Olimpiade Musim Panas 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Olimpiade Beijing 2008)
Langsung ke: navigasi, cari
Olimpiade Beijing 2008
Games of the XXIX Olympiad
Logo Olimpiade Beijing 2008
Motto:
"同一个世界同一个梦想 —
Tong Yige Shijie, Tong Yige Mengxiang"
"Satu Dunia, Satu Impian"
Tuan rumah Bendera Republik Rakyat Tiongkok Beijing, RRT
Jumlah negara peserta 204 NOC
Jumlah atlet 11.028[1]
Jumlah pertandingan 302 dari 28 cabang
Upacara pembukaan 8 Agustus 2008
Upacara penutupan 24 Agustus 2008
Dibuka oleh Presiden Hu Jintao
Janji atlet Zhang Yining
Janji wasit Huang Lipei
Pembawa obor Li Ning
Stadion Stadion Nasional Beijing

Olimpiade Musim Panas 2008, secara resmi dikenal sebagai Games of the XXIX Olympiad (pertandingan Olimpiade ke-29) adalah ajang olahraga internasional yang diadakan di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, dari 8 Agustus (kecuali sepak bola yang dimulai pada 6 Agustus) hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08:08:08 (8 malam lewat 8 menit dan 8 detik – angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa). Beberapa pertandingan, termasuk sepak bola, layar, dan berkuda diadakan di kota-kota Cina lainnya. Dengan dilaksanakannya pertandingan berkuda di Hong Kong, ini menandakan kedua kalinya Olimpiade edisi yang sama dituan-rumahi oleh dua Komite Olimpiade Nasional.

Logo resmi pertandingan, berjudul "Beijing Menari", dibentuk berdasarkan karakter kaligrafi "jing", merujuk kepada kota tuan rumah Beijing. Maskot Beijing 2008 adalah lima Fuwa (Hanzi: 福娃; Pinyin: Fúwá; secara harafiah bermakna "boneka-boneka keberuntungan"), masing-masing menggambarkan satu warna pada cincin Olimpiade. Moto Olimpiade 2008 adalah "Satu Dunia, Satu Impian". Olimpiade Beijing terdiri atas 302 pertandingan dari 28 cabang olahraga, hanya satu pertandingan lebih banyak daripada Olimpiade Athena 2004.

Selama 16 hari tayangan NBC di Amerika Serikat, telah menjadi program televisi yang paling diminati, dengan total 211 juta penonton berdasarkan survei Nielson Media Research, 2 juta lebih banyak dibandingkan Olimpiade Atlanta 1996, pemegang rekor sebelumnya.[2]

Proses pemilihan tuan rumah[sunting | sunting sumber]

Beijing terpilih sebagai kota tuan rumah pada 13 Juli 2001, pada Sidang IOC ke-112 di Moskwa, mengalahkan Toronto, Paris, Istanbul dan Osaka. Menjelang sidang, lima kota lain juga mengajukan penawaran kepada IOC tetapi gagal dalam membuat shortlist (dalam kasus ini, gagal dipilih atau memenuhi kuota dari seluruh peserta Sidang IOC yang hadir) pada tahun 2000 (Bangkok, Kairo, Havana, Kuala Lumpur dan Sevilla). Setelah putaran pertama pemilihan suara, Beijing memiliki suara yang signifikan dibandingkan empat calon lainnya.

Hasil Perhitungan Suara Olimpiade Musim Panas 2008
Kota
Putaran 1
Putaran 2
Bendera Republik Rakyat Tiongkok Beijing 44 56
Bendera Kanada Toronto 20 22
Bendera Perancis Paris 15 18
Bendera Turki Istanbul 17 9
Bendera Jepang Osaka 6

Setelah memenangkan pencalonan, Li Lanqing, wakil perdana menteri Republik Rakyat Tiongkok, mendeklarasikan "Kemenangan pencalonan Olimpiade 2008 adalah sebuah contoh pengakuan internasional atas kestabilan sosial, progres ekonomi dan sehatnya hidup rakyat Cina. Beijing sebelumnya mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2000 tetapi dikalahkan Sydney pada tahun 1993 pada penawaran final.

