Microsoft Office

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Microsoft Office
Microsoft Office 2013 logo and wordmark.svg
The Microsoft Office Core Applications
Perancang Microsoft
Pengembang Microsoft
Rilis perdana 19 November 1990; 23 tahun yang lalu (1990-11-19)
Rilis stabil 2013 (15.0.4569.1507/SP1) (25 Februari 2014; 5 bulan yang lalu (2014-02-25))
Bahasa pemograman C++/MFC, C#/.NET[butuh rujukan]
Sistem operasi Microsoft Windows Linux (Dengan Wine)[1] Mac OS X Windows Phone iPhone Android
Serambi Cross-platform
Ketersediaan bahasa Diatas 35 Bahasa
Jenis Office suite
Lisensi Perangkat lunak kongsi
Situs web resmi Microsoft Office untuk Windows
Microsoft Office Mac
Microsoft Office for Mac 2011.png
Aplikasi Microsoft Office Core
Microsoft Office 2011 di Mac (Word, Excel, PowerPoint, Outlook)
Perancang Microsoft
Pengembang Microsoft
Rilis perdana 1 Agustus 1989; 24 tahun yang lalu (1989-08-01)
Rilis stabil 1013 (14.3.0 SP3) (29 Januari 2013; 17 bulan yang lalu (2013-01-29))
Bahasa pemograman C++, Carbon
Sistem operasi Mac OS X
Serambi Cross-platform
Jenis Office suite
Lisensi Perangkat lunak tak bebas
Situs web resmi Microsoft Office untuk Mac

Microsoft Office (atau sekarang disebut Office saja) adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013.

Komponen[sunting | sunting sumber]

Word[sunting | sunting sumber]

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Microsoft Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word'.

Excel[sunting | sunting sumber]

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel atau Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office 2013.

Outlook[sunting | sunting sumber]

Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook atau Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office . Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surel, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.

PowerPoint[sunting | sunting sumber]

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013) yang tergabung ke dalam paket Microsoft Ofice 2013.

Program-program lain dalam versi Windows[sunting | sunting sumber]

Layanan web yang berhubungan dengan Microsoft Office[sunting | sunting sumber]

Program-program lain yang tidak lagi disertakan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WineHQ - Microsoft Office (installer only) 2007". Appdb.winehq.org. Diakses 2009-12-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]