Afgan Syahreza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Afgan)
Langsung ke: navigasi, cari
Afgan Syahreza
AfganSA.jpg
Latar belakang
Nama lahir Afgan Syahreza
Nama lain Afgan
Lahir 27 Mei 1989 (umur 25)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Asal Bendera Indonesia Indonesia
Genre Pop
Pekerjaan Penyanyi, aktor
Tahun aktif 2008–sekarang
Label WannaB Music Production (2008-2011)
Trinity Optima Production (2011-sekarang)
Situs web www.afganworld.com

Afgan Syahreza (lahir di Jakarta, 27 Mei 1989; umur 25 tahun) adalah Penyanyi Indonesia berdarah Minangkabau.[1] Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Lola Purnama dan Loyd Yahya ini merilis debut albumnya berjudul Confession No.1 di bulan Januari 2008. Album yang diisi dengan 13 lagu ini kental terasa dipengaruhi pop, soul, R&B, dan jazz dan mengandalkan lagu "Terima Kasih Cinta", "Klise", "Sadis", dan "Tanpa Batas Waktu".

Penggarapan video klip untuk lagu "Terima Kasih Cinta" dengan pendukung Thalita Latief dikerjakan oleh sutradara Jose Purnomo. Album ini diproduksi oleh Wanna B Production dan didistribusikan di bawah label PT Sony-BMG dan penggarapannya dibantu sejumlah musisi ternama antara lain Fajar LMN, Harry Budiman (produser Tangga), Deddy Dhukun, dan Dian Pramana Putra, dan Bebi Romeo sebagai komposer.[2][3] Pada tahun 2010, Afgan mengeluarkan album keduanya, yang diberi judul "The One".

Alasan mengapa album keduanya bertajuk "The One", karena tahun 2010 adalah tahun yang istimewa, ia merilis album dan filmnya dalam waktu yang bersamaan, maka dari itu album keduanya diberi judul "The One". Di album tersebut Afgan menyanyikan 12 lagu plus 1 bonus track "PadaMu Kubersujud". Single pertamanya adalah Cinta 2 Hati, yang sekaligus juga menjadi Soundtrack film perdananya, Cinta 2 Hati.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Afgan dibesarkan di tengah keluarga yang suka menikmati musik. Bahkan Afgan sejak di bangku sekolah menengah sudah sering didaulat untuk menyanyi meskipun selalu ditampiknya karena malu. Kariernya diawali ketika bersama teman-temannya berkunjung ke WannaB Instant Recording Studio. Di studio ini mereka menyanyi dan merekamnya dalam CD untuk koleksi pribadi. Di luar dugaan ternyata Afgan terpantau oleh Produser WannaB Music Production yang langsung menawarinya rekaman. Awalnya ia sempat ragu tapi akhirnya menerima juga dan ia langsung masuk dapur rekaman.

Ternyata album pertamanya diminati khalayak dan mampu menempati posisi tertinggi di tangga lagu hit radio dan televisi terkemuka Indonesia. Tahun 2009 Afgan mulai menjajal kemampuannya di dunia film. Namun karena masih ragu dengan kemampuan aktingnya dia hanya berani bermain sebagai dirinya sendiri (Cameo) dalam film layar lebar berjudul "Bukan Cinta Biasa" yang pemeran utamanya pendatang baru Olivia Lubis Jensen.

Dalam film ini Afgan juga menyumbang lagu sebagai jalur suara dengan judul lagu yang sama dengan judul film tersebut. Dan Afgan juga membentuk Group Fans yang bernama Afganisme

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada ajang Anugerah Musik Indonesia 2009, Afgan berhasil meraih penghargaan sebagai Penyanyi Pria Solo Terbaik melalui lagu Terima Kasih Cinta.

Pada bulan Ramadhan tahun 2009, Afgan merilis mini album Bersihkan Dirimu dengan Pada-Mu Kubersujud dan Pencari Jalan-Mu sebagai lagu utama dari album ini.

Sementara itu, Afgan juga terlibat dalam film Bukan Cinta Biasa yang rilis pada tanggal 7 Mei 2009. Di sini Afgan selain tampil di film mengisi sountrack dengan judul lagu sama dengan judul filmnya.

Pada tahun 2010 Afgan beradu akting dengan senior dari dunia perfilman yaitu Deddy Mizwar dalam film Cinta 2 Hati. Selain beradu akting dengan Deddy Mizwar, Afgan akan beradu akting dengan Olivia Lubis Jensen dan Tika Putri. Afgan pun ikut mengisi jalur suara dalam film ini yang berjudul sama dengan filmnya yaitu Cinta 2 Hati. Film ini dirilis tanggal 1 April 2010.

Sukses di album perdana, Afgan merilis album keduanya, "The One" pada tanggal 1 April 2010. album ini terisi 12 lagu, salah satunya Cinta 2 Hati yang menjadi OST Cinta 2 Hati yang diperankan sendiri sebagai Alfa, selain Cinta 2 Hati ada 8 lagu baru lainnya (termasuk Seperti Bintang yang didedikasi untuk fans dan persembahan dari Panadol Cold & Flu), serta 3 lagu single (termasuk Pencari Jalan-Mu sebagai bonus track).

Afgan sempat vakum sementara dari dunia musik Indonesia demi mengenyam pendidikan di negara tetangga, yaitu Malaysia. Pada bulan Desember 2012, Afgan merilis single Pesan Cinta yang bergenre pop upbeat sebagai single pertama menuju album ketiga. Lagu tersebut adalah ciptaan Afgan dengan bantuan Inu Numata dan Nino Ran. Pada tanggal 14 Februari 2013 tepat pukul 14:14, Afgan merilis album ketiga yang bertitle L1ve To Love. Distribusi album ini dibantu oleh restoran KFC di Indonesia. Bersamaan dengan perilisan album tersebut, Afgan menyatakan memilih Jodoh Pasti Bertemu sebagai single kedua album tersebut. Lagu tersebut dipilih karena Afgan merasa lagu ciptaan Bemby Noor ini benar-benar tipikal gimmick Afgan yang melankolis sekaligus sebagai penyeimbang single sebelumnya yang terdengar lebih upbeat.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Afgan pernah digosipkan pacaran dengan Thalita Latief, Agnes Monica, Mirasih Tyas Endah, Eva Celia Latjuba dan juga Arumi Bachsin. Saat ini Afgan tengah dekat dengan artis pendatang baru, Olivia Lubis Jensen. Afgan juga pernah diisukan sebagai seorang gay dan menjalin hubungan dengan aktor Jonathan Mulia.[4][5]

Kasus[sunting | sunting sumber]

Tanggal 14 Juni 2011 Afgan dipolisikan perusahaan WannaB Music Production dalam kasus terkait kontrak kerja.[6]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • SD Islam Sudirman (1995-2001)
  • SLTP Islam Sudirman (2001-2004)
  • SMA Negeri 34 Jakarta (2004-2007)
  • Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi (2007-2008)

Iklan[sunting | sunting sumber]

Penampilan lain di TV[sunting | sunting sumber]

  • 2008: Bintang tamu OB RCTI
  • 2008-2012: Doa Berbuka Puasa di SCTV selama bulan Ramadan

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]