Ineffabilis Deus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ineffabilis Deus (Bahasa Latin untuk "Tuhan yang Tak Terhingga") adalah nama sebuah bulla kepausan dari Paus Pius IX. Dokumen ini menetapkan secara ex cathedra dogma Pembuahan Tak Bernoda dari Sang Perawan Suci Maria. Ketetapan ini diumumkan secara resmi pada tanggal 8 Desember 1854 pada hari perayaan tahunan Pembuahan Tak Bernoda.

Ketetapan ini meneliti sejarah kepercayaan tersebut di dalam tradisi Kristiani, dengan menyebut akarnya adalah perayaan yang telah dilakukan sejak lama akan Pembuahan Tak Bernoda Maria sebagai sebuah hari penting di dalam gereja-gereja Timur dan Barat. Dokumen ini juga menyebutkan persetujuan para uskup Katolik seluruh dunia yang dimintai pendapatnya akan hal ini pada tahun 1849.

Pernyataan dogmatis dinyatakan pada bagian hampir paling akhir daro bulla ini:

Kami menyatakan, mengumumkan dan menetapkan bahwa doktrin yang menyebut bahwa Sang Perawan Suci Maria, di saat pembuahan-Nya di dalam rahim ibu-Nya, atas sebuah rahmat dan hak istimewa yang dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, mempertimbangkan jasa-jasa Yesus Kristus, Sang Penyelamat umat manusia, yang dijaga kesuciannya dari semua bercak dosa asal, adalah sebuah doktrin yang diwahyukan oleh Tuhan dan oleh sebab itu hendaknya dipercaya dengan penuh dan seterusnya oleh semua umat.

Keseluruhan isi ketetapan ini juga dirangkai kata-katanya untuk menyatakan bahwa pembuahan tak bernoda Maria bukanlah suatu keharusan logis dalam bentuk apapun, melainkan adalah sebuah rahmat ilahi bagi Maria sebagai Bunda Allah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • The Decree [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]