Ruben Benharvioto Moriolkosu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ruben Benharvioto Moriolkosu
Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar
Mulai menjabat
29 Mei 2023
MenteriTito Karnavian
GubernurMurad Ismail
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir03 Maret 1973 (umur 51)
Kota Masohi, Maluku Tengah, Maluku
Suami/istriRenny Matrutty
Alma materInstitut Pemerintahan Dalam Negeri (1994)
PekerjaanPegawai Negeri Sipil
ProfesiBirokrat
Masa Dinas1994–sekarang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Drs. Ruben Benharvioto Moriolkosu, M.M. (Lahir di Kota Masohi, 03 Mei 1973), adalah seorang birokrat Indonesia lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 1994, yang sejak 20 September 2021 menjabat sebagai Sekretaris daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.[1]

Saat ini Ruben Benharvioto Moriolkosu juga mendapatkan kepercayaan menjadi Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Dia dilantik oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail pada Senin 29 Mei 2023. Ruben akan memimpin Kabupaten Kepulauan Tanimbar hingga tahun 2024 mendatang.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ruben Benharvioso Moriolkossu merupakan putra dari pasangan Ayah Alm. Prn. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Martinus Moriokossu dan Ibu Almh. Sarlotha Lamerburu. Dia lahir di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah pada 3 Mei 1973, dan merupakan anak ke 2 dari 4 bersaudara.

Ruben merupakan Purna Praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) atau sekarang dikenal dengan Institut Pemerintahan Dalam negeri (IPDN) Angkatan 1994, dia memulai kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil di di Kantor Camat Tobelo, Kabupaten Maluku Utara, dan pada tahun 2004, dirinya kemudian mulai meniti karier di Tanimbar, bumi yang bertajuk Duan dan Lolat ini.

Dalam jenjang karier yang terbilang cemerlang ini, tak lantas membuat dirinya berbangga maupun bertingkah layaknya pejabat pada umumnya. Aktivitas keseharian yang dilaluinya, sangat sederhana dan ramah kepada siapa saja yang ia temui. Hingga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya saja, ia bahkan sering keluar rumah untuk membeli sendiri berbagai kebutuhan tersebut, seperti menenteng galon kosong untuk pergi mengisi ulang pada depot air terdekat, dan hal itu dilakukannya dengan penuh rasa tanggungjawab sebagai sosok ayah.[3]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Petrus Fatlolon
Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar
29 Mei 2023 -sekarang
Petahana

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sah, Ruben Benharvioto Moriolkosu dilantik Jadi Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar". ambon.antaranews.com. 20 September 2021. Diakses tanggal 12 Juni 2023. 
  2. ^ "Sah, Gubernur Maluku Lantik Ruben Moriolkosu Pimpin Tanimbar Hingga 2024". ambon.tribunnews.com. 29 Mei 2023. Diakses tanggal 12 Juni 2023. 
  3. ^ "Moriolkossu, Sosok Anak Kolong Yang Jabat Sekda Definitif Kepulauan Tanimbar". indonesiatimur.co. 19 September 2021. Diakses tanggal 12 Juni 2023.