Windows RT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Windows RT
Bagian dari keluarga Microsoft Windows
Windows RT logo and wordmark.svg
Pengembang
Microsoft
Rilis
Versi awal 26 Oktober 2012; 2 tahun yang lalu (2012-10-26) [info]
Versi terkini 8.1 (17 Oktober 2013; 13 bulan yang lalu (2013-10-17)) [info]
Kernel Hybrid (Windows NT)
Dukungan platform 32-bit ARM (ARMv7)
Status dukungan
  • Tanggal mulai: 30 Oktober 2012
  • Dukungan utama hingga: Tidak ada tanggal yang diberikan, tetapi Surface didukung sampai 11 April, 2017.[1]
Bacaan lanjutan

Windows RT adalah edisi dari sistem operasi Windows 8 yang dirancang untuk perangkat bergerak yang menggunakan Arsitektur ARM 32-bit (ARMv7).[2] Microsoft ditujukan untuk perangkat dengan Windows RT untuk mengambil keuntungan dari efisiensi daya arsitektur untuk memungkinkan untuk daya tahan baterai yang lebih lama, untuk menggunakan system-on-chip (SoC) desain untuk memungkinkan perangkat lebih tipis, dan untuk menyediakan pengalaman "handal" dari waktu ke waktu. Dibandingkan dengan sistem operasi mobile lain, Windows RT juga mendukung sejumlah perangkat dan aksesoris USB yang ada, dan berisi versi Microsoft Office 2013 yang dioptimalkan untuk perangkat ARM sebagai perangkat lunak yang telah diinstal. Namun, sementara Windows RT mewarisi penampilan dan fungsi Windows 8, mengandung sejumlah keterbatasan, yang mencakup hanya menjadi kompatibel dengan perangkat lunak yang diperoleh dari Windows Store, dan tidak memiliki fitur enterprise yang berorientasi tertentu.

Pertama kali diperkenalkan sebagai prototipe pada bulan Januari 2011 di Consumer Electronics Show, sistem operasi ini secara resmi diluncurkan bersama Windows 8 pada tanggal 26 Oktober 2012, dengan merilis tiga tablet berbasis Windows RT termasuk tablet buatan Microsoft Surface RT. Tidak seperti kebanyakan versi lain Windows, Windows RT hanya tersedia sebagai software yang telah diinstal pada perangkat yang khusus dirancang untuk sistem operasi oleh OEM. Sistem operasi ini hanya tersedia pada total tujuh perangkat, yang semuanya sedang tablet, dengan dua diproduksi oleh Microsoft sendiri.

Windows RT dirilis untuk tinjauan yang beragam dari berbagai outlet dan kritikus. Beberapa merasa bahwa perangkat Windows RT memiliki keunggulan dibandingkan platform mobile lainnya (seperti iOS atau Android) karena perangkat lunak yang dibundel dan kemampuan untuk menggunakan lebih banyak jenis perangkat USB dan aksesoris. Kritik dan analis telah dianggap Windows RT tidak berhasil secara komersial, mengingat adopsi yang buruk dari perangkat Windows RT oleh konsumen sebagai akibat dari posisi yang tidak jelas dalam dibandingkan dengan Windows 8, keterbatasan kompatibilitas perangkat lunak (bersama dengan pilihan yang relatif miskin aplikasi pada peluncuran), dan pengenalan perangkat Windows 8 dengan baterai dan fungsionalitas yang memenuhi atau melebihi dari perangkat Windows RT. Akibatnya, beberapa vendor menarik dukungan masa depan mereka dari platform, dan pada Agustus 2013, Microsoft mengambil kerugian US$900 juta pada penjualan Surface RT. Terlepas dari kekurangan ini, baik Microsoft dan Nokia (bisnis yang perangkatnya sedang diakuisisi oleh Microsoft) memperkenalkan produk baru Windows RT pada akhir 2013.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Consumer Electronics Show 2011, secara resmi mengumumkan bahwa versi berikutnya dari Windows akan memberikan dukungan untuk system-on-chip menerapkan Arsitektur ARM. Presiden divisi Windows Steven Sinofsky mendemonstrasikan versi awal dari port Windows untuk arsitektur, dengan kode nama Windows on ARM (WoA), berjalan pada prototipe dengan Qualcomm Snapdragon, Texas Instruments OMAP, dan chip Nvidia Tegra 2. Prototipe memiliki versi kerja dari Internet Explorer 9 (dengan dukungan DirectX via GPU Tegra 2), Powerpoint dan Word, bersama dengan menggunakan kelas sopir untuk memungkinkan pencetakan ke printer Epson. Sinofsky merasa bahwa pergeseran ke arah desain SoC adalah "evolusi alami dari hardware yang berlaku untuk berbagai faktor bentuk, tidak hanya untuk papan tulis", sementara CEO Microsoft Steve Ballmer menekankan pentingnya pendukung SOC di Windows dengan menyatakan bahwa sistem operasi akan "di mana-mana pada setiap jenis perangkat tanpa kompromi."[3]