Pengembangan dan persiapan[sunting | sunting sumber]

Tempat pertandingan[sunting | sunting sumber]

Pemerintah RRT berinvestasi dalam renovasi dan pembangunan 49 gelanggang olahraga dan stadion serta 59 pusat latihan. Karya arsitektural terbesarnya adalah Stadion Nasional Beijing, Stadion Tertutup Nasional Beijing, Pusat Akuatika Nasional Beijing, Olympic Green Convention Centre, Olympic Green dan Pusat Kebudayaan & Olahraga Wukesong Beijing. 2,1 milyar dolar A.S. (RMB 17,4 miliar) dalam penawaran-penawaran dan tender-tender korporat membiayai hampir 85 persen biaya konstruksi untuk enam tempat pertandingan utama. Investasi diperoleh dari perusahaan-perusahaan yang mencari hak-hak kepemilikan setelah Olimpiade Musim Panas 2008. Beberapa tempat pertandingan akan dimiliki dan dikuasai oleh Administrasi Umum urusan Olahraga Negara, yang akan menggunakan tempat-tempat pertandingan tersebut setelah Olimpiade sebagai fasilitas-fasilitas untuk tim-tim dan pertandingan-pertandingan olahraga nasional di masa mendatang.

Pada 8 Juli 2005, diumumkan bahwa pertandingan berkuda akan diselenggarakan di Hong Kong akibat ketidakpastian penyakit-penyakit kuda dan kesulitan-kesulitan besar dalam mendirikan kawasan bebas penyakit. Lima tempat pertandingan yang berlokasi di luar Beijing adalah di Qingdao, Hong Kong, Tianjin, Shanghai dan Qinhuangdao.

Menurut Times Online Inggris, lebih dari 300.000 rumah digusur dan warga-warganya direlokasikan untuk kepentingan pembangunan dalam persiapan Olimpiade 2008. Polisi Beijing menahan banyak orang yang memprotes pengusiran.

Stadion Nasional Beijing[sunting | sunting sumber]

Pusat perhatian Olimpiade Musim Panas 2008 adalah pembangunan Stadion Nasional Beijing, yang mulai dibangun pada 24 Desember 2003. Pejabat-pejabat pemerintah menyatukan arsitek-arsitek dari seluruh dunia dalam sebuah kompetisi perancangan. Sebuah perusahaan Swiss, Herzog & de Meuron Architekten AG, berkolaborasi dengan China Architecture Design & Research Group memenangi kompetisi. Stadion nasional memiliki ciri-ciri kerangka semen seperti anyaman membentuk mangkuk stadion, yang akan mampu menampung 80.000 orang. Arsitek mulanya menggambarkan rancangan keseluruhan menyerupai sebuah sarang burung dengan sebuah bulatan menyerupai mata - sebuah lubang dengan atap yang dapat dilepas-lepas di atas stadion tetapi pada 2004, rancangan bagian atap ditinggalkan atas alasan biaya dan keamanan. Stadion Nasional Beijing menjadi lokasi Upacara Pembukaan dan Upacara Penutupan serta sebagai tempat pelaksanaan kegiatan atletik dan untuk pertandingan final sepak bola.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pemasaran Olimpiade Beijing 2008 dilakukan sejak Beijing diumumkan berhak menjadi tuan rumah olimpiade musim panas 2008 pada tahun 2001.

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Olimpiade Beijing 2008 ditayangkan ke seluruh dunia oleh sejumlah stasiun televisi. Pemegang hak tayang termasuk:

Pembuatan undang-undang Olimpiade[sunting | sunting sumber]

Otoritas kotamadya Beijing mendeklarasikan pada 10 April 2006, bahwa lebih dari 70 undang-undang dan peraturan lokal akan dibuat sebelum Olimpiade Musim Panas 2008. Peraturan-peraturan dan undang-undang ini termasuk pengusiran warga setempat yang tidak mempunyai Hukou Beijing; pengusiran gelandangan, pengemis dan orang-orang dengan penyakit mental dari Beijing; memperkuat kontrol perbatasan; paksaan 'hari libur khusus', atau paksaan pencegahan untuk membuat warga Beijing tetap berada di rumah selama Olimpiade berlangsung; memperkuat kontrol atas orang-orang RRT dan LSM asing; dan melarang protes-protes apapun. Pemerintah juga telah memperkuat undang-undang yang berhubungan dengan penuntutan oleh mereka yang dipertimbangkan akan menyebarkan materi-materi yang kurang menguntungkan bagi negara.

Transportasi umum[sunting | sunting sumber]

Dalam persiapan untuk Olimpiade Musim Panas 2008, sistem kereta bawah tanah Beijing diekpansi besar-besaran yang lebih dari melipatgandakan ukuran sekarang. Sistem yang mulanya terdiri atas empat jalur dan 64 stasiun ditambah 7 jalur dan lebih dari 80 stasiun baru, termasuk akses langsung ke Bandar Udara Internasional Ibu kota Beijing. Kebanyakan telah dipersiapakan untuk dibuka pada 30 Juli 2008, hanya lebih dari 1 minggu menjelang pembukaan Olimpiade.

