OneDrive

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SkyDrive)
Langsung ke: navigasi, cari
OneDrive
OneDrive.png
SkyDrive screenshot.png
Microsoft OneDrive dibuka melalui peramban web
Perancang Microsoft
Rilis perdana 1 Agustus 2007; 7 tahun yang lalu (2007-08-01)
Rilis stabil Wave 5 (16.4.8019.827)[1] (14 Agustus 2012; 23 bulan yang lalu (2012-08-14)[2])
Serambi Peramban web
Ketersediaan bahasa 94 bahasa
Jenis Layanan hos berkas
Lisensi Freemium
Situs web resmi onedrive.com

OneDrive (nama resmi Microsoft OneDrive, sebelumnya SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders) adalah layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya.

Setelah gugatan dari televisi penyiar Inggris BSkyB atas penggunaan kata "Sky", Microsoft setuju pada Juli 2013 untuk mengubah nama layanan SkyDrive dalam "jangka waktu yang wajar".[3] Microsoft mengumumkan pada 27 Januari 2014 bahwa SkyDrive akan diganti namanya menjadi OneDrive.[4][5][6]

Microsoft menghadirkan OneDrive yang dirilis hampir bersamaan saat Google memperkenalkan GDrive. Meniru fitur seperti Dropbox, yaitu Desktop Sync Clients, OneDrive juga menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen (Word, Excel, PowerPoint dan OneNote).

Microsoft OneDrive tidak hanya dikembangkan di dalam platform Windows dan Windows Mobile saja tetapi juga mendukung platform OS X dan iOS. Kabar terbaru untuk pengembangan OneDrive, Microsoft sudah mengintegrasikan OneDrive ke dalam OS terbaru Windows yaitu Windows 8 dan Windows 8.1.[7]

  • Platform yang didukung: Windows, Mac, Windows Mobile, iOS, Web.
  • Kapasitas data gratis: 7 GB.
  • Harga untuk tambahan kapasitas data: +20 GB ($10 / tahun), +50 GB ($25 / tahun) dan +100 GB ($50 / tahun).
  • Fitur utama: aplikasi editor via web untuk file yang berupa dokumen (Word, Excel, PowerPoint dan OneNote).

Perubahan nama SkyDrive menjadi OneDrive[sunting | sunting sumber]

Bagi pengguna layanan penyimpanan data online dari Microsoft, kini saatnya Anda mengucapkan selamat tinggal kepada SkyDrive, dan mengatakan selamat datang pada OneDrive.

Microsoft terpaksa mengubah nama layanan komputasi awan (cloud computing) SkyDrive menjadi OneDrive karena mereka terjerat sengketa merek dagang dengan perusahaan penyiaran British Sky Broadcasting Group (BSkyB).

Kasus ini berlangsung sejak 2013, ketika Microsoft diminta mengganti nama SkyDrive. Akhirnya pada Agustus 2013, pengadilan di Inggris menyatakan bahwa Microsoft melanggar hak merek dagang yang dimiliki BSkyB.

BSkyB memberi waktu kepada Microsoft untuk beralih merek dagang ke nama lain yang tidak menggunakan kata "Sky".

General Manager Consumer Apps & Services Microsoft Ryan Gavin mengaku tidak mudah untuk mengubah nama SkyDrive. Kendati demikian, Gavin meyakinkan bahwa "layanan penyimpanan data di awan itu akan terus beroperasi seperti biasa, dan semua konten akan tetap tersedia di OneDrive dan OneDrive untuk bisnis."

"Kami sangat antusias dengan apa yang akan terjadi pada masa mendatang, dan tidak sabar untuk berbagi lagi," katanya dalam blog resmi OneDrive, Senin, 27 Januari 2014.

Microsoft memosisikan OneDrive sebagai layanan untuk menyimpan dokumen, foto, video, dan konten lain. Perusahaan telah membuat halaman situs khusus onedrive.com.[6]

[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The SkyDrive.com version number can be obtained by visiting http://skydrive.live.com, select "View source" using a supported web browser, and searching for this version number.
  2. ^ Jones, Chris (August 14, 2012). "A new modern SkyDrive.com, updated apps, and Outlook.com at 10 million users". Inside SkyDrive. Microsoft. Diakses August 20, 2012. 
  3. ^ Warren, Tom (2013-07-31). "Microsoft forced to rename SkyDrive following trademark case with broadcaster". The Verge. Diakses 2013-07-31. 
  4. ^ Foley, Mary Jo (2014-01-27). "Microsoft rechristens 'SkyDrive' as 'OneDrive'". Diakses 2014-01-27. 
  5. ^ Gavin, Ryan (2014-01-27). "OneDrive for Everything in Your Life". Microsoft OneDrive Blog. Diakses 2014-01-27. 
  6. ^ a b "Microsoft Terpaksa Ubah Nama "SkyDrive"". Kompas.com. 28 Januari 2014. Diakses 11 Februari 2014. 
  7. ^ OneDrive