: 1 Desember 2013[15]

Roadblock: salah satu anggota tim mengambil 60 butir telur dari sebuah warung dan menumpang ojek selama 8 menit menuju Kawah Ratu di Tangkuban Perahu untuk merebus telur di salah satu mata air panas. Setelah kembali ke warung dengan membawa telur yang matang, seorang petugas akan membelah telur-telur tersebut untuk memastikan bahwa telur telah direbus dengan sempurna. Jika berhasil membawa selusin telur rebus yang matang sempurna, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Detour: “Paint Your Partner“ atau “Turn Over a New Leaf“. “Paint Your Partner“: tim berangkat menuju Gracia Spa Graha Ciater, tempat mereka harus saling merias wajah satu sama lain dengan riasan pengantin khas Jawa tanpa menggunakan cermin. Setelah seorang ahli kecantikan puas dengan hasil pekerjaan mereka, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya. “Turn Over a New Leaf”: tim pergi menuju sebuah kebun teh di Ciater dan mengenakan pakaian tradisional para pemetik teh. Setelah berhasil menemukan sebuah gunting kebun yang tersembunyi di luasnya areal perkebunan, mereka dapat menukarkannya kepada salah seorang pekerja dengan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Di Istana Raja Cobra Bandung, setiap peserta harus memakan seporsi daging king cobra panggang berukuran 20-sentimeter (7.9 in) untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.
Tugas yang tidak disiarkan
  • Di sebuah penanda jalan yang tidak ditayangkan, mereka harus pergi ke Kawah Ratu Tangkuban Perahu untuk mendaptkan petunjuk Roadblock.

Babak 11 (Indonesia → Jepang)[sunting | sunting sumber]

Saat tiba di Tokyo, tim mengunjungi Kuil Gotokuji, yang terkenal karena koleksi patung maneki-neko yang banyak.

Waktu tayang: 8 Desember 2013[2]

Detour: "Knock It Down" atau "Call It Up". "Knock It Down": tim harus mengambil empat pin bowling di luar ruangan studio Tokyo Media City dan ikut serta dalam acara permainan Human Bowling, dengan meluncur menggunakan ban untuk menjatuhkan semua pin. Setelah berhasil mendapatkan strike, sang pembawa acara akan memberikan mereka petunjuk selanjutnya. "Call It Up": tim menyelesaikan tugas di dalam sebuah instalasi karya seni dengan menggunakan kios telepon bekas yang diisi air dan ikan mas. Salah satu peserta harus mengenakan pakaian renang dan penutup kepala berbentuk ikan mas kemudian masuk ke dalam kotak, menekan nomor telepon yang telah ditentukan, lalu mendengarkan pesan yang disampaikan: "Welcome to Tokyo. Wasabi taberu." Mereka kemudian harus memberi tahu pesan tersebut kepada rekan mereka yang harus berlari menuju seorang juri untuk menyampaikan ulang pesan tersebut. Jika benar, mereka akan mendapatkan pesan selanjutnya.

Speed Bump: Leo dan Jamal harus bergabung dengan sebuah tim penjaga kebun binatang untuk menangkap seekor badak yang kabur. Setelah "badak" tersebut berhasil ditangkap, mereka diperbolehkan melanjutkan perlombaan.

Roadblock: Salah satu peserta dari tiap tim harus merakit sebuah "robot" menggunakan seperangkat pipa kardus, dengan hanya menggunakan sebuah model miniatur sebagai acuan. Setelah sang insinyur puas dengan hasil rakitan mereka, mereka akan mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah menyelesaikan Roadblock, tim harus berangkat menuju Persimpangan Shibuya untuk mencari sebuah "mesin jual otomatis" berjalan yang membawa petunjuk selanjutnya.

Babak 12 (Jepang → Amerika Serikat)[sunting | sunting sumber]

Di Juneau, tim melintasi Gletser Mendenhall (disebut "Gletser Norris " dalam acara) untuk mencari petunjuk selanjutnya.

