Kontralto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tipe suara
Suara wanita
Sopran
Mezzo-sopran
Kontralto

Suara pria

Countertenor
Tenor
Bariton
Bass

Kontralto adalah tipe suara terendah untuk seorang wanita,[1] dengan tessitura terendah,[2] berada di antara tenor dan mezzo-sopran. Biasanya tipe ini berenggang dari F di bawah C tengah (F3 di scientific pitch notation) sampai G di atas C tengah (G5), walaupun dalam beberapa suara istimewa bisa dari E di bawah C tengah (E3) atau B kedua di atas C tengah (B5).[1]

Kontralto koloratur[sunting | sunting sumber]

Kontralto koloratur memiliki suara yang lincah, cerah dan dapat menahan nada yang cukup tinggi. Jarang penyanyi yang memiliki jenis suara ini.

Kontralto lirik[sunting | sunting sumber]

Kontralto lirik memiliki suara yang lebih ringan dari kontralto dramatik, tapi tidak mampu menjangkau lompatan seperti kontralto koloratur. Jangkauan nada kontralto lirik ada di antara(G3) sampai (G5).

Kontralto dramatik[sunting | sunting sumber]

Kontralto dramatik memiliki suara yang lebih dalam, lebih gelap serta lebih berat. Biasanya memiliki nada yang lebih kuat dibanding yang lain. Seperti kontralto koloratur, jarang penyanyi memiliki jenis suara ini. Jangkauan nada kontralto dramatik ada di antara (G3) sampai (A4).[3]

Pemeran kontralto di opera[sunting | sunting sumber]


* mengindikasikan peran yang bisa dibawakan juga oleh mezzo-sopran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b McKinney, James (1994). The Diagnosis and Correction of Vocal Faults. Genovex Music Group. ISBN 978-1565939400. 
  2. ^ Appelman, D. Ralph (1986). The Science of Vocal Pedagogy: Theory and Application. Indiana University Press. ISBN 978-0253203786. 
  3. ^ The New York Times guide to essential knowledge[kutipan diperlukan]