Portal:Pertanian/Berita terkini/Januari/2015

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
30 Januari 2015
  • "Sebuah paper yang dipublikasikan oleh World Resources Institute menggambarkan bahwa bioenergi mengancam ketahanan pangan. Masalah utama muncul ketika tanaman pangan digunakan bukan untuk menghasilkan makanan melainkan untuk dijadikan bahan bakar. Meski kemudian digunakan tanaman non-pangan, perebutan lahan akan terjadi dan menghambat pertumbuhan luas lahan untuk tanaman pertanian. Penggunaan sumber berbasis selulosa pun kemungkinan tidak akan lebih efisien dari produksi etanol berbasis jagung. Penebangan hutan atau pembersihan rawa untuk membentuk lahan produksi biofuel lebih luas pun mengancam fungsi keduanya sebagai penyimpan karbon." (The Guardian) (Farm Futures)

29 Januari 2015
Camelina sativa
Camelina sativa
28 Januari 2015
27 Januari 2015
26 Januari 2015
25 Januari 2015
  • "Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap warga Seychelles menemukan bahwa konsumsi ikan laut bagi ibu hamil relatif tidak membahayakan janin. Ikan laut umumnya mengandung merkuri dengan kadar yang relatif tinggi dan berpotensi membahayakan janin, namun penelitian menunjukkan bahwa berbagai asam lemak tak jenuh ganda mengindikasikan fungsi biologisnya dalam melawan dampak buruk dari merkuri tersebut. Seychelles merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki konsumsi ikan per kapita lebih tinggi dibandingkan negara maju." (ABC News) (Science 2.0) (Pioneer News)

23 Januari 2015
22 Januari 2015
  • "Pemerintah negara bagian Ontario, Kanada membayar uang ganti rugi sebesar 100 ribu USD kepada para petani yang lahannya terpengaruhi penaburan garam di jalanan untuk melelehkan salju. Garam tersebut ikut mengalir bersama dengan salju yang dilelehkannya dan menuju ke lahan pertanian, menyebabkan terjadinya salinisasi tanah. Kerugian yang dialami petani diantaranya menurunnya harga jual tanah dan penurunan hasil tani hingga beberapa tahun ke depan." (CTV News) (Canada NewsWire)

21 Januari 2015
Pola melingkar irigasi poros terpusat
Pola melingkar
irigasi poros
terpusat
  • "Sebuah perkebunan tebu di Queensland, Australia, menerapkan irigasi poros terpusat dengan teknologi tinggi sebagai bagian dari proyek efisiensi air di perkebunan tersebut. Penerapan sistem irigasi ini diketahui lebih hemat energi dibandingkan sistem irigasi tekanan tinggi yang umum dilakukan berbagai perkebunan tebu. Selain itu, sistem irigasi juga dilengkapi pemantau kelembaban tanah dan kondisi cuaca sehingga dapat ditentukan kondisi optimal pemberian air. Perkebunan tebu diketahui membutuhkan air sebanyak 12 megaliter per hektar untuk mencapai hasil yang maksimal." (ABC Online) (Fraser Coast Chronicle)

20 Januari 2015
  • "Angin Harmattan menerjang pantai gading dan merusak tanamam kakao petani setempat. Angin ini bertiup dari gurun Sahara, bersifat kering-dingin dengan membawa debu tebal. Angin ini cukup kencang sehingga dapat merontokkan bunga, menyebabkan tumbuhan kering serta menghalangi penerimaan sinar matahari. Berdasarkan pengalaman petani, angin ini menyebabkan buah coklat matang dalam ukuran kecil sehingga ukuran biji kakao juga mengecil dan memberikan penurunan hasil." (Business Recorder) (Reuters Africa)

  • "Oregon dan Idaho telah lama menjadi produsen labu, namun kini petani mempertimbangkan untuk menanam labu kultivar khusus yang memiliki biji yang banyak. Biji labu tersebut dapat dijadikan makanan ringan mirip dengan biji bunga matahari. Makanan ringan jenis ini propuler di Eropa timur. Di Amerika Serikat, makanan ini kebanyakan diimpor dari China, sehingga bisnis labu biji merupakan kesempatan bagi petani setempat. Biji labu juga dapat dijadikan pengganti kedelai." (Manteca Bulletin) (Oregon Live)

18 Januari 2015
17 Januari 2015
Pelepasan telur ikan
Pelepasan
telur ikan
  • "Budi daya ikan di China mengancam kelestarian ikan laut dibandingkan budi daya ikan di negara lain, karena menggunakan ikan yang ditangkap sebagai pakannya, menurut peneliti dari Stanford University. Perikanan budi daya China terus meningkat sebagai usaha pemerintahnya menggantikan konsumsi perikanan tangkap, namun penggunaan pakan dari hasil tangkapan laut tetap menggerus ekosistem laut. Perikanan budi daya China disarankan untuk mengolah limbah dari pemrosesan ikan dan penggunaan protein dari alga sebagai alternatif pakan ikan." (Reuters) (Design and Trend)

  • "Rendahnya harga minyak bumi menurunkan tingkat permintaan terhadap bioethanol di Amerika Serikat. Selain itu, muncul penambahan butir RUU oleh senator untuk tidak mewajibkan lagi bioethanol dalam campuran bahan bakar. Meski panen jagung sebelum musim dingin melimpah, harga pasar untuk bioethanol kini lebih mahal dibandingkan oktana murni, mendorong perusahaan minyak untuk mempertimbangkan campurannya. Namun bioethanol tetap menjadi pendapatan petani hingga RUU tersebut disahkan, yang kemungkinan besar akan diveto Obama." (Des Moines Register) (Agriculture.com)