Waktu tayang: 8 Desember 2013[2]

Roadblock: salah satu anggota tim menaiki sebuah pesawat terbang semak yang terbang dengan kecepatan 60 miles per hour (97 km/j) di ketinggian 150 kaki (46 m) di atas tanah untuk berlatih menjatuhkan paket suplai, dengan menjatuhkan sebuah karung tepung tepat di atas sebuah sasaran yang telah ditentukan. Setelah berhasil mengenai sasaran, mereka akan mendapat petunjuk selanjutnya.

Tugas tambahan
  • Setelah Roadblock, tim menaiki sebuah helicopter menuju Gletser Norris, tempat mereka memilih seorang pemandu yang akan membantu mereka mencapai bagian dasar gletser, melintasi sebuah crevasse dan menembus sebuah gua es. Mereka kemudian harus mencari petunjuk selanjutnya yang tertanam di bekuan gletser bersama bebera petunjuk palsu lainnya, menggunakan sebuah beliung untuk menggali.
  • Setelah menemukan petunjuk di gletser, tim harus mendayung sebuah kayak untuk pergi menuju sebuah pulau yang telah ditentukan di Hoonah untuk mendapat petunjuk selanjutnya.
  • Setelah mengambil petunjuk di pulau di Hoonah, tim menaiki kembali helicopter untuk kembali menuju Douglas.
  • Di Blueberry Hills Trailhead, tim harus menyusun dinding tiang totem yang bertuliskan nama-nama mata uang dari negara yang telah mereka kunjungi dengan urutan yang tepat – Peso Chili, Euro (Portugal), Krone Norwegia, Złoty Polandia, Euro (Austria), Dirham Uni Emirat Arab, Rupiah Indonesia, Yen Jepang, dan Dolar Amerika Serikat – untuk menerima petunjuk terakhir menuju garis final.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fall TV: CBS Launch Dates Include How I Met Your Mother's Hour-Long Final Premiere". TV Line. 17 Juni 2013. Diakses 28 Agustus 2013. 
  2. ^ a b c "Amazing Race 23 Episode Guide 2013 Season 23 - Amazing "Crazy" Race, Episode 11". TV Guide. 15 November 2013. 
  3. ^ a b Nordyke, Kimberly (27 September 2013). "'Amazing Race' Season 23: First Look at New Opening Credits (Exclusive Video)". Hollywood Reporter. Diakses 27 September 2013. 
  4. ^ Ross, Dalton (28 Agustus 2013). "'Amazing Race': Meet the New Teams! Baseball wives; married ER doctors; Queens of Bingo; eight more new pairs". Entertainment Weekly. Diakses 28 Agustus 2013. 
  5. ^ "CBS Schedule". CBS. Diakses 16 September 2013. 
  6. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - We're Not in Oklahoma No More, Episode 1". TV Guide. Diakses 16 September 2013. 
  7. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - Zip It, Bingo". TV Guide. Diakses 21 September 2013. 
  8. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - King Arthur Style". TV Guide. Diakses 28 September 2013. 
  9. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - Beards in the Wind". TV Guide. Diakses 4 Oktober 2013. 
  10. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - Get Our Groove On, Episode 5". TV Guide. Diakses October 11, 2013. 
  11. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - Choir Boy at Heart, Episode 6". TV Guide. Diakses October 11, 2013. 
  12. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - Speed Dating is the Worst, Episode 7". TV Guide. Diakses 25 Oktober 2013. 
  13. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - One Hot Camel, Episode 8". TV Guide. Diakses 2 November 2013. 
  14. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - Part Like the Red Sea, Episode 9". TV Guide. Diakses 2 November 2013. 
  15. ^ "Amazing Race 23 Episodes Guide 2013 Season 23 - Cobra in My Teeth, Episode 10". TV Guide. Diakses 15 November 2013.