Mamamia Show

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mamamia Show
Logo MamaMia 2.jpg
Logo MamaMia
Format Acara realitas
Pembuat Harry Nugroho
Pembawa acara Steny Agustaf
Denny Cagur
Ruben Onsu
Ilow
Juri Helmi Yahya (2007-2008)
Ahmad Dhani (2007)
Vina Panduwinata (2008)
Tompi (2008)
Arzetti Bilbina (2007-2008)
Sophia Latjuba (2007)
Ivan Gunawan (2008)
Benny Simanjuntak (2010)
Lusi Rachmawati (2010)
Donna Harun (2010)
Lagu pembuka "Menjangkau Dunia"
Negara Indonesia
Jumlah musim 3
Produksi
Durasi 5-6 jam
Siaran
Saluran asli Indosiar
Format gambar 480i (SDTV)
Penayangan awal 11 Juni 2007 – sekarang
Pranala luar
[1]

Mamamia adalah acara realitas yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi Indonesia, Indosiar. Acara ini pertama kali masuk dalam program TV di Indosiar pada tahun 2007 hingga tahun 2010. Acara ini adalah lomba nyanyi yang dimanajeri oleh sang ibu, diikuti oleh beberapa remaja putri di Mamamia. Merupakan acara adaptasi dari stasiun tv Amerika Serikat yang berbahasa Spanyol Telemundo yang bernama Quinceanera. Paramytha Lestari Mulyarto menjadi pemenang acara ini pada 11 September 2007 dengan mengalahkan Margareth Siagian sang runner-up pada musim pertama. Sementara Maria Anggreini Grace Kelly Habeahan menjadi pemenang pada 18 Juli 2008 mengalahkan Williana Saraswati sang runner-up pada musim kedua. Inka Mayang Marindra menjadi pemenang pada 18 Juni 2010 mengalahkan Putri Rama Siagian sang runner-up pada musim ketiga. Hingga kini telah memasuki musim ketiga dan tidak dilanjutkan kembali. Mamamia Show memenangkan Panasonic Awards untuk kategori Musik & Variety Show Terbaik pada tahun 2009.

Konsep penilaian acara ini sangat berbeda dengan acara serupa. Jika biasanya peserta dipilih melalui SMS atau dinilai langsung oleh juri, maka di dalam mamamia ini peserta dinilai oleh 100 orang penonton yang bertindak sebagai juri dan dinamakan Juri Vote Lock. Namun pemirsa juga dapat mengirimkan SMS untuk memprediksi peserta mana yang akan dianggap berpenampilan extra. Peserta yang berpenampilan extra pada musim pertama dipilih langsung oleh dewan juri. Peserta yang mendapatkan Kartu Emas pada musim kedua dipilih oleh 100 Juri Vote Lock.

Dan dewan juri atau yang disebut dengan Eksekutor pulalah yang akan memilih 3 peserta terbawah yang akan diajukan pertanyaan kepada sang mama. Disinilah sang mama bertugas untuk menolong sang putri. Dan 3 peserta terbawah itu akan tereliminasi setelah dinilai oleh Juri Vote Lock. Dan peserta dengan nilai terendah harus meninggalkan panggung.

Pada tahun 2009, Mamamia Show istirahat untuk mengevaluasi pelaksanaan beberapa tahun-tahun yang sudah lewat dan kembali dilanjutkan di musim yang ketiga pada tahun 2010. Dengan demikian, Mamamia Show memang telah berakhir secara resmi di musim ketiganya pada tahun 2010.