Pengembangan awal pada WoA berlangsung dengan porting kode dari Windows 7; ponsel pintar Windows Mobile digunakan untuk menguji versi awal dari WoA karena kurangnya ketersediaan tablet berbasis ARM. Kemudian pengujian dilakukan dengan menggunakan array yang dirancang khusus dari rack-mount dari sistem berbasis ARM.[4] Perubahan basis kode Windows yang dibuat untuk mengoptimalkan OS untuk perangkat keras internal dari perangkat ARM, tetapi sejumlah standar teknis tradisional digunakan oleh sistem x86 juga digunakan. Perangkat WoA akan menggunakan firmware UEFI, dan memiliki perangkat lunak berbasis Trusted Platform Module untuk mendukung enkripsi perangkat dan UEFI Secure Boot.[5] ACPI juga digunakan untuk mendeteksi dan mengontrol plug and play perangkat dan menyediakan manajemen daya di luar SoC. Untuk mengaktifkan dukungan hardware yang lebih luas, peripheral seperti perangkat antarmuka manusia, penyimpanan dan komponen lain yang menggunakan koneksi USB dan I²C menggunakan kelas driver dan protokol standar. Windows Update berfungsi sebagai mekanisme untuk memperbarui semua driver sistem, perangkat lunak, dan firmware.[4]

Microsoft memamerkan aspek lain dari sistem operasi baru, yang dikenal sebagai Windows 8, selama presentasi berikutnya. Di antara perubahan-perubahan ini (yang juga termasuk antarmuka dirombak dioptimalkan untuk digunakan pada perangkat berbasis sentuhan dibangun di sekitar bahasa desain Metro) adalah dengan diperkenalkannya Windows Runtime (WinRT). Software yang dikembangkan menggunakan arsitektur baru ini bisa menjadi prosesor-independen (yang memungkinkan kompatibilitas dengan kedua x86 dan sistem berbasis ARM),[6] akan menekankan penggunaan input sentuhan, akan berjalan dalam lingkungan sandbox untuk menyediakan keamanan tambahan, dan didistribusikan melalui Windows Store—sebuah toko yang mirip dengan layanan seperti App Store dan Google Play. WinRT juga dioptimalkan untuk memberikan yang lebih "handal" Pengalaman pada perangkat berbasis ARM, dengan demikian, kompatibilitas ke belakang untuk Win32 perangkat lunak lain yang kompatibel dengan versi Windows sengaja dikeluarkan dari Windows on ARM. Pengembang Windows menunjukkan bahwa aplikasi Windows yang ada tidak secara khusus dioptimalkan untuk keandalan dan efisiensi energi pada arsitektur ARM, dan bahwa WinRT cukup untuk memberikan "kekuatan penuh ekspresif" untuk aplikasi, "sambil menghindari perangkap dan jebakan yang berpotensi dapat mengurangi keseluruhan pengalaman bagi konsumen."Konsekwensinya, kurangnya kompatibilitas mundur juga akan mencegah ada malware yang berjalan pada sistem operasi.[4][7]

