Rigoletto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Rigoletto ialah opera 3 babak yang digubah oleh Giuseppe Verdi. Libretto Italianya ditulis oleh Francesco Maria Piave berdasarkan drama pementasan Le roi s'amuse oleh Victor Hugo. Pertunjukan pertama opera ini diselenggarakan di Gran Teatro La Fenice, Venesia pada tanggal 11 Maret 1851. Menurut anggapan Persatuan Opera Amerika, Rigoletto adalah opera ke-9 yang paling sering dimainkan di Amerika Utara[1].

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Verdi telah diminta oleh Teatro La Fenice di Venesia untuk membuat suatu opera baru untuk dimainkan di situ. Pada saat itu, Verdi telah terkenal dan sebagai dramawan tersohor, ia diberi kebebasan untuk memilih kesenian yang digemarinya.

Ia menyuruh Piave (yang telah membantunya untuk opera–opera sebelum ini seperti Ernani, I due Foscari, Macbeth, Il Corsaro dan Stiffelio) untuk menguji lakon pementasan Kean oleh Alexandre Dumas. Verdi kemudian berubah pikiran dan bersiap untuk mencari suatu cerita yang lebih bertenaga untuk opera barunya.

Tidak lama kemudian, Verdi menemukan karya Victor Hugo yang bertajuk Le roi s'amuse. Menurutnya, hasil kerja ini "mengandung kekuatan posisi yang amat padu. Tema cerita ini amat menarik, menggambarkan sesuatu yang besar dan mempunyai gaya. Ini adalah ciptaan terpenting untuk semua jenis bangsa dan lapisan umur".

Pada hakikatnya, pemilihan opera tersebut merupakan isu kontroversi yang mana penulis karya ini, Victor Hugo, telah menghadapi masalah dengan lembaga sensor di Perancis. Dramanya telah dilarang setelah pertunjukan pertama yang diselenggarakan hampir 20 tahun yang lalu (dan bersambung untuk 30 tahun lagi). Italia yang ketika itu berada di bawah Austria, negara yang mempunyai undang-undang sensor drama yang ketat, menambahkan kesulitan untuk Verdi.

Sejak semula Verdi dan Paive sudah tahu risiko pementasan opera ini. Sepucuk surat tulisan Verdi kepada Piave berbunyi "Pergilah ke kota dan carikan seseorang yang berpengaruh untuk memberi izin agar opera Le Roi s'amuse bisa dibuat". Surat-menyurat antara Verdi dan Piave menunjukkan usaha mereka untuk menjayakan opera ini; namun mereka memandang rendah kekuasaan dan keinginan Austria. Walaupun telah mendapat janji dari sekretaris La Fenice, Guglielmo Brenna bahwa mereka tidak akan menghadapi masalah, namun anggapan mereka salah.

Pada awal musim panas pada tahun 1850, desas-desus kian santer terdengar bahwa Lembaga Sensor Austria akan melarang pertunjukan ini. Opera itu dianggap sebagai penghinaan kepada keluarga kerajaan yang penuh adegan skandal; dan tidak akan mendapat izin untuk dipersembahkan di Venesia.

Pada bulan Agustus pada tahun yang sama, Verdi dan Piave secara diam-diam pergi ke Busé, kampung halaman Verdi untuk meneruskan penggubahan dan mempersiapkan surat pembelaan. Surat itu kemudian diantar ke Teatro La Fenice untuk meyakinkan bahwa isu-isu sensor itu tak berdasar dan mengingat waktu sudah semakin sempit, tidak banyak lagi yang dapat dilakukan. Secara rahasia, kerja ini disebut sebagai Malediction (atau Sumpahan). Nama tidak resmi ini juga digunakan oleh pegawai sensor Austria, De Gorzkowski yang mengetahui dari mata-matanya.

Piave mencoba mengubah sedikit isi kandungan libretto opera tersebut dan memasukkan beberapa karya seni dari opera lain yang berjudul Il Duca di Vendome. Verdi tidak setuju dengan perubahan tersebut dan tetap ingin berunding dengan lembaga sensor Austria. Setelah perundingan demi perundingan, akhirnya semua pihak setuju dengan isi kandungan opera tersebut dengan syarat, latar cerita yang asalnya terjadi di istana Perancis diganti ke rumah bangsawan Perancis atau Italia. (Artinya, cerita ini tidak menghina atau menceritakan skandal kerajaan tetapi mengenai orang bangsawan).

Babak ketika raja tersebut beristirahat di kamar tidur Gilda dihapuskan dan bagian Adipati mengunjungi Gilda dilebih-lebihkan agar lebih menarik. Nama pelawak Triboulet, diganti menjadi Rigoletto (bahasa Perancis untuk "lucu") dan nama opera juga diganti menjadi "Rigoletto". Untuk persembahan pembukaan, Felice Varesi memerankan tokoh Rigoletto, penyanyi tenor muda Raffaele Mirate memerankan tokoh Adipati dan Teresina Brambilla sebagai Gilda. Verdi sebenarnya lebih menyukai Teresa De Giuli Bors, seorang soprano yang amat terkenal dari keluarga penyanyi dan pemusik.