Logo Mamamia 2007-2010

Pengisi Acara[sunting | sunting sumber]

Pembawa Acara[sunting | sunting sumber]

Musim Host
Pertama, 2007
Steny Agustaf
Kedua, 2008
Denny Cagur
2009
-
Ketiga, 2010
Ruben Onsu

Juri[sunting | sunting sumber]

Musim Manajerial Vokal Fashion Aksi Panggung Tamu
Pertama, 2007
Helmy Yahya
Ahmad Dhani
Arzetti Bilbina
Sophia Latjuba
Kedua, 2008
Vina Panduwinata, Tompi
Ivan Gunawan
Melly Goeslaw1, Titiek Puspa2, Widi Mulia3
2009
-
Ketiga, 2010
Benny Simanjuntak
Lusi Rachmawati
Donna Harun
-
  • 1 Babak Wild Card dan Babak 4 Besar (Menggantikan Juri Vokal)
  • 2 Babak 5 besar (Menggantikan Juri Aksi Panggung)
  • 3 Babak 10 Besar (Menggantikan Juri Aksi Panggung)

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Musim Pemenang Nama Panggilan
Pertama, 2007
Paramytha Lestari Mulyarto
Mytha
Kedua, 2008
Maria Anggreini Grace Kelly Habeahan
Maria
2009
-
Ketiga, 2010
Inka Mayang Marindra
Inka

Babak-babak[sunting | sunting sumber]

Mamamia Show
Peserta Mamamia
disertai tanggal eliminasi
Musim Pertama (2007)
Paramytha Lestari Mulyarto Pemenang
Margareth Siagian Juara 2
Fiersha Hanifah Juara 3
Ajeng Dwi Astiani Kesepuluh
Rebecca Louis Quinto Kesembilan
Nadya Rafika Kedelapan
Ribka Maria Wijaya Ketujuh
Ratu Lubis Keenam
Dwi Afianti Kelima
Cinta Guitarini Keempat
Marsheilla Ketiga
Disti Rengganis Kedua
Savira Salsabilla Pertama
Musim Kedua (2008)
Maria Grace Pemenang
Williana Saraswati Juara 2
Shelly Olivia Juara 3
Brenda Rachel Giovanka Bolang Keduabelas
Siti Afira Mustika (Wildcard) Kesebelas
Stevanie Lumbangaol Kesepuluh
Mutiara Nurul Andini Kesembilan
Vanya Pranashinta Kedelapan
Dio Anisa Hapsari Ketujuh
Dara Rizki Ruhiana Keenam
Feby Marcelia Kelima
Jeliani Fransiska Keempat
Amalia Sri Widayanti Ketiga
Wahyu Anggita Pebriyanti Kedua
Lidya Kielenstein Pertama
Musim Ketiga (2010)
Inka Mayang Marindra Pemenang
Putri Rama N. Siagan (Wildcard) Juara 2
Ingga Mawardy Juara 3
Nona Noana Katarina Kesepuluh
Nindy Kesembilan
Intan Chaerunisa Kedelapan
Selvi Isti Afriani Ketujuh
Hanna Arlata Keenam
Vebby Palwinta Sheripandaby Kelima
Tari Keempat
Lisca Ketiga
Enissita Ninditya Mahesaba Kedua
Maria Bella Natalia Pertama


Audisi[sunting | sunting sumber]

Audisi berlangsung dari kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Dan berakhir di Jakarta. Babak pertama audisi yang bertindak sebagai juri adalah orang-orang yang bekerja di Sony BMG. Setelah dinyatakan maju ke babak audisi selanjutnya, kontestan akan berhadapan dengan 4 Eksekutor Mamamia Show.

Pada musim pertama, terdapat 2.000 orang yang mendaftar dan audisi Mamamia Show. Jumlah pun bertambah pada musim kedua, yaitu 5.000 orang. Eksekutor yang ingin audisi diharuskan Warga Negara Indonesia bersama mamanya. Kontestan harus berumur di antara 13 sampai dengan 17 tahun. Hasilnya, banyak anak SMP yang berhasil menembus 13 Besar pada musim pertama, dan 15 Besar pada musim kedua.

Kontestan yang akan mengikuti audisi harus membawa tanda pengenal seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Pelajar, Paspor, atau SIM. Serta membawa formulir yang telah diisi dari situs resmi Mamamia Show, atau dari majalah dan koran. Kontestan tidak diperbolehkan mengikuti audisi apabila sedang terikat kontrak dengan perusahaan lain atau sedang mempunyai kontrak rekaman, tetapi diperbolehkan jika mempunyai kontrak rekaman di masa lampau dan telah berakhir masa kontraknya.