Sementara itu, Beijing juga memiliki 38 rute transit publik resmi yang akan menghubungkan tempat-tempat pertandingan. Pada saat Olimpiade, 2.500 bus ukuran besar dan 4.500 bus mini dioperasikan dengan 8.000 sopir untuk mengangkut penumpang dari dan ke tempat-tempat pertandingan. Menjelang pertandingan, transportasi umum dioptimalkan dalam upaya mengurangi 110 rute sekarang yang tumpang tindih.

Pada Januari 2007, BOCOG mengumumkan bahwa gerbong-gerbong kereta bawah tanah akan dipasangi layar video yang akan menunjukan berita dan pertandingan terakhir selama masa Olimpiade. Selain itu, transmitter sinyal telepon genggam akan dipasang sehingga semua orang dapat tetap menggunakan alat komunikasi mereka di stasiun kereta bawah tanah maupun di bawah tanah.

Estafet obor[sunting | sunting sumber]

Estafet obor Olimpiade Beijing 2008

Dua puluh delapan kota di dunia terpilih untuk menerima tahap global-tour obor mengelilingi dunia (the torch's tour around the world)- estafet Api Olimpiade. Selain itu, 78 kota menerima obor dalam tahap domestik melalui RRT.

Dipersembahan kepada IOC di Moskwa adalah rencana untuk rute estafet obor yang akan mengambil api Olimpiade melalui situs-situs megah peradaban kuno -Yunani, Italia, Mesir, Irak, Iran, India dan akhirnya RRT- meskipun rute melalui Timur Tengah tidak dijamin dikarenakan iklim politik di wilayah tersebut. Estafet obor Olimpiade Musim Panas 2008 akan mencapai rekor dunia atas delapan puluh pendaki gunung terlatih akan membawa api Olimpiade ke puncak Gunung Everest (dikenal oleh orang Tibet sebagai Chomolangma), membuatnya sebagai pencapaian prestasi dengan ketinggian tertinggi dalam sejarah estafet obor Olimpiade. Liu Qi, presiden Komite Pelaksana Olimpiade Beijing 2008, juga telah mengungkapkan harapan bahwa estafet obor akan dibawa melalui Taiwan. Keseluruhan rangkaian estafet obor harus mengambil api Olimpiade dari Athena pada Maret 2008 melalui pegunungan Himalaya ke Beijing dan akan disponsori oleh raksasa minuman ringan, The Coca-Cola Company di samping raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung.

Estafet obor ini dimulai dengan dinyalakannya api obor di Olympia pada 24 Maret 2008. Dari situ obor dibawa melintasi Yunani dan tiba di Beijing pada 31 Maret. Kemudian dari Beijing obor dibawa mengunjungi kota-kota dunia, termasuk kota-kota dalam Jalur Sutra yang melambangkan hubungan antara Cina dengan dunia pada zaman dahulu. Setelah itu barulah obor dibawa mengelilingi kota-kota di RRT sebelum tiba kembali di Beijing.

Obor Olimpiade tiba di Jakarta pada tanggal 22 April 2008. Semula direncanakan obor akan diarak di jalan-jalan. Tapi dalam pelaksanaannya obor hanya dibawa berkeliling Istora dan tertutup untuk umum, karena kekhawatiran akan terjadi demonstrasi.

Upacara pembukaan[sunting | sunting sumber]

Kembang api dilepas menjelang akhir upacara pembukaan Olimpiade Beijing 2008 di Stadion Nasional.

Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2008 diadakan di Stadion Nasional Beijing, dimulai pada pukul 08:08 pm CST (UTC+8), 8 Agustus 2008. Angka 8 berhubungan dengan arti kemakmuran dan kepercayaan diri dalam budaya bangsa Cina. Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2008 melibatkan sekitar 15.000 orang dan dihadiri oleh lebih dari 100 kepala negara atau pejabat tinggi negara. Jumlah kehadiran kepala negara dalam upacara pembukaan merupakan jumlah terbesar dalam sejarah Olimpiade.[4][5][6]

Panitia penyelenggara Olimpiade Musim Panas Bejing 2008 memilih sutradara Cina terkenal Zhang Yimou dan Zhang Jigang sebagai pengarah acara upacara pembukaan dan penutupan. Pada 2006 BOCOG (Komite Penyelenggara Olimpiade Beijing) memilih sutradara Steven Spielberg, Yves Pepin (pemimpin grup ECA2), dan Ric Birch (pengarah acara upacara pembukaan Olimpiade Sydney) sebagai konsultan khusus.[7] Pada Februari 2008, Spielberg mengundurkan diri sebagai tanda protes terhadap dukungan Cina terhadap pemerintah Sudan, yang menyebabkan kekerasan terus meningkat di wilayah Darfur.[8]

Upacara pembukaan Olimpiade 2008 menampilkan beberapa musisi seperti pianis Lang Lang (Cina), penyanyi sopran Sarah Brightman (Inggris), dan Liu Huan (Cina).

