Roti merica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hujiao bing
Roti merica langsung dari oven
SajianMakanan ringan
Tempat asalFuzhou, Fujian, China
DaerahFujian, Taiwan
Bahan utamaRoti seperti serpihan biskuit, gula, kecap, lada putih atau lada hitam, dan daun bawang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Roti merica atau Hújiāo bǐng ( Hanzi: 胡椒餅; Pinyin: hújiāo bǐng; Pe̍h-ōe-jī: hô͘-chio-piáⁿ; harfiah: 'black pepper cake or biscuit') adalah sejenis roti panggang yang berasal dari kota Fuzhou, ibu kota provinsi Fujian, Tiongkok. Roti ini adalah jajanan jalanan yang menjadi terkenal di Taiwan dan dapat ditemukan di pasar malam atau di warung makan seluruh Taiwan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah tepung, air, dan bahan pengembang untuk adonan kulit dan daging (biasanya babi atau sapi) yang diasinkan dengan gula, kecap, lada putih atau lada hitam, dan daun bawang untuk isian dalamnya.[1]

Asal[sunting | sunting sumber]

Tidak diketahui siapa yang menemukan hújiāobǐng. Jajanan ini dapat ditemukan di Fujian dan Taiwan. Pedagang roti merica di Taiwan menuliskannya sebagai "Fuzhou Pepper Bun" (福州胡椒餅) sebagai apresiasi kepada imigran Fuzhou terkait pembuatan roti merica. Hal ini dikarenakan banyak penjual roti lada merupakan orang-orang keturunan Fuzhou.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Isian Hújiāo bǐng yang siap disajikan.

Kulit adonan disiapkan dengan tepung, air, dan bahan ragi seperti ragi atau baking powder. Lemak babi, mentega, atau minyak terkadang ditambahkan ke adonan untuk membuat roti lebih renyah dan bersisik seperti croissant saat dimasak. Adonan kulit terluar kemudian digulung satu per satu hingga membentuk lingkaran tipis, mirip dengan pembungkus pangsit.

Bahan utama isiannya adalah daging yang biasanya daging babi. Dagingnya digiling atau diiris tipis. Beberapa penjual menggunakan daging giling dan irisan untuk menggigitnya, tetapi daging giling biasanya digunakan karena menghasilkan lebih banyak jus saat dimasak. Daging biasanya diasinkan dengan tumpukan bubuk lada putih atau hitam, kecap, gula dan anggur masak. Beberapa penjual juga menambahkan bubuk lima rempah atau bubuk kari ke dalam rendaman daging.

Daging yang diasinkan disebarkan di atas adonan tipis. Segenggam daun bawang hijau dipotong kemudian ditempatkan di atas daging dan ditutup dengan adonan. Daun bawang harus ditambahkan dalam langkah terpisah - jangan pernah dicampur ke dalam isian daging - untuk menghasilkan rasa daun bawang yang jelas pada roti. Tidak seperti roti lainnya, ujung yang disegel ada di bagian bawah. Bagian atas sanggul kemudian diolesi air dan diakhiri dengan taburan biji wijen putih.

Hújiāo bǐng dipanggang di dalam oven.

Roti kemudian dipanggang dalam oven tanah liat berbentuk silinder, panas tinggi, yang mirip dengan oven tandoori . Arang bakar diletakkan di bagian bawah untuk memanaskan oven. Roti kemudian ditumpuk secara vertikal di sepanjang sisi oven, dari bawah ke atas. Untuk mengeluarkan roti yang sudah jadi, gunakan benda datar seperti pisau tumpul atau spatula untuk mengikis roti dari sisi oven. Saringan kemudian digunakan untuk menangkap roti agar tidak jatuh ke lubang arang di bagian bawah oven.[2]

Roti yang dimasak memiliki adonan tipis yang renyah, hampir seperti kerupuk. Saat digigit, jus daging keluar. Karena cara sanggul dibungkus, daun bawang hijau berada di tengah sanggul dengan daging melilitnya, bukan di bagian bawah.

Kepopuleran[sunting | sunting sumber]

Hújiāo bǐng pertama mulai mendapatkan popularitas di luar Taiwan ketika ditampilkan pada program wisata seperti The Layover karya Anthony Bourdain .[3] Juga acara kuliner saluran TVB Hong Kong, Neighborhood Gourmet season 3. Item yang segera menjadi turis wajib coba saat berkunjung ke Taiwan. Turis yang mengunjungi Taiwan dan pernah mencicipi roti itu akan menulis blog tentangnya. Antrian untuk membeli Hújiāo bǐng terkenal panjang selama jam sibuk di vendor mana pun, rata-rata menunggu biasanya minimal 30 menit. Pelanggan juga selalu membeli dalam jumlah banyak karena antrean yang panjang. Saat penjual kehabisan bahan dan kehabisan bahan, mereka biasanya menutup toko untuk hari itu alih-alih mengisi kembali bahan-bahan mereka untuk membuat lebih banyak roti.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2/17 Shilin One-Day Tour" (PDF). Diakses tanggal 10 July 2015. 
  2. ^ "非凡大探索_窯烤美味_炭香胡椒餅". Diakses tanggal 17 February 2016. 
  3. ^ "48 Hours in Taipei Travel Guide". Diakses tanggal 17 February 2016. 

Templat:Roti cina