Mamamia Goes 2[sunting | sunting sumber]

Peserta yang dinyatakan lolos tahap Audisi akan mendapat Golden Ticket untuk melaju kebabak Mamamia Goes 2. Dimana dalam babak ini, peserta dibagi menjadi beberapa grup untuk tampil setiap hari dan dinilai juri votelock secara langsung. Musing pertama (2007) dan ketiga (2010) menampilkan 30 calon finalis yang dibagi menjadi 5 grup setiap harinya, musim ke dua 42 calon finalis menjadi 7 grup. Peserta dengan 2 nilai tertinggi akan masuk ke babak Mamamia Show. Dalam musim ketiga (2010), sebelum melaju ke abbak Mamamia Goes 2, 70 finalis yang lolos Audisi sebelumnya disaring melalui babak Mamamia C'Mon Baby.

Play Off/Wildcard[sunting | sunting sumber]

2007[sunting | sunting sumber]

Pada mulanya, Mamamia Show hanya mencari 10 finalis pasangan mamamia saja. Namun karena melihat bakat yang besar namun yang gagal melaju ke babak Mamamia Show, pihak Indosiar kembali menyaring ke 15 calon finalis yang telah tersisih dan membaginya kedalam 3 grup. Tiap grup akan tampil setiap harinya, dan satu finalis dnegan nilai tertinggi akan mendapat satu tiket ekstra ke babak Mamamia Show. Di hari pertama, Mamamia Play Off meloloskan pasangan Anti dan Mama Ella, kemudian Cinta dan Mama Dian serta Sheila dan Mama Irma di hari berikutnya

2008[sunting | sunting sumber]

Berbeda dari musim pertama (2007), peserta Play Off adalah calon finalis yang berada di posisi ke 3 saat babak Mamamia Goes 2. Karena dalam Goes 2 sudah terpilih 14 pasang mamamia, maka dalam musim ke dua (2008) hanya memiliki 1 tiket ekstra untuk melaju ke babak Mamamia Show. Dari ke 7 calon finalis, babak Wild Card akhirnya meloloskan Brenda dan Mama Esty yang menjadi peserta favorit dewan juri.

2010[sunting | sunting sumber]

Pada musim ini kembali memakai format 13 peserta yang lolos ke Mamamia Show. Namun dalam babak Play Off/ Wildcard, 3 tiket diperebutkan dengan cara yang berbeda. Tiket pertama didapatkan oleh Intan karena dia menduduki poin tertinggi di antara urutan ke 3 saat babak Mamamia Goes 2, yaitu 81. Tiket kedua didapat oleh Vebby, yang berhasil mengalahkan Gaby melalui satu tantangan, dimana keduanya merupakan urutan ke 2 tertinggi dalam Goes 2 namun mendapatr nilai yang sama, 76. Satu tiket terakhir didapat Selvi melalui pilihan Indosiar secara langsung

Mamamia Show[sunting | sunting sumber]

Babak ini akan berlangsung setiap minggunya. Finalis akan tampil menyanyi membawakan lagu-lagu berbahasa Indonesia dan dikomentari oleh Dewan Eksekutor yang akan menilai mereka dari segi Vokal, Fashion, Aksi Panggung dan Manajerial. Di akhir acara akan dipilih 3 finalis dengan penampilan paling lemah untuk dinilai juri votelock. Peserta dengan nilai terkecil akan secara otomatis tereksekusi.

Mamamia Show Zona Kritis[sunting | sunting sumber]

Sesi ini ditayangkan seusai penampilan para kontestan di babak Mamamia Show. Pada sesi ini 3 finalis yang masuk dalam Zona Kritis, dipilih oleh dewan juri, diberi tantangan oleh pembawa acara. Kesiapan mama dalam menjawab tantangan menjadi penilaian vote lock .

