Devosi Katolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Devosi Katolik adalah bentuk doa yang bukan menjadi bagian resmi dari liturgi umum Gereja, tapi menjadi bagian dari praktik-praktik kerohanian yang terkenal dari umat Katolik. Banyak devosi ini telah secara resmi diakui oleh Gereja sebagai sesuatu yang berharga bagi perkembangan iman namun tidak memiliki nilai penting untuk keselamatan. Seringkali beberapa devosi di Gereja berbentuk doa-doa yang telah terformalisasikan, benda-benda suci atau gambar-gambar suci yang lahir dari pernyataan wahyu pribadi, atau pengalaman-pengalaman rohani pribadi dari beberapa orang seperti Penampakan Bunda Maria atau Yesus Kristus.

Devosi Katolik juga meliputi penghormatan kepada para orang suci (santo/santa). Gereja Katolik Roma memiliki tradisi untuk melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap pernyataan wahyu pribadi dan kehidupan para orang yang dicalonkan menerima gelar santo untuk memastikan bahwa tidak ada penjelasan alam atau ilmiah, pada saat penyelidikan ini berlangsung, yang bisa menjelaskan keajaiban apapun yang terjadi. Seringkali sebuah devosi yang diterima oleh Gereja memiliki sebuah bentuk doa, gambaran dan kadang-kadang sebuah pesan atau nubuat khusus.

Beberapa contoh dari devosi Katolik meliputi Rosario, Jalan Salib, Hati Kudus Yesus, Citra Kudus Yesus, relik tubuh orang suci, Hati Maria Tak Bernoda, Ratu Guadalupe Kami, doa-doa novena bagi berbagai orang suci (santo/santa), ziarah-ziarah dan devosi-devosi kepada Sakramen Suci, penghormatan kepada tokoh-tokoh Gereja Katolik Timur, dan sebagainya.