Sirup melon musim salju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Secangkir melon musim dingin di depan melon musim dingin di kios pedagang kaki lima Taiwan

Sirup melon musim salju , juga disebut teh melon musim dingin di Asia Timur, ( Hanzi: 冬瓜茶; Pinyin: dōngguā chá ) adalah minuman buah manis dengan rasa yang sangat khas.[1] Ini dapat ditemukan di banyak toko dan pedagang kaki lima di Taiwan .[2] Karena proses pembuatannya yang murah, minuman khas daerah ini menjadi resep favorit para pedagang kaki lima maupun orang rumahan. Di Cina, teh melon musim dingin dipercaya dapat membantu orang mengatasi suhu panas, serta membantu menurunkan berat badan. Karena kalau begini, biasa disebut sebagai "slim tea".[3]

Bahan[sunting | sunting sumber]

Melon musim dingin dikupas, diiris, dan bijinya dibuang. Irisan melon diaduk dan dimasak dalam air mendidih dengan gula merah dan karamel selama berjam-jam. Campuran ini disaring dengan jaring atau kain kasa, membersihkannya dari ampas dan kotoran. Setelah cairan cokelat yang bersih mendingin sepenuhnya, kemudian didinginkan, dikalengkan, dan dijual sebagai pukulan melon musim dingin yang terkonsentrasi. Itu juga dapat dikeringkan dan dipotong menjadi kubus padat, dijual sebagai kubus melon musim dingin.

Versi melon musim dingin yang bebas gula dibuat untuk pasien yang menderita nefropati dan diabetes . Pada variasi ini, proses memasaknya sama kecuali hanya irisan melon dan air yang direbus untuk membuat campurannya.

Beberapa merendam irisan melon musim dingin dalam jeruk nipis atau kalsium hidroksida untuk mempertahankan rasa asli melon dengan mengeraskan daging sebelum merebusnya dengan gula, karamel, dan air.

Variasi minuman[sunting | sunting sumber]

Rasa yang berbeda dari pukulan melon musim dingin muncul di seluruh Taiwan. Orang dapat menambahkan jus lemon, teh oolong atau banyak minuman lain ke dalamnya, sesuai dengan preferensi mereka, untuk membuat minuman campuran atau bahkan koktail . Untuk mengubah minuman populer ini menjadi makanan ringan, banyak pedagang kaki lima menambahkan bola tapioka, nata de coco, atau tangyuan ke melon punch musim dingin dan menjualnya dalam mangkuk.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Matson, Tiana (2019-02-03). "Winter Melon Tea - Simple But Juicy". Yum Of China (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Mei 2022. 
  2. ^ Guides, Rough (2017-09-07). The Rough Guide to Cambodia (Travel Guide eBook) (dalam bahasa Inggris). Rough Guides UK. ISBN 978-0-241-32612-1. 
  3. ^ "Winter Melon Tea | China Sichuan Food". www.chinasichuanfood.com. 7 June 2015. Diakses tanggal 2020-02-06.