Microsoft OneNote

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
onenote.com
Berkas:Onenote.com
Catatan dibuat dan diatur di onenote.com
URLonenote.com
TipePerangkat lunak pencatat
Bersifat komersial?Tidak
PendaftaranDiperlukan
Lisensiperangkat lunak gratis
PemilikMicrosoft
Web DeveloperMicrosoft Corporation
Berdiri sejak2003
Peringkat AlexaKenaikan 6,181 (Desember 2019)
Twitter: msonenote
Microsoft OneNote
Berkas:Microsoft OneNote
Catatan yang dibuat dan diorganisasi dalam OneNote aplikasi UWP, berjalan pada Windows 10
Tipeaplikasi note-taking
Versi pertama16 Juli 2012; 11 tahun lalu (2012-07-16)
Versi stabil
GenrePerangkat lunak pencatat
LisensiFreeware[1][2][3][4]
Model bisnisfreemium
Bagian dariMicrosoft Office
Karakteristik teknis
Sistem operasiWindows NT, macOS, Android, iOS, Windows Phone dan Microsoft Windows
Format kode
Format berkas
Informasi pengembang
PengembangMicrosoft
PenerbitBursa Microsoft, Google Play dan App Store
Penilaian
PEGI
enllaç=d:Q14915512
Informasi tambahan
Situs webproducts.office.com… (banyak bahasa)
SubredditOneNote
Twitter: msonenote
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Microsoft OneNote
Berkas:Microsoft OneNote 2016.png
Catatan yang dibuat dan diorganisasi dalam pembaruan 2019 OneNote di desktop, berjalan di Windows 10
Tipeaplikasi note-taking
Versi pertama19 November 2003; 20 tahun lalu (2003-11-19)
Versi stabil
GenrePerangkat lunak pencatat
Lisensiperangkat lunak gratis
Model bisnisfreemium
Bagian dariMicrosoft Office
Karakteristik teknis
Sistem operasiWindows NT, macOS, Android, iOS, Windows Phone dan Microsoft Windows
Format kode
Format berkas
Informasi pengembang
PengembangMicrosoft
PenerbitBursa Microsoft, Google Play dan App Store
Penilaian
PEGI
enllaç=d:Q14915512
Informasi tambahan
Situs webproducts.office.com… (banyak bahasa)
SubredditOneNote
Twitter: msonenote
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Microsoft OneNote adalah program untuk membuat catatan dengan fitur kolaborasi multi-pengguna yang dikembangkan oleh Microsoft. Program ini digunakan untuk mengolah catatan pengguna, gambar, kliping layar dan komentar audio. Catatan dapat dibagikan dengan pengguna OneNote lainnya melalui Internet atau jaringan.

Sebelumnya, OneNote tersedia sebagai bagian dari suite Microsoft Office. Namun, kemudian Microsoft juga merilis versi aplikasi Windows 10 Universal Windows Platform (UWP-App) dengan beberapa fitur yang dikurangi dan dioptimalkan untuk layar sentuh. Microsoft juga merilis versi OneNote sebagai aplikasi mandiri dan gratis untuk macOS, Windows RT, Windows Phone, iOS dan Android. Microsoft juga menyediakan versi OneNote berbasis web sebagai bagian dari OneDrive dan Office untuk web; versi ini memungkinkan pengguna untuk mengedit catatan di peramban web.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Di OneNote, pengguna bisa membuat catatan yang bisa menyertakan teks, tabel, gambar, dan gambar. Tidak seperti pengolah kata, OneNote memiliki jendela dokumen yang hampir tanpa batas, di mana pengguna dapat mengklik di mana saja di kanvas untuk membuat kotak teks baru di lokasi itu. OneNote menyimpan data secara otomatis saat pengguna mengedit file mereka.

OneNote menyimpan informasi dalam halaman yang disusun menjadi beberapa bagian di dalam notebook. Microsoft mendesain antarmuka pengguna ini menyerupai pengikat cincin tab, di mana pengguna dapat langsung membuat catatan dan mengumpulkan bahan dari aplikasi lain. Notebook OneNote mengumpulkan, mengatur, dan berbagi bahan yang mungkin tidak dipublikasikan - dibandingkan dengan pengolah kata dan wiki, yang biasanya menargetkan penerbitan dengan cara tertentu. Perbedaannya menunjukkan fitur dan karakteristik OneNote tertentu:

  • Halaman bisa berukuran besar secara sewenang-wenang
  • Gambar bitmap dapat dimasukkan
  • Tidak ada tata letak atau struktur halaman seragam yang dipaksakan

Pengguna dapat memindahkan halaman di dalam binder dan membubuhi keterangan dengan stylus atau alat pengolah kata atau menggambar. Pengguna dapat menambahkan rekaman multimedia tertanam dan hyperlink.

Sementara OneNote berjalan di komputer pribadi, program ini juga mendukung komputer tablet yang mendukung sentuhan dan perangkat seluler lainnya tanpa perlu keyboard.