16 Januari 2015
15 Januari 2015
  • "Departemen Regulasi Pestisida California mengeluarkan aturan baru mengenai penggunaan pestisida Chloropicrin, yang banyak digunakan oleh petani strawberry. Senyawa ini pernah digunakan dalam Perang Dunia I sebagai gas beracun, dan kini digunakan oleh petani pada tanah sebelum penanaman biji dilakukan, untuk mematikan dan mencegah pertumbuhan fungi dan mikroba lainnya. Peraturan baru ini bertujuan untuk mencegah lingkungan di sekitar lahan pertanian terkontaminasi, karena sifatnya yang volatil dan mudah diterbangkan angin. Penerapannya hanya bisa dilakukan oleh pakar yang sudah terlatih dengan perlengkapan yang telah ditentukan. Buffer zone juga diterapkan pada lahan yang akan disemprot fumigan ini." (Central Valley Business Times) (Los Angeles Times)

14 Januari 2015
13 Januari 2015
12 Januari 2015
Sebotol susu
Sebotol susu
11 Januari 2015
  • "Penelitian oleh Girona University, Spanyol, menemukan bahwa penangkapan ikan rekreasi memiliki risiko terhadap kelestarian lingkungan lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya. Penangkapan ikan rekreasi dilakukan oleh sebagian orang dewasa berpendapatan menengah ke atas dan cenderung tidak didata dan diawasi, dan jumlahnya diperkirakan mencapai setengah tangkapan nelayan tradisional. Ikan yang ditangkap dapat berupa ikan langka yang tidak diketahui statusnya oleh pemancing amatir, serta metode catch and release yang dipopulerkan untuk melestarikan ikan tidak dipraktekkan secara meluas." (Science Codex) (West Valley News)

  • "Serat dan benang plastik yang ditemukan dalam tubuh ikan yang ditangkap dari Great Salt Lake memicu kekhawatiran mengenai pencemaran sampah plastik di danau tersebut serta kemungkinan sampah plastik telah masuk ke dalam rantai makanan. Partikel plastik ukuran mikro umumnya tidak diserap oleh tubuh ikan, namun serat plastik yang berbentuk benang dapat tersangkut di dalam saluran pencernaan. Benang yang terbuat dari serat alami umumnya mudah terurai oleh alam dan saluran pencernaan ikan." (Huffington Post) (Chicago Tribune)

10 Januari 2015
9 Januari 2015
8 Januari 2015
7 Januari 2015
  • "Health and Safety Authority Irlandia menyatakan bahwa pertanian masih menjadi pekerjaan paling berbahaya di negara tersebut, dengan total kematian mencapai 30 pada tahun 2014. Jumlah ini lebih dari setengah kasus kematian di lingkungan kerja di Irlandia yang mencapai 55 jiwa. 18 kematian di lahan usaha tani diantaranya disebabkan oleh traktor. Ini adalah tahun kelima bagi pertanian di Irlandia dalam menempati peringkat tertinggi penyebab kematian di lingkungan kerja." (Irish Examiner) (Irish Farmers Journal)

6 Januari 2015
  • "Menteri Pertanian bersama dengan Menteri Sumber Daya Lahan Republik Rakyat Tionghoa membentuk proyek bersama yang akan melindungi lahan pertanian sehingga terbebas dari pembangunan kawasan urban. Total luas lahan yang akan dilindungi minimal 120 juta hektar, yang merupakan batas minimal untuk memastikan ketahanan pangan negara tersebut. Penerapan pertanian modern juga akan diterapkan di kawasan tersebut untuk meningkatkan produktivitas." (The Poultry Site) (South China Morning Post)

5 Januari 2015
Satelit SMAP
Satelit SMAP
  • "Soil Moisture Active Passive Satellite (SMAP) yang akan diluncurkan NASA akan merevolusi dunia pertanian dengan memantau kondisi kelembaban tanah secara lebih luas sehingga dapat memprediksi kapan kekeringan berikutnya dapat terjadi. Dengan memprediksi datangnya musim kering, petani dapat mengantisipasinya dengan strategi bercocok tanam, mempersiapkan irigasi, maupun mengganti komoditas yang akan ditanam. Perubahan iklim menyebabkan cuaca menjadi tidak teratur sehingga cuaca tidak lagi berada dalam siklus, dan pengalaman petani dalam meramal cuaca tidak bisa diandalkan lagi." (CNN) (Empire States Tribune)

4 Januari 2015
Kandang ayam petelur
Kandang ayam
petelur
  • "Humane Society of the United States (HSUS) memenangkan lobi di negara bagian California mengenai luas kandang minimum untuk seekor ayam petelur dan telah disahkan menjadi peraturan daerah. Kebijakan ini mengharuskan luas kandang per satu ekor minimal adalah sepanjang ayam mampu membentangkan sayapnya tanpa menyentuh dinding kandang maupun ayam lain (1200-1300 cm2). Tujuan dari penerapan kebijakan ini adalah untuk menghargai hak hidup ayam. Kebijakan ini berpotensi meningkatkan harga telur ayam di tingkat konsumen, ditambah kasus flu burung yang merebak di belahan bumi utara. HSUS ingin memperjuangkan standar ini menjadi standar nasional." (Quartz) (Times Record) (Capital Press)

3 Januari 2015
1 Januari 2015