Konsili Ekumenikal Katolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sesi Konsili Trente, dari sebuah ukiran.

Menurut Gereja Katolik, Konsili Gereja adalah ekumenis ("seluruh dunia"), jika itu adalah "kongregasi khusyuk para uskup Katolik dunia atas undangan Paus untuk memutuskan masalah-masalah Gereja bersamanya".[1] Istilah yang lebih luas, 'Konsili oikumenis', berkaitan dengan konsili Gereja yang diakui oleh Timur dan Kekristenan Barat.

Dalam agama Katolik, selain Konsili Ekumenis, terdapat pula “Konsili partikular”. Hukum Kanonik yang berlaku saat ini mengakui dua jenis Konsili partikular: dewan pleno yang melibatkan para uskup dari konferensi waligereja (biasanya satu negara)[2] dan dewan provinsi adalah uskup dari provinsi gerejawi.[3]

Gereja Katolik mengakui 21 konsili ekumenis yang dilaksanakan selama kurun waktu sekitar 1900 tahun.[4][5] Sifat ekumenis dari beberapa Konsili diperdebatkan beberapa waktu, namun akhirnya diterima, misalnya Konsili Lateran Pertama dan Dewan Basel. Sebuah buku tahun 1539 tentang konsili ekumenis yang ditulis oleh Kardinal Dominika Jacobazzi tidak menyertakan konsili tersebut, begitu pula para sarjana lainnya.[6]

Beberapa abad pertama tidak mengenal dewan berskala besar; hal ini hanya dapat dilakukan setelah Gereja memperoleh kebebasan dari penganiayaan di bawah Kaisar Konstantinus. Akibatnya, Dewan Yerusalem atau Konsili Apostolik, diadakan di Yerusalem sekitar tahun 50 M dan dijelaskan dalam Kisah Para Rasul pasal 15, bukanlah sebuah Konsili ekumenis, meskipun sebagian besar denominasi Kristen menganggap bahwa konsili tersebut mengungkapkan bagian penting dari doktrin dan ajaran moral Kristiani.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hubert Jedin, Kleine Konziliengeschichte, Freiburg, Herder, 1960, 14
  2. ^ 1983 CIC, 1983 Code of Canon Law, https://www.vatican.va/archive/cod-iuris-canonici/cic_index_en.html, 439
  3. ^ 1983 CIC, 440
  4. ^ -ecumenical-councils "21 Konsili Ekumenis" Periksa nilai |url= (bantuan). Jawaban Katolik. Diakses tanggal 2019-04-16. 
  5. ^ "Perpustakaan Katolik: 21 Konsili Ekumenis". www.newadvent.org. Diakses tanggal 2019-04-16. 
  6. ^ Jedin 11