Pertunjukan perdana mendapat sambutan meriah, dan keesokan harinya aria nyanyian Adipati, La donna è mobile, dinyanyikan oleh banyak orang di jalanan. Untuk mengurangi risiko akibat menjiplak, Verdi memaksa penyanyi dan pemusiknya bersumpah untuk tidak memberitahu apa-apa kepada orang luar sebelum malam persembahan. Pemeran tokoh Adipati, Mirate dipaksa bersumpah agar ia tidak akan menyanyikan dan menyiulkan melodi lagu itu. Ia hanya sempat berlatih menyanyikan La donna è mobile beberapa malam sebelum pertunjukan itu. Puteri Felice Varesi (pemeran Rigoletto) berkata, ayahnya betul-betul merasa tak nyaman memakai ponok palsu (salah satu bagian dari pakaian badut) dan menjadi panik ketika tiba bagian saat ia beraksi di atas pentas. Verdi menyadari Varesi kaku di tepi panggung dan menolaknya ke pentas. Ini menyebabkannya hampir terjatuh ketika muncul di atas pentas. Penonton tertawa dan terhibur kerana menyangka bahwa itu adalah bagian dari aksi dramanya.

Giuseppe Verdi, oleh Giovanni Boldini, 1886 (Galeri Nasional Seni Modern, Roma)

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Peran Jenis suara Casting pembukaan
11 Maret 1851 [2]
(komponis: - )
Rigoletto, badut Adipati dari Mantova bariton Felice Varesi
Gilda, anak perempuan Rigoletto soprano Teresa Brambilla
Duke dari Mantua tenor Raffaelle Mirate
Sparafucile, pembunuh bayaran bass Paolo Damini
Maddalena, kakak Sparafucile kontralto Annetta Casaloni
Giovanna, perawat Gilda mezzo-soprano Laura Saini
Contea Ceprano bass Andrea Bellini
Contessa Ceprano, isteri Count Ceprano mezzo-soprano Luigia Morselli
Matteo Borsa, bangsawan tenor Angelo Zuliani
Contea Monterone bariton Feliciano Ponz
Marullo bariton Francesco De Kunnerth
Pembantu contea bass Giovanni Rizzi
Pembuat pengumuman mezzo-soprano

Alur[sunting | sunting sumber]

Latar: Mantova dan sekitarnya.
Zaman: abad ke-16.

Aria-aria terkenal[sunting | sunting sumber]

  • "Questa o quella" - Adipati Mantova, dalam babak I, Adegan I
  • "Pari siamo!" (Kita sama) - Rigoletto, dalam babak I, Adegan II
  • "Figlia! Mio padre!" (Anakku! Ayahku!) - Rigoletto & Gilda, dalam babak I, Adegan II
  • "Gualtier Maldè! ... Caro nome" (Wahai nama) - Gilda, dalam babak I, Adegan II
  • "Ella mi fu rapita!" (Ia dicuri dariku!) - Adipati Mantova, dalam babak II, Adegan I
  • "Parmi veder le lagrime" - Adipati Mantova, dalam babak II, Adegan I
  • "Possente amor mi chiama" - Adipati Mantova, dalam babak II, Adegan I
  • "Cortigiani, vil razza dannata" - Rigoletto dalam babak II, Adegan I
  • "Tutte le feste al tempio" - Gilda, dalam babak II, Adegan I
  • "La donna e mobile" (Wanita tidak berpendirian tetap) - Adipati Mantova, dalam babak III, Adegan 1
  • "Un dì, se ben rammentomi ... Bella figlia dell'amore" (Cinta seorang anak yang jelita) - Duca, Rigoletto, Gilda & Maddalena, dalam babak III, Adegan I
  • "V'ho ingannato" - Rigoletto & Gilda, dalam babak III, Adegan I

Diskografi terpilih[sunting | sunting sumber]

Catatan:"Kat:" ialah singkatan untuk nomor katalog perusahaan rekaman; sedangkan ASIN ialah nomor rujukan amazon.com

Media[sunting | sunting sumber]

Tahun Penyanyi-pemeran
(Adipati Mantova, Rigoletto, Gilda)
Komponis,
rumah opera dan orkestra
Label
1955 Giuseppe di Stefano,
Tito Gobbi,
Maria Callas,
Nicola Zaccaria,
Adriana Lazzarini
Tullio Serafin,
orkestra dan koor Teatro alla Scala
audio CD (mono): EMI
Kat: 747469
1971 Luciano Pavarotti,
Sherrill Milnes,
Joan Sutherland,
Martti Talvela,
Huguette Tourangeau
Richard Bonynge,
London Symphony Orchestra
Ambrosian Opera Chorus
audio CD : London
Kat: 414-269-2
1977 Plácido Domingo,
Cornell MacNeil,
Ileana Cotrubas,
Justino Díaz,
Isola Jones
James Levine,
Metropolitan Opera orchestra and chorus
DVD: Deutsche Grammophon
Kat: 00440 073 0930
1982 Luciano Pavarotti,
Ingvar Wixell,
Edita Gruberova,
Ferruccio Furlanetto
Victoria Vergara
Riccardo Chailly,
Wiener Philharmoniker
Konzertvereinigung Wiener Staatsopernchor
DVD: Deutsche Grammophon
Kat: 00440 073 4166
DVD: Decca Records
Kat: 071401
Gnome-mime-audio-openclipart.svg
La donna è mobile
Enrico Caruso menyanyikan La donna è mobile (1908)

Kesulitan mendengarkan berkas ini? Lihat bantuan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Top 20 dari OPERA Amerika
  2. ^ Daftar penyanyi-pemeran dari Budden, Julian: The Operas of Verdi (Cassell), jilid 1, hal. 476.

Buku rujukan[sunting | sunting sumber]

  • The Opera Goer's Complete Guide oleh Leo Melitz, versi 1921

Pranala luar[sunting | sunting sumber]