Pesawat tanpa awak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekelompok pesawat tanpa awak dipamerkan pada acara "Naval Unmanned Aerial Vehicle Air Demo" tahun 2005.
Meskipun kebanyakan UAV merupakan sebuah pesawat sayap tetap, rancangan pesawat sayap putar seperti MQ-8B Fire Scout juga ada.
MQ-9 Reaper, sebuah UAV pengintai pemburu-pembunuh yang digunakan oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan Angkatan Bersenjata Inggris, terutamanya di Iraq dan Afghanistan.

Pesawat tanpa awak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya . Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Rudal walaupun mempunyai kesamaan tapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak bisa digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri.

Pesawat tanpa awak memliki bentuk, ukuran, konfigurasi dan karakter yang bervariasi. Sejarah pesawat tanpa awak adalah Drone, pesawat tanpa awak yang digunakan sebagai sasaran tembak. Perkembangan kontrol otomatis membuat pesawat sasaran tembak yang sederhana mampu berubah menjadi pesawat tanpa awak yang kompleks dan rumit.

Kontrol pesawat tanpa awak ada dua variasi utama, variasi pertama yaitu dikontrol melalui pengendali jarak jauh dan variasi kedua adalah pesawat yang terbang secara mandiri berdasarkan program yang dimasukan kedalam pesawat sebelum terbang.

Saat ini, pesawat tanpa awak mampu melakukan misi pengintaian dan penyerangan. Walaupun banyak laporan mengatakan bahwa banyak serangan pesawat tanpa awak yang berhasil tetapi pesawat tanpa awak mempunyai reputasi untuk menyerang secara berlebihan atau menyerang target yang salah.

Pesawat tanpa awak juga semakin banyak digunakan untuk keperluan sipil (non militer) seperti pemadam kebakaran , keamanan non militer atau pemeriksaan jalur pemipaan. Pesawat tanpa awak sering melakukan tugas yang dianggap terlalu kotor dan terlalu berbahaya utnuk pesawat berawak.


Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Sejarah
Fasilitas, unit dan program
Tipe lain kendaraan tanpa awak
Intelijen

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Linkrot

  • Wagner, William. Lightning Bugs and other Reconnaissance Drones; The can-do story of Ryan's unmanned spy planes. 1982, Armed Forces Journal International, in cooperation with Aero Publishers, Inc.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Robotika Templat:Aviation lists[[p