Mamamia Show Zona Nominasi[sunting | sunting sumber]

Dalam Mamamia Show 2010, diberlakukan sistem baru . Berbeda pada dua musim Mamamia Show yang lalu. Zona Nominasi adalah hak eksekutor untuk memilih peserta dengan penampilan terbaik lolos dan menjadi salah satu peserta di zona tersebut. Zona terdapat pada konser Wildcard. Pada minggu ke-10 Mamamia Show 2010 (Wildcard) , terdapat sembilan peserta yang sudah tereksekusi, dari penampilan mereka, eksekutor memilih empat peserta yang dianggap pantas untuk masuk kedalam Zona Nominasi. Dalam Zona Nominasi, peran sang mama ditunjukkan untuk meloloskan putri mereka untuk kembali bersaing dan masuk ke Mamamia Show Konser. Setelah mengumpulkan hasil votes, Bella dan Mama Yanti mendapatkan 62 votes, Selvi dan Mama Nendra 58 votes, Intan dan Mama Eci 78 votes, dan peserta yang mendapatkan satu tiket wildcard dari Zona Nominasi adalah Putri dan Mama Iton dengan 80 votes.

Grand Final[sunting | sunting sumber]

3 orang peserta yang tersisa akan bertanding dibabak ini. Dengan menyanyikan 3 buah lagu. Musim pertama (2007), sesi awal membawakan lagu slow dan lagu beat, sesi terakhir membawakan satu lagu festival dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Musim kedua (2008) sesi awal membawakan lagu Duet dan lagu Rock, sesi terakhir membawakan lagu festival dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Rintisan Tiap Musim[sunting | sunting sumber]

Musim Pertama (2007)[sunting | sunting sumber]

Di musim ini, terdapat 13 orang finalis. Album Kompilasi Finalis di musim ini adalah Selalu Bersama dengan lagu andalan Lagu Bahagia yang dinyanyikan oleh Mytha, sang juara. Mamamia Show pertama menjadi Mamamia Show Musim Terbaik sepanjang sejarah pelaksanaan Mamamia Show. pemenang mendapat $100.000,-

Musim Kedua (2008)[sunting | sunting sumber]

Mamamia Show musim kedua ini dimenangkan oleh Maria mengalahkan Williana dan Via. Sebelumnya, audisi Mamamia Show musim kedua ini di selenggarakan di 2 kota, diantaranya Jakarta , dan Surabaya. Di musim kedua ini, Sophia Latjuba digantikan oleh pembawa acara baru yang akan menemani Arzetti Bilbina, Ahmad Dhani, dan Helmy Yahya. Yaitu Ivan Gunawan. Musim kedua ditayangkan mulai tanggal 10 Maret hingga 25 Juli 2008. Mamamia Show Musim Kedua adalah Mamamia Show terburuk kedua sepanjang sejarah.

Musim Ketiga (2010)[sunting | sunting sumber]

Mamamia Show kembali lagi setelah berhenti 1 tahun pada 2009. Mamamia Show musim ketiga diselenggarakan pada 2010. Pada musim ini, posisi Helmi Yahya, Vina Panduwinata dan Arzetti Bilbina sebagai juri digantikan oleh Benny Simanjuntak, Lusi Rachmawati dan Donna Harun. Acara ini masih dibawakan oleh Ruben Onsu. Yang memenangkan Mamamia 2010 adalah Inka dan Mama Maryati dari Lampung. Mamamia Show Musim Ketiga dinilai sebagai Mamamia Show terburuk sepanjang sejarah, terlihat dari ratingnya yang sangat jauh terpuruk.

