Dubai Gold Souk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dubai Gold Souk memiliki jalan sempit yang dipenuhi ratusan toko perhiasan.
Pameran toko di Gold Souk.

Dubai Gold Souk (Arab: دبي سوق الذهب) atau Gold Souk, merupakan sebuah pasar tradisional (atau souk) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Souk ini terletak di jantung distrik bisnis komersial timur Dubai di Deira. Souk ini terdiri dari 300 toko yang menjual kebanyakan perhiasan. Toko di souk ini meliputi Damas, ARY Jewellery dan Joy Allukas Jewellery juga toko kecil yang beroperasi di souk emas ini. Dubai Gold Souk terletak di wilayah pemukiman Al Dhagaya. Menurut satu perhitungan, sekitar 10 ton emas dipamerkan di souk ini[1] Berbatasan di utara dengan Dubai Fish and Vegetable Market dan Deira Corniche.

Perdagangan di souk emas ini tumbuh selama 1940-an setelah kebijakan perdagangan bebas Dubai yang menarik pengusaha dari India dan Iran untuk mendirikan toko di souk. Meski terdapat masalah dalam pasaran emas dunia, nilai tukar dagang Dubai terhadap emas dan berlian pada total perdagangan langsung non-minyak meningkat dari 18% tahun 2003, menjadi 24% pada tahun 2004. Tahun 2003, nilai dagang emas di Dubai mencapai Dh. 21 miliar (US$  5.8 miliar, sementara perdagangan berlian mencapai Dh. 25 miliar (US$) 7 miliar tahun 2005, India adalah pembeli emas terbesar Dubai, sebanyak 23% (2005) dari total perdangangan emas emirat pada tahun 2005. Swiss menjadi penyedia ingot emas, limbah emas dan emas bekas terbesar Dubai. India mencapai persentase 68% dari seluruh perdagangan berlian di Dubai; Belgia dalam perdagangan berlian Dubai mencapai 13% (2005).[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dubai - City of Gold. Al Shindagha
  2. ^ Dubai’s trade in gold and diamonds continues to grow Diarsipkan 2012-02-10 di Wayback Machine.. Dubai Chamber of Commerce and Industry.