Microsoft FrontPage

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Microsoft FrontPage
Microsoft FrontPage Icon.svg
Microsoft-FrontPage-screenshot.png
Pengembang Microsoft
Rilis stabil 2003 (21 Oktober 2003; 11 tahun yang lalu (2003-10-21)[1])
Status pengembangan Discontinued
Sistem operasi Microsoft Windows
Jenis HTML editor
Lisensi Microsoft Software License Terms
Situs web resmi FrontPage 2003 Help and How-to - Microsoft Office Online

Microsoft FrontPage (atau Microsoft Office FrontPage) merupakan sebuah program aplikasi editor HTML yang berbasis WYSIWYG dan juga bertindak sebagai alat bantu administrasi situs web yang dikembangkan oleh Microsoft untuk jajaran sistem operasi Windows. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office dari tahun 1997 hingga 2003. Versi Macintosh-nya pun pernah dimunculkan pada tahun 1998, tapi tidak dikembangkan lagi. FrontPage sekarang telah usang, dan digantikan oleh Microsoft Expression Web dan Microsoft SharePoint Designer, yang dirilis pada bulan Desember 2006.

Salah satu fitur yang terkenal dari FrontPage adalah dukungannya terhadap template Web yang otomatis yang terintegrasi. Perbedaan utama antara template Web dengan template HTML yang dibuat oleh produk lainnya adalah bahwa template yang dibuat oleh FrontPage mencakup sistem navigasi otomatis yang mampu menciptakan tombol-tombol yang dianimasikan untuk beberapa halaman yang telah ditambahkan oleh pengguna. FrontPage juga dapat membuat navigasi multi-level secara langsung dengan menggunakan tombol dan juga struktur situs Web yang sedang disunting.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

FrontPage pada awalnya dibuat oleh sebuah perusahaan yang berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, Vermeer Technologies Incorporated. Hal ini bisa dilihat dari nama berkas dan direktori situs yang dibuat dengan menggunakan FrontPage selalu diawali dengan "_vti_". Pada tahun 1996, Microsoft mengakuisisi Vermeer, dengan tujuan menambahkan FrontPage ke dalam beberapa produknya, terutama Microsoft Internet Explorer, karena di saat yang sama (pada saat perang browser web), saingannya, Netscape Communicator juga telah menambahkan fitur editor situs Web.

Sebagai sebuah editor HTML WYSIWYG, FrontPage didesain untuk menyembunyikan kode HTML dari halaman web yang disunting oleh pengguna dari mata pengguna, sehingga para pemula dalam bidang pemrograman situs Web pun dapat memprogram situs Web dan juga halaman Web.

Rilis pertama kali FrontPage di bawah naungan nama Microsoft, terjadi pada tahun 1996, saat Microsoft merilis Windows NT 4.0 Server dan Internet Information Services 2.0. FrontPage 1.1 dibundel di dalam rilis Windows NT 4.0 Server tersebut dan dapat berjalan di dalam Windows NT 4.0 (edisi Server maupun edisi Workstation), atau bahkan Windows 95, dan dibuat dengan tujuan agar pada administrator situs web dapat membuat situs web dan konten intranet di dalam sebuah paket semudah mereka menggunakan Microsoft Word.

FrontPage membutuhkan sekumpulan plug-in yang bersifat server-side (dapat berjalan di sisi/pihak Web server), yang disebut sebagai IIS Extension. Kumpulan ekstensi tersebut diperbaiki secara signifikan saat Microsoft mengintegrasikan Microsoft FrontPage ke dalam paket Microsoft Office saat Microsoft Office 97 dirilis dan kemudian diubah namanya menjadi FrontPage Server Extension (FPSE). Kedua kumpulan ekstensi tersebut harus diinstalasikan di dalam server Web agar fitur publikasi konten yang ditawarkan oleh FrontPage dapat bekerja dengan baik. Microsoft juga menawarkan FrontPage Server Extension untuk sistem operasi UNIX, selain tentunya untuk Windows. Tetapi, versi yang lebih baru dari FrontPage juga mendukung protokol WebDAV untuk publikasi dan pembuatan situs secara remote (jarak jauh). Versi untuk Macintosh Mac OS dirilis pada tahun 1998, tapi memiliki fitur yang jauh lebih sedikit dibandingkan versi Windows-nya. Sejak saat itu Microsoft tidak mengembangkan lagi FrontPage untuk Macintosh.

Pada tahun 2006, Microsot mengumumkan bahwa FrontPage akan digantikan oleh dua produk, yakni Microsoft SharePoint Designer (yang ditujukan oleh kalangan profesional dan bisnis untuk membangun aplikasi berbasis teknologi Microsoft SharePoint), dan Microsoft Expression Web (yang ditujukan untuk para profesional dan programmer situs Web untuk membuat situs Web yang lengkap). Microsoft pun mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan FrontPage mulai bulan Desember 2006. Kedua aplikasi tersebut sebenarnya masih berbasis FrontPage.

Versi[sunting | sunting sumber]

Tabel berikut berisi versi-versi Microsoft FrontPage.

Tahun Versi FrontPage Integrasi dengan
Tidak diketahui Vermeer FrontPage 1.0 Tidak diintegrasikan
1995 Microsoft FrontPage 1.1 Microsoft Windows NT 4.0 Server
1997 Microsoft FrontPage 97 (FrontPage 2.0) Microsoft Office 97
1997 Microsoft FrontPage Express 2.0 (perangkat lunak gratis) haaiiii
1998 Microsoft FrontPage for Macintosh 1.0 Tidak diintegrasikan
1998 Microsoft FrontPage 98 (FrontPage 3.0) Tidak diintegrasikan
1999 Microsoft FrontPage 2000 (FrontPage 9.0) Microsoft Office 2000 Premium
2001 Microsoft FrontPage 2002 (FrontPage 10) Microsoft Office XP
2003 Microsoft Office FrontPage 2003 (FrontPage 11) Microsoft Office System 2003

Fitur[sunting | sunting sumber]

FrontPage memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  • Secara visual mampu menampilkan struktur berkas dan situs Web sehingga memudahkan navigasi terhadap situs Web.
  • Dukungan terhadap HTML, CSS, dan Java/JavaScript
  • Memiliki editor gambar yang terintegrasi (Microsoft Image Composer)
  • Menyediakan fungsi-fungsi untuk beberapa tool umum secara mudah, seperti halnya mouseover, form e-mail dan counter.
  • Lebih mudah digunakan (jika memang telah menggunakan produk Microsoft Office sebelumnya)
  • Mampu menampilkan data yang dibuat oleh produk Microsoft Office lainnya, seperti Microsoft Access, atau Microsoft Excel.
  • Dukungan terhadap tema berbasis CSS (seperti halnya ASP.NET master page)
  • Ketika kita mengubah URL ke sebuah halaman, semua pranala yang merujuk ke halaman tersebut akan diubah secara dinamis.
  • Konten dapat disunting dari mana saja dengan FrontPage (password dibutuhkan untuk perlindungan)/
  • Dukungan terhadap pengimporan data dari clipboard (contoh: melakukan operasi Copy/Paste data dari Microsoft Internet Explorer ke dalam FrontPage 2003 akan secara otomatis melakukan downloading sumber daya yang disalin tersebut dan FrontPage akan menyimpannya secara lokal.)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Microsoft Finalizes Office 2003, Sets Pricing and October Launch Date - By Paul Thurrott (August 20, 2003) WinInfo - InstantDoc #39901