Musim Keempat (2014-15)[sunting | sunting sumber]

Mamamia Show kembali lagi digelar pada 2014. Audisi mulai digelar pada Agustus-September 2014.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Mamamia Show 2007

  • Musim pertama, Ajeng dan Ecca adalah 2 peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dalam babak Mamamia Goes 2, 94 votes, disusul oleh Fiersha 93
  • Mytha adalah finalis yang mendapatkan nilai terkecil saat lolos di babak Mamamia Goes 2, yakni 56 votes.
  • Dua finalis yang mencuri perhatian di minggu awal adalah Ajeng dan Fiersha, keduanya menjadi sorotan karena Ajeng merupakan seorang pengamen dan Fiersha memiliki kekurangan, ia seorang tunanetra
  • Pada awalnya hanya 10 finalis mamamia saja yang terpilih melalui babak Goes 2, namun karena melihat banyak bakat terpendam yang tersisih indosiar mengadakan babak wild card / Play Off dimana pada akhirnya memilih Sheila, Cinta dan Anti untuk melengkapi ke 13 finalis
  • Istilah MERINDING DISKO , yang berarti berpenampilan "luar biasa", pertama kali diucapkan Ahmad Dhani saat mengomentari Disti saat dia menyanyikan Aku Baik Baik Saja (Ratu)
  • Istilah "Berpenampilan Ekstra" dibuat pada minggu ke 2 (Top 12) dimana Dewan Eksekutor memilih peserta dengan penampilan terbaik, Margareth adalah peserta yang mendapat predikat "Berpenampilan Ekstra" untuk yang pertama kali. Mytha adalah finalis dengan predikat Ekstra terbanyak (5 kali, minggu ke-4, minggu ke-7, minggu ke-9, minggu ke-11 dan malam final) disusul Margareth (4 kali esktra)
  • Nadya ADALAH peserta yang memiliki rekor paling banyak masuk ke zona kritis namun selalu lolos sebelum akhirnya tereksekusi, yaitu 6 kali. Sedangkan Vira, Disti dan Anti adalah finalis yang langsung tersisih begitu masuk zona eksekusi
  • Mama Nanie, mama dari Ribka saat minggu ke-6, saat pertama kali masuk 3 terbawah mendadak pingsan dan mengalami kejang. Namun itu tidak membuat mereka tereksekusi, dan di penampilan minggu berikutnya mereka yang tereksekusi.
  • Finalis yang selamat dari zona ktiris dengan nilai tertinggi adalah Margareth (82 vites) sedang nilai terkesil saat tereksekusi adalah Vira

(40 votes)

  • Pada minggu ke-9, babak 5 besar tidak mengadakan eliminasi, semua peserta dinilai oleh juri votelock dimana Margareth mendapat dinali terkecil (55 suara) dan Mytha mendapat nilai tertinggi (83 suara, dan dinyatakan sebagai putri berkenampilan ekstra)
  • Pada saat final execution (Top 4), dimana tiga peserta yang masuk zona kritis adalah Margareth, Ajeng dan Fiersha, ternyata saat vote Ajeng dan Fiersha mendapatkan voting yang sama dari juri votelock yakni 54 votes. Setelah di beri satu tantangan, pada akhirnya Ajeng yang tereksekusi karena mendapat 52 votes, sementara Fiersha mendapat 56 votes.
  • Mama Saidah, mama dari Margareth tidak puas hati akan kemenangan Mytha. Pada saat usai Grand Final, Mama Saidah merasa Mytha tidak pantas menang, ia menganggap Mytha hanya ahli di lagu-lagu jazz, sedangkan Margareth mampu segala macam jenis lagu.
  • Fiersha sempat bermain FTV di MNCTV
  • Mytha mengeluarkan album dan lagunya menjadi soundtrack sinetron Arti Sahabat

