Scotisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
.
Beato John Duns Scotus (c.1265-1308) eponim dari Skotlandia.

Scotisme adalah sebuah mazhab filsafat Katolik dan sistem teologi yang dinamai menurut John Duns Scotus, seorang filsuf-teolog Skotlandia abad ke-13. Kata ini berasal dari nama pencetusnya, yang Opus Oxoniense-nya merupakan salah satu dokumen terpenting dalam filsafat abad pertengahan dan teologi Katolik, yang mendefinisikan apa yang kemudian dinyatakan sebagai dogma Gereja. Dikandung Tanpa Noda oleh Paus Pius IX dalam konstitusinya Ineffabilis Deus pada tanggal 8 Desember 1854.[1][2]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Scotisme berkembang dari Sekolah Fransiskan Lama, yang mendominasi teologi selama Abad Pertengahan. Aliran pemikiran ini awalnya mengikuti Augustinisme, yang mendominasi teologi pada saat itu.

Scotus menemukan bahwa landasan telah dibuka untuk konflik dengan para pengikut Thomas Aquinas. Ia sangat bebas menggunakan Aristotelianisme, namun dalam penggunaannya ia melontarkan kritik yang tajam, dan dalam poin-poin penting menganut ajaran Sekolah Fransiskan Lama – terutama yang berkaitan dengan pluralitas bentuk atau jiwa, masalah spiritual dari malaikat dan jiwa, dll., dimana dia dengan penuh semangat melawan Aquinas. Skotisme, atau apa yang dikenal sebagai Sekolah Fransiskan Belakangan, dengan demikian hanyalah kelanjutan atau pengembangan lebih lanjut dari aliran yang lebih tua, dengan penerimaan yang lebih luas, meskipun tidak eksklusif terhadap Bergerak ide. Perbedaan antara Thomisme dan Scotisme dapat diungkapkan dengan mengatakan bahwa, meskipun keduanya berasal dari Arab Neoplatonisasi Aristotelianisme, Thomisme lebih dekat dengan Aristotelianisme ortodoks dari Maimonides, Averroes dan Avicenna, sedangkan Scotisme mencerminkan kecenderungan Platonisasi sejak masa Avicebron, Brethren dari Kemurnian, Liber de Causis dan Proclus ke Plotinus.

Mengenai hubungan sekolah-sekolah ini satu sama lain, atau hubungan Scotus dengan Alexander dari Hales dan Bonaventura, lihat karya Flemish Recollect, Mathias Hauzeur. Meskipun Thomisme mendapat dukungan yang tak tertandingi dari Magisterium,[3] Pengaruh Skotlandia mendominasi sejumlah poin penting, tidak terkecuali doktrin Dikandung Tanpa Noda.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ordinatio III, d.3, q.1
  2. ^ "Definisi Kepausan tentang Dikandung Tanpa Noda". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2000-01-21. 
  3. ^ leo-xiii/en/encyclicals/documents/hf_l-xiii_enc_04081879_aeterni-patris.html#:~:text=For,%20not%20in%20vain%20did,it%20capable%20of%20greater%20things "Aeterni Patris (4 Agustus 1879) | LEO XIII" Periksa nilai |url= (bantuan). www.vatican.va. Diakses tanggal 2023- 04-29.