Panasonic Gobel Awards 2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Panasonic Gobel Awards 2010 adalah acara panganugerahan Panasonic Gobel Awards yang ke-13 yang merupakan ajang apresiasi bergengsi bagi insan pertelevisian di Indonesia yang diselenggarakan waktu malam lalu yang sejak pada tanggal hari Jumat, 26 Maret 2010 malam ini sekitar sejak pada pukul 21:00 sampai dengan 01:00 WIB[1]/22:00 sampai dengan 02:00 WITA[2]/23:00 sampai dengan 03:00 WIT[3] yang mengudara siaran langsung beberapa kali selama 4-jam yang diselenggarakan bertempat di Bioskop Jakarta Theatre 21 di Jalan Muhammad Husni Thamrin Nomor. 9 dari kelurahan Kebon Sirih, kecamatan Menteng, kota Jakarta Pusat. Acara Panasonic Gobel Awards edisi ini bertemakan "Indonesia Unite". Acara ini bertepatan dengan Tahun Emas PT Panasonic Gobel Indonesia sebagai penyelenggara Panasonic Gobel Awards yang menampilkan sekitar 9-artis-artis yang tampil sebagai pengisi acara adalah: The Changcuters, Afgan Syah Reza, Idola Cilik Season 2, Elfonda Mekel, Nidji, D’Masiv, Cinta Laura, Vierra dan Bunga Citra Lestari dan dipandu pembawa acara 'host' adalah: Tina Talisa (tvOne News), Raffi Ahmad (Dahsyat RCTI), Cathy Sharon (Inbox SCTV) dan Choky Sitohang (Take Me Out Indonesia Indosiar) yaitu acara resmi sponsor utama acara ini adalah Panasonic Electronics dan Tje Fuk Cosmetics yang berhasil mencetak kemenangan terbesar dengan total 25-buah piala emas dari Panasonic Gobel Awards 2010 seperti: Acara (13-buah piala emas) dan Individu (12-buah piala emas) dan berhasil membawa pulang 12-buah piala emas oleh RCTI adalah stasiun televisi bersiaran nasional milik swasta secara kommersial pertama di Republik Indonesia dengan terrestrial (free-to-air) membasiskan dari Jakarta (ibu kota Republik Indonesia) dari Panasonic Gobel Awards 2010 seperti: Acara (5-buah piala emas) dan Individu (7-buah piala emas) yang ditayangkan di RCTI, MNCTV dan Global TV.

Dengan momentum Tahun Emas tersebut pihak PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan penambahan nama penghargaan dari Panasonic Awards yang telah dipakai sejak tahun 1997, menjadi Panasonic Gobel Awards serta diikuti dengan perubahan pada logo penghargaan tersebut. Tujuannya adalah memberikan identitas yang tegas bahwa acara ini ide asli dari Indonesia. Ide ini terinspirasi dari semangat almarhum Dokter Haji Thayeb Mohammad Gobel, pendiri Panasonic Gobel Indonesia dan pionir kehadiran industri pertelevisian di Indonesia[4].

Malam puncak Panasonic Gobel Awards XIII menampilkan karya - karya terbaik dari lokal Indonesia di bidang seni. Para penampil, baik penyanyi dan pembaca nominasi memakai karya dari perancang - perancang terbaik dan malam puncak tersebut akan disiarkan secara langsung oleh stasiun-stasiun televisi di bawah naungan MNC Group, yakni RCTI, MNCTV dan Global TV.

[sunting | sunting sumber]

Ajang apresiasi untuk karya dan insan televise Indonesia ini mengalami perubahan logo pada acara tahun ini. Mengenai hal ini, Rinaldi Sjarif, Vice President PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, "logo penghargaan masih tetap simbol manusia untuk mempertegas gengsi penghargaan ini bagi insan-insan televisi yang memenangkannya. Warna emas pada bentuk trofi penghargaan menyimbolkan nilai eksklusif penghargaan serta dengan penambahan kalimat The 13th Annual Panasonic Gobel Awards, di mana kalimat ini akan dipakai pada penghargaan Panasonic Gobel Awards pada tahun-tahun mendatang.”[4]

Menampilkan[sunting | sunting sumber]

Pop (4-artis)[sunting | sunting sumber]

  1. Afgan Syah Reza
  2. Elfonda Mekel
  3. Cinta Laura
  4. Bunga Citra Lestari

Grup (5-artis)[sunting | sunting sumber]