Mamamia Show 2008

  • Ada 15 finalis terpilih, 14 dipilih melalui babak Goes 2 dan satu melalui babak Play Off
  • Fira adalah finalis dengan nilai tertinggi saat lolos babak Goes 2 (94 votes), disusul oleh Via (89 votes)
  • Lidya adalah finalis yang mendapatkan nilai terkecil saat lolos di babak Mamamia Goes 2, yakni 79 votes.
  • Pada saat babak Goes 2, saat pertama kali melihat Dara, musisi Ahmad Dhani menjanjikan Dara untuk mengontraknya begitu Dara tidak menjadi juara. Hal tersebut terbukti ketika Dara kini berada di duo The Virgin
  • Ada dua peserta yang dinilai mirip dengan Mulan Jameela. Ahmad Dhani berkomentar bahwa Feby salah seorang peserta yang mirip sekali dengan sosok Mulan Jameela. Sedangkan Dara, peserta lainnya yang dianggap komentator memiliki vokal dan aksi panggung mirip dengan Mulan Jameela.
  • Ada dua peserta yang memiliki nama dengan pelafalan yang sama, yaitu Feby dan Febi.
  • Vanya, Brenda, Dio dan Muti adalah peserta yang memiliki rekor paling banyak masuk ke zona kritis, yaitu 4 kali. Sedangkan Via adalah satu satunya finalis yang tidak pernah masuk ke Zona Kritis sebelum babak 5 besar
  • Pada minggu ke-11 setelah 5 besar terpilih, Mamamia mengadakan konser wild card untuk memilih 1 dari 7 finalis yang telah tersisih untuk kembali berkompetisi, Fira yang dua munggu sebelumnya tereliminasi lolos dan akhirnya berada di posisi ke- 5
  • Pada musim ini tidak diadakan istilah "Penampilan Estra" namun pada babak 5 besar diadakan "Golden Ticket". Finalis dengan nilai tertinggi pada sesi awal berhak mendapatka preevillage pada saat babak akhir.
  • Dara menjadi kontestan pertama Mamamia yang sukse , setelah membuat grup vocal The Virgin milik Ahmad Dhani , dan kepopulerannya mengalahkan seluruh finalis Mamamia bahkan AFI
  • Feby merilis album dengan bantuan tangan dingin dari Beby Romeo dan menjadi bintang sinetron Cinta Cenat Cenut 2
  • Williana menjadi pemeran utama sinetron musikal ISKUL di RCTI


Mamamia Show 2010

  • Terdapat 13 Finalis dengan konsep pemilihan seperti musim pertama. 10 dipilih melalui babak Goes 2 dan 3 melalui babak wild card.
  • Tari adalah finalis tunanetra ke dua setelah Fiersha.
  • Selvi adalah finalis dengan nilai tertinggi saat lolos babak 70 besar (Mamamia C'mon baby) (94 votes), sedang rekor tertinggi saat Babak Goes 2 dipegang oleh Nindy (91 votes)
  • Vebby adalah finalis yang mendapatkan nilai terkecil saat lolos di babak 70 besar, yakni 66 votes.
  • Di minggu pertama Mamamia Show 2010, ketika berada di Zona Kritis, Vebby mendapatkan poin 69 dari juri votelock, sedangkan Hanna dan Bella mendapatkan nilai yang hampir berimpit yaitu 66 dan 65 (hanya terpaut satu poin)dan Bella dinyatakan gugur.
  • Vebby merupakan finalis yang dari pertama babak Mamamia Show 2010 masuk zona kritis hingga lima kali berturut-turut sampai dia tereksekusi di sembilan besar.
  • Pada minggu ke-10 setelah 4 besar terpilih, Mamamia mengadakan konser wild card untuk memilih 1 dari 9 finalis yang telah tersisih untuk kembali berkompetisi, Putri dan Mama Iton yang dua minggu sebelumnya tereksekusi, lolos dan kembali tampil bersama 4 finalis yang masih bertahan dan menjadi 5 besar yang sesungguhnya.

Album[sunting | sunting sumber]

Album Kompilasi Peserta[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Award Kategori Hasil
2009 Panasonic Awards 2009 Program Musik/Variety Show Menang
2011 Panasonic Gobel Awards 2011 Program Pencarian Bakat Nominasi

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Mamamia Show Musim Pertama
Mytha | Margareth | Fiersha | Ajeng | Ecca | Nadya | Ribka | Ratu | Anti | Cinta | Sheilla | Disti | Vira
Mamamia Show Musim Kedua
Maria | Williana | Via | Brenda | Fira | Vanie | Muti | Vanya | Dio | Dara | Feby | Nini | Amel | Febi | Lidya
Mamamia Show Musim Ketiga
Inka | Putri | Ingga | Nona | Nindy | Intan | Selvi | Hanna | Vebby | Tari | Lisca | Enissita | Bella