Portal:Azerbaijan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Selamat datang di Portal Azerbaijan Wikipedia


sunting   

Perkenalan

Azerbaijan map.gif
Emblem of Azerbaijan.svg

Republik Azerbaijan (bahasa Azerbaijan: Azərbaycan Respublikası) adalah sebuah negara di Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya. Ia berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, Georgia dan Armenia di barat, dan Iran di selatan. Republik Otonomi Nakhichevan (sebuah eksklave milik Azerbaijan) berbatasan dengan Armenia di sebelah utara, Iran di selatan, dan Turki di barat.

Azerbaijan adalah negara sekuler dan telah menjadi anggota dari Dewan Eropa sejak 2001. Mayoritas populasi adalah Muslim Syi'ah dan turunan Turki barat, dikenal sebagai Azerbaijani, atau singkatnya Azeri. Negara ini resminya demokrasi, namun dengan peraturan otoritas kuat.

sunting   

Artikel pilihan

Republik Demokratik Azerbaijan (bahasa Azerbaijan: Azərbaycan Xalq Cümhuriyyəti) adalah republik demokratik dan sekular di dunia Muslim. Republik ini didirikan pada tanggal 28 Mei 1918, setelah jatuhnya kekaisaran Rusia yang dimulai dengan Revolusi Rusia tahun 1917. Kemerdekaannya dinyatakan oleh Dewan Nasional Azerbaijan di Tiflis. Republik ini berbatasan dengan Rusia di utara, Republik Demokratik Georgia di barat-laut, Republik Demokratik Armenia di barat, dan Kekaisaran Persia di selatan. Luas negara ini secara kasar sekitar 120.000 km², dengan populasi 6 juta jiwa. Ganja merupakan ibukota sementara republik ini karena Baku dikuasai oleh kaum Bolshevik.

(Selengkapnya...)

'
sunting   

Gambar pilihan

Khinaliq road.jpg
Jalan menuju desa Khinalug
'
sunting   

Tahukah anda...

Leyla Mammadbeyova.JPG
'
sunting   

Azerbaijan berita

'
sunting   

Tokoh pilihan

Ilham aliyev.jpg

Ilham Heydar oglu Aliyev adalah Presiden Azerbaijan saat ini. ia juga Ketua Partai Azerbaijan Baru atau New Azerbaijan Party. Ia lahir 24 Desember 1961 di Baku dalam keluarga yang memiliki keistimewaan hidup. Periode 1967-1977, ia mendapat pendidikan sekolah dan memasuki Universitas Negeri Moskow pada Hubungan Internasional (MSUIR) pada tahun 1977. Setelah lulus pada 1982, ia melanjutkan pendidikan pasc-asarjananya di MSUIR dan mengajar di sana selama 5 tahun. Ia menyelesaikan risetnya dan menerima Ph.D. dalam ilmu politik dan sejarah pada tahun 1985.

(Selengkapnya...)

'
sunting   

Kategori