Northrop Grumman MQ-8 Fire Scout

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Northrop Grumman MQ-8 Fire Scout adalah sebuah helikopter tak berawak otonom dikembangkan oleh Northrop Grumman untuk digunakan oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.[1]

Fire Scout ini dirancang untuk memberikan pengintaian, kesadaran situasional, dan dukungan penargetan presisi untuk pasukan darat, udara dan laut. Versi awal RQ-8A didasarkan pada Schweizer 330, MQ-8B berasal dari Schweizer 333 sedangkan ditingkatkan.

Helikopter ini dapat beroperasi selama empat jam lebih dengan jarak 120 mil dari pusat kendali. Fire Scout dilengkapi dengan sistem navigasi berbasis GPS dan mampu beroperasi secara otonom. Karena mampu beroperasi secara otonom, pusat kendali dapat mengendalikan tiga helikopter tak berawak ini secara simultan. Sea Scout, kembangan dari helikopter tak berawak ini, bahkan mampu mengangkut rudal udara-darat (air-to-surface missiles) untuk misi pengeboman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Autonomous Fire Scout UAV Lands on Ship". Department of Defense. January 24, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-02-28. Diakses tanggal 2008-02-01. 

This article contains material that originally came from the web article Unmanned Aerial Vehicles by Greg Goebel, which exists in the Public Domain.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]