  1. The Changcuters
  2. Idola Cilik Season 2
  3. Nidji
  4. D’Masiv
  5. Vierra

Pandu[sunting | sunting sumber]

Penilaian[sunting | sunting sumber]

Dalam penilaiannya, Panasonic Gobel Indonesia bekerjasama dengan AGB Nielsen Media Research. AGB Nielsen Media Researchlah yang mengumpulkan data dengan pemantauan seluruh program televisi dari frekuensi penyiaran, rating dan sharenya. Data yang sudah dikelompokkan ke dalam beberapa kategori kemudian diserahkan ke Tim Verifikasi untuk disaring lagi sehingga bebas dari karya jiplakan dan tayangan ulang (rerun). Setelah melakukan penilaian, tim verifikasi menentukan 5-program teratas. Karena basis penilaian adalah popularitas, maka 5-program yang dipilih adalah yang ratingnya paling tinggi. Kemudian 5-program teratas diumumkan melalui media massa ke masyarakat sebagai nominasi. Lalu penilain dilanjutkan dengan pengumpulan poling melalui sms dari penonton.

Tim verifikasi The 13th Panasonic Gobel Awards terdiri dari praktisi dan individu yang kredibel dan ahli di bidang pertelevisian dan hiburan. Mereka adalah Rosiana Silalahi (perwakilan desk News), Manoj Punjabi (pakar program Sinetron dan Production House), Helmy Yahya (perwakilan pelaku industri pertelevisian), Indra Yudhistira (RCTI), Eko Patrio (artis), Robby Winarka (pelaku industri), Maman Suherman (pelaku industri), Sofyan Herbowo (perwakilan masyarakat), Karni Ilyas (tvOne), Quilla Jozal (Trans Corp) dan Deddy Mizwar (perwakilan artis).

Kategori[sunting | sunting sumber]

Panasonik Globe Awards yang ke-13 menyediakan 24-penghargaan yang terdiri dari 11-penghargaan Kategori Individu dan 13-penghargaan Kategori Program/Acara Terfavorit pilihan penonton. Pada penghargaan kali ini, kategori Program/Acara Hiburan Anak-Anak dan Edutainment Anak-anak di gabung menjadi satu kategori, yaitu kategori Program Acara Anak-anak, sedangkan kategori Program Documentary yang pada tahun lalu diadakan, pada penghargaan kali ini ditiadakan. Perubahan juga dilakukan pada Kategori Program/Acara News magazine, yang pada tahun ini diganti dengan Kategori Feature dan menambahkan kategori baru yaitu Kategori Talent Search dan Presenter Talent Show. Berikut ini daftar kaegorinya dan nominasinya:

Kategori Program Acara[sunting | sunting sumber]

Kategori Pemenang Nominasi
Program Drama Seri Cinta Fitri Season 5 (SCTV)
Program Kuis / Game Show Gong Show (Trans TV)
Program Infotainment Silet (RCTI)
Program Music / Variety Show Dahsyat (RCTI)
Program Reality Show Take Me Out Indonesia (Indosiar)
Program Komedi / Lawak Extravaganza (Trans TV)
Program Talkshow Berita Debat (TvOne)
Program Talkshow Hiburan Bukan Empat Mata (Trans 7)
Program Olahraga Djarum ISL (ANTV)
Program Anak Idola Cilik (RCTI)
Program Fitur Griya Unik (Trans TV)
Program Pencarian Bakat The Master (RCTI)
Program Berita / Current Affairs Seputar Indonesia (RCTI)

Kategori Individu[sunting | sunting sumber]

Kategori Pemenang Nominasi
Aktor Dude Harlino (Nikita - RCTI)
Aktris Nikita Willy (Nikita - RCTI)
Presenter Kuis / Game Show Choky Sitohang (Take Me Out Indonesia - Indosiar)
Presenter Infotainment Feni Rose (Silet - RCTI)
Presenter Musik / Variety Show Olga Syahputra (Dahsyat - RCTI)
Presenter Berita / Current Affairs Putra Nababan (Seputar Indonesia - RCTI)
Presenter Talkshow Andy Flores Noya (Kick Andy - MetroTV)
Presenter Talent Show Okky Lukman (Idola Cilik - RCTI)
Presenter Reality Show Uya Kuya (Uya Emang Kuya - SCTV)
Presenter Olahraga Darius Sinathrya
Pelawak Olga Syahputra (Dahsyat - RCTI)
Lifetime Achievement Awards Ishadi Soetopo Kartosapoetro (Trans TV)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]