OneNote mengintegrasikan fitur pencarian dan pengindeksan ke dalam grafik bentuk bebas dan repositori audio. Ia dapat mencari gambar (misalnya, Tangkapan layar, pemindaian dokumen tertanam, foto) untuk konten teks yang disematkan. Ia juga mencari anotasi "tinta elektronik" sebagai teks, dan secara fonetis mencari rekaman audio pada tombol teks. Itu dapat memutar ulang audio bersamaan dengan catatan yang diambil selama perekaman.

Kemampuan multi-pengguna memungkinkan pengeditan tingkat paragraf offline dengan sinkronisasi dan penggabungan nantinya. Ini memungkinkan kolaborasi antar banyak individu dalam buku catatan saat mereka sedang offline. Lebih dari satu orang dapat bekerja di halaman yang sama pada saat yang sama menggunakan OneNote sebagai lingkungan papan tulis bersama.

Pada 17 Maret 2014, Microsoft merilis API layanan cloud OneNote yang memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk mengintegrasikan layanan ke dalam aplikasi mereka. API berjalan di cloud Microsoft yang tersedia secara global, dan mengirimkan data dari aplikasi ke OneDrive pengguna. OneNote dapat melakukan pengenalan karakter optis pada gambar teks dan dapat merender halaman web sebagai gambar snapshot.

Microsoft juga mengumumkan sejumlah fitur baru di OneNote yang menggunakan API layanan:

  • OneNote Clipper: Bookmarklet browser yang menggunakan API layanan OneNote dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan tangkapan layar halaman web ke OneNote bersama dengan tautannya. Teks dalam tangkapan layar dibuat dapat dicari menggunakan Optical Character Recognition
  • Email to OneNote: Fitur yang memungkinkan pengguna mengirim email ke alamat me@onenote.com dari ID email yang telah ditentukan untuk menyimpan konten email ke OneNote.

Format file[sunting | sunting sumber]

(Dari kiri ke kanan) .one ikon file untuk halaman, bagian, dan buku catatan.

Buku catatan OneNote disimpan sebagai folder dengan file data terpisah untuk setiap bagian. File OneNote memiliki ekstensi nama file .one

Microsoft memutakhirkan format file dua kali setelah memperkenalkan OneNote 2003 — pertama di OneNote 2007, lalu di OneNote 2010. File OneNote 2003 dapat dibuka oleh OneNote 2007 dan OneNote 2010 dalam mode baca-saja, dan kemudian ditingkatkan ke versi yang lebih baru dari format file. OneNote 2010 dapat membaca dan menulis format file OneNote 2007. Itu juga dapat mengkonversi bolak-balik antara format 2010 dan 2007.

Microsoft telah mendokumentasikan format file OneNote. Ini adalah format terbuka yang dapat menyimpan beragam konten multimedia dalam satu file .one.

Format file OneNote juga didukung oleh aplikasi pencatatan Outline untuk iPad dan Mac. Garis besar dapat membuka, mengedit, dan menyimpan buku catatan dalam format file OneNote.

Dukungan platform[sunting | sunting sumber]

OneNote juga tersedia untuk ponsel. Versi OneNote seluler disertakan dalam Office Hub di Windows Phone. Versi ini mendukung buku catatan yang disimpan secara lokal di telepon, atau disinkronkan dengan salinan jarak jauh di OneDrive atau SharePoint. Catatan yang dibuat oleh OneNote untuk Windows Phone 7 tidak dapat dibuka dengan OneNote 2007. OneNote Mobile juga dibangun ke dalam Windows Mobile Professional 6.1. OneNote Mobile untuk smartphone Windows Mobile dan PC saku yang lebih lama disertakan dengan OneNote 2007. OneNote tersedia di Symbian sebagai bagian dari Microsoft Apps. Microsoft telah merilis aplikasi OneNote yang berdiri sendiri untuk iOS dan Android, yang masing-masing gratis hingga 500 catatan. Lebih dari 500 catatan, tersedia upgrade berbayar. Pada 1 Juli 2013, Microsoft merilis versi 2 dari aplikasinya untuk iPad, yang berisi fitur-fitur yang diperbarui secara signifikan, untuk berkorespondensi lebih dekat dengan yang tersedia di platform Windows. Pada 19 Agustus 2014, Microsoft memperbarui OneNote untuk Tablet Android agar menyertakan dukungan tulisan tangan dan navigasi yang ramah sentuhan.

Riwayat versi[sunting | sunting sumber]

Logo Microsoft OneNote 2007


Rilisan Tanggal rilis
Rilis pertama 02002-11-1717 November 2002
OneNote 2003 02003-11-1919 November 2003
OneNote 2007 02007-01-2727 Januari 2007
OneNote 2010 02024-07-1515 Juli 2010
OneNote 2013 02013-01-2929 Januari 2013
OneNote 2016 02015-09-2222 September 2015

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Protalinski, Emil (February 13, 2015). "Microsoft makes OneNote for Windows completely free by removing all feature restrictions". VentureBeat. 
  2. ^ a b "Microsoft OneNote". Android Market. Google. Diakses tanggal March 1, 2012. 
  3. ^ a b "Microsoft OneNote". App Store. Apple Inc. Diakses tanggal March 1, 2012. 
  4. ^ a b "Microsoft OneNote for iPad". App Store. Apple Inc. Diakses tanggal March 1, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]