SharePoint

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Microsoft Office SharePoint Designer

SharePoint adalah sebuah platform sistem manajemen dokumen berbasis web yang diciptakan oleh Microsoft Corporation. SharePoint dapat digunakan untuk menjalankan situs-situs web yang terdiri atas ruangan kerja (shared workspace) dan dokumen yang digunakan secara bersama-sama (shared documents), selain tentunya aplikasi khusus seperti wiki dan blog. Fitur-fitur SharePoint ini bisa diakses oleh sebuah penjelajah web (meski yang disarankan adalah keluarga Microsoft Internet Explorer). SharePoint tidaklah dimaksudkan untuk mengganti server berkas secara keseluruhan (karena memang dalam SharePoint terdapat limitasi ukuran berkas hanya hingga 2 gigabita saja). Fungsionalitas SharePoint terbangun dari beberapa web part, seperti halnya daftar tugas (task list) atau panel diskusi (discussion pane). Web-part-web-part tersebut kemudian dimasukkan ke dalam halaman web, yang kemudian dijalankan di atas portal SharePoint. Situs SharePoint, sebenarnya merupakan aplikasi ASP.NET 2.0, yang berjalan di atas Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan basis data Microsoft SQL Server sebagai tempat penyimpanan data yang bekerja di belakang layar.

Istilah "SharePoint" sendiri pada umumnya merujuk kepada salah satu dari dua produk berikut:

Selain itu, versi-versi terdahulu dari perangkat lunak ini menggunakan nama yang berbeda, yakni:

Meskipun demikian, keduanya masihlah disebut dengan sebutan "SharePoint" saja.

Keluarga SharePoint juga mencakup Microsoft Office SharePoint Designer, yang bisa digunakan untuk membuat web part, dan beberapa hal lainnya dalam SharePoint.

Keluarga SharePoint[sunting | sunting sumber]

Windows SharePoint Services[sunting | sunting sumber]

Windows SharePoint Services merupakan sebuah tambahan untuk Windows Server yang bisa diperoleh secara bebas. WSS menyediakan infrastuktur kolaborasi dasar, yang mendukung penyuntingan dokumen dengan berbasis HTTP atau HTTPS, pengorganisasian dokumen di dalam beberapa document library, kemampuan kontrol versi dokumen, wiki, dan juga blog. WSS juga menyediakan beberapa fungsionalitas seperti halnya workflow, to-do list, alert dan forum diskusi, yang merupakan web part yang bisa ditempelkan ke dalam halaman situs SharePoint.

Saat pertama kali diinstalasikan, WSS hanya menyediakan satu buah workflow, yang merupakan workflow tiga-keadaan untuk mengatur workflow secara sederhana. Workflow tambahan dapat dibuat dengan menggunakan Microsoft Office SharePoint Designer, atau Microsoft Visual Studio .NET.

Keterbatasan yang dirasa dari Windows SharePoint Services adalah tidak dapat menggunakan form yang dibuat dengan Microsoft Office InfoPath 2007, dan hanya menggunakan form yang dibuat dengan halaman ASP.NET sebagai penggantinya.

Microsoft Office SharePoint Server[sunting | sunting sumber]

Microsoft Office SharePoint Server (MOSS) merupakan salah satu komponen server Microsoft Office. Harganya pun cukup mahal. MOSS dibangun di atas WSS dan menambahkan banyak fungsionalitas di atasnya, termasuk di antaranya adalah manajemen dokumen yang lebih baik, fungsionalitas pencarian berkas kelas perusahaan (enterprise-class), fitur navigasi, dukungan RSS, dan juga beberapa fitur yang sebelumnya ditawarkan oleh Microsoft Content Management Server.

Microsoft Office SharePoint Server Enterprise Edition juga mencakup beberapa fitur untuk analisis data bisnis, seperti halnya Excel Services dan Business Data Catalog. MOSS juga menyediakan integrasi secara ketat dengan aplikasi Microsoft Office, seperti halnya kemampuan manajemen proyek dengan menggunakan Microsoft Project Server dan kemampuan untuk menampilkan form yang dibuat dengan Microsoft Office InfoPath dengan hanya menggunakan sebuah penjelajah web. Edisi ini juga menawarkan pustaka yang spesifik, seperti halnya PowerPoint Template Library.

Microsoft Search Server[sunting | sunting sumber]

Microsoft Search Server (MSS) adalah platform pencarian yang dibuat oleh Microsoft, berbasiskan kemampuan pencarian dari Microsoft Office SharePoint Server. MSS memiliki arsitektur yang mirip dengan platform Windows Search, baik itu engine query-nya maupun pengindeksnya. Cara pencarian MOSS dilakukan dengan melihat pada metadata yang dimasukkan ke dalam dokumen.

Microsoft Search Server kini tersedia sebagai Microsoft Search Server 2008, yang dirilis pada bulan Maret 2008. Terdapat juga versi gratisnya, yang dinamakan dengan Search Server Express 2008, yang memiliki fitur yang sama dengan versi komersial (termasuk di antaranya tidak ada limitasi jumlah berkas yang bisa diindeks). Satu-satunya kelemahan dari versi gratis adalah tidak bisa diskalakan dengan proses kluster. (sumbernya mana???)

Microsoft SharePoint Designer[sunting | sunting sumber]

Microsoft Office SharePoint Designer merupakan editor HTML yang bersifat What-You-See-Is-What-You-Get (WYSIWYG), yang ditujukan untuk mendesain situs SharePoint dan workflow untuk situs-situs WSS. Rendering engine yang bisa digunakan sama dengan Microsoft Expression Web, dan juga Microsoft Visual Studio 2008.

Microsoft SharePoint Portal Server 2003 menggunakan Microsoft FrontPage sebagai alat desainnya. FrontPage tidak lagi kompatibel dengan Microsoft Office SharePoint Server 2007 atau Windows SharePoint Services.