Pada 16 April 2012, Microsoft mengumumkan bahwa Windows on ARM akan secara resmi dicap sebagai Windows RT.[8] Microsoft tidak secara eksplisit mengindikasikan apa nama sistem operasi disebut "RT", tapi itu diyakini merujuk pada arsitektur Windows Runtime (RT).[9] Steven Sinofsky menyatakan bahwa Microsoft akan memastikan perbedaan antara Windows RT dan 8 yang memadai dalam iklan. Namun, laporan menemukan bahwa halaman web promosi untuk tablet Microsoft Surface telah berisi kata-kata membingungkan menyinggung perbedaan kompatibilitas, dan bahwa perwakilan Microsoft Store yang memberikan informasi yang tidak konsisten dan kadang-kadang salah tentang Windows RT. Sebagai respon, Microsoft menyatakan bahwa anggota staf Microsoft Store akan diberikan rata-rata 15 jam pelatihan sebelum peluncuran Windows 8 dan Windows RT untuk memastikan konsumen dapat membuat pilihan yang tepat untuk kebutuhan mereka.[10] Perangkat pertama Windows RT secara resmi dirilis bersama Windows 8 pada 26 Oktober 2012.[11]

Windows 8.1, update utama untuk Windows 8 dan RT, dirilis pada Windows Store pada tanggal 17 Oktober 2013, yang berisi sejumlah perbaikan antarmuka sistem operasi dan fungsionalitas. Untuk perangkat Windows RT, update juga menambahkan Outlook untuk disertakan pada rangkaian Office RT.[12][13][14][15][16] Pembaruan itu sementara ditarik oleh Microsoft tak lama setelah rilis, berikut laporan bahwa beberapa pengguna Surface RT telah mengalami bug langka yang merusak perangkat mereka dan Data Konfigurasi Boot selama instalasi, sehingga terjadi kesalahan pada startup.[17][18] Pada 21 Oktober 2013, Microsoft merilis media pemulihan dan instruksi yang dapat digunakan untuk memperbaiki perangkat, dan mengembalikan akses ke Windows 8.1 pada hari berikutnya.[19][20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bott, Ed. "Microsoft commits to Surface with Windows RT for at least four years". ZDNet. Diakses 20 May 2013. 
  2. ^ Vivek Gowri & Anand Lal Shimpi (October 25, 2012). "The Windows RT Review". Diakses 29 October 2013. 
  3. ^ Bisson, Simon. "CES: Windows to run on ARM chips, says Microsoft". ZDNet. Diakses November 21, 2012. 
  4. ^ a b c Sinofsky, Steven. "Building Windows for the ARM processor architecture". Microsoft. Diakses November 21, 2012. 
  5. ^ Niccolai, James (January 13, 2012). "Windows 8 on ARM: You can look but you can't touch". Computerworld. Diakses January 27, 2012. 
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama cnet-mozilla
  7. ^ "Microsoft talks Windows Store features, Metro app sandboxing for Windows 8 developers". The Verge. Vox Media. Diakses September 8, 2012. 
  8. ^ "Announcing the Windows 8 Editions". Microsoft. April 16, 2012. Diakses April 17, 2012. 
  9. ^ Gara, Tom (26 October 2012). "What Does the ‘RT’ In Windows RT Stand For?". Wall Street Journal. Diakses 10 July 2013. 
  10. ^ "With Surface looming, Microsoft fails to explain Windows 8 vs. Windows RT to consumers". The Verge. Diakses November 19, 2012. 
  11. ^ Reisinger, Don. "Microsoft: Come 'celebrate' Windows 8 on Oct. 25". CNET. CBS Interactive. Diakses September 17, 2012. 
  12. ^ LeBlanc, Brandon. "Mark your calendars for Windows 8.1!". Blogging Windows. Microsoft. Diakses August 14, 2013. 
  13. ^ Covert, Adrian. "Windows 8.1 update coming October 18". CNN Money (Time Warner). Diakses August 14, 2013. 
  14. ^ LeBlanc, Brandon. "Windows Keeps Getting Better". Microsoft. Diakses 20 May 2013. 
  15. ^ "Windows RT 8.1: Still slow, still plagued by the Desktop, still useless". ExtremeTech. Diakses 9 July 2013. 
  16. ^ "Outlook finally coming to Windows RT tablets". CNET. Diakses 5 June 2013. 
  17. ^ "Windows RT 8.1 update taken offline due to installation issues". The Verge. Diakses 19 October 2013. 
  18. ^ "Microsoft temporarily pulls Windows RT 8.1 update due to 'a situation'". PC World. Diakses 20 October 2013. 
  19. ^ "Microsoft releases fix for Surface RT slates borked by Windows RT 8.1 update". PC World. Diakses 22 October 2013. 
  20. ^ "Microsoft fixes Windows RT 8.1 issues, returns update to Windows Store". PC World. Diakses 22 October 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]