Berbeda dengan Olimpiade sebelum-sebelumnya, urutan defile negara peserta dalam Olimpiade Beijing tidak didasarkan pada abjad Latin, melainkan didasarkan pada aksara Cina nama negara yang bersangkutan. Lebih tepatnya, aksara yang dipakai adalah aksara Cina yang disederhanakan. Dalam aksara Cina yang disederhanakan, urutan abjad ditentukan berdasarkan jumlah sapuan kuas dalam membentuk huruf yang dimaksud. Semakin sedikit sapuan kuas, maka huruf tersebut semakin berada di urutan depan. Sebagai contoh Australia berada pada posisi hampir terakhir karena karakter pertama pada nama negara Australia (澳洲) memiliki 15 sapuan.

Mantan pesenam Cina Li Ning mendapat kehormatan untuk menyalakan api kaldron.

Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas Beijing 2008 mendapat pujian dari segala penjuru dunia dan disebut sebagai upacara pembukaan yang paling spektakuler dari seluruh upacara pembukaan Olimpiade yang pernah ada.[9][10]

Kontroversi adegan berpura-pura menyanyi[sunting | sunting sumber]

Lagu Ode to the Motherland yang dinyanyikan pada saat pembukaan seharusnya dinyanyikan oleh seorang gadis cilik berumur 7 tahun yang bernama Yang Peiyi, akan tetapi yang muncul adalah gadis cilik lainnya yang bernama Lin Miaoke, walaupun yang menyanyi adalah Yang Peiyi. Lin Miaoke yang berumur 9 tahun hanya melakukan adegan berpura-pura menyanyi (lipsync) yang oleh ofisial dikarenakan Yang Peiyi "tidak cukup cantik". Pengurus yang berwewenang juga mengatakan bahwa hal tersebut adalah demi kesempurnaan acara pembukaan olimpiade [11][12]

Upacara penutupan[sunting | sunting sumber]

Upacara penutupan Olimpiade Musim Panas Beijing 2008 dilakukan di Stadion Nasional Beijing, yang dikenal dengan nama 'Sarang Burung' (en: Bird's Nest).[13] Sutradara China, Zhang Yimou ditunjuk sebagai pengarah acara dalam upacara penutupan Olimpiade kali ini. Upacara penutupan dimulai pada pukul 20:00 waktu setempat (UTC+8) pada 24 Agustus 2008.

Dalam upacara penutupan juga menampilkan beberapa musisi seperti:

Upacara juga termasuk serah terima bendera Olimpiade dari Beijing ke London. Guo Jinlong, walikota Beijing menyerahkan bendera Olimpiade kepada Boris Johnson, walikota London, yang diikuti dengan penampilan dari LOCOG (London Organising Committee for the Olympic Games).

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Program pertandingan-pertandingan untuk Olimpiade Musim Panas 2008 Beijing sangat mirip dengan Olimpiade Athena 2004. Olimpiade Musim Panas 2008 melihat kembalinya 28 olahraga dan menyelenggarakan 302 pertandingan (165 pertandingan pria, 127 pertandingan wanita dan 10 pertandingan campuran), hanya satu lebih banyak daripada di Athena.

Sembilan pertandingan baru diselenggarakan, meliputi dua dari peraturan baru bersepeda oleh BMX. Wanita berkompetisi dalam pacuan kuda 3000m berintangan untuk pertama kalinya. Dan juga, pertandingan berenang maraton untuk pria dan wanita, untuk jarak lebih dari 10 kilometer, ditambahkan dalam peraturan berenang. Pertandingan beregu (pria dan wanita) dalam tenis meja menggantikan pertandingan ganda. Dalam anggar, foil tim wanita dan sabre (pedang) tim wanita menggantikan foil tim pria dan epee tim wanita.

Bisbol dan sofbol diselenggarakan untuk terakhir kalinya di Beijing - keduanya dicoret dari daftar cabang olahraga Olimpiade London 2012.[14]

Sebagai tambahan kepada olahraga-olahraga Olimpiade yang populer, beberapa video gamer berbicara kepada pemerintah RRT agar diperbolehkannya video game mereka sebagai demonstrasi olahraga dalam pertandingan-pertandingan tersebut. Demonstrasi pertandingan belum diadakan pada Pertandingan Olimpiade manapun (Musim Panas atau Musim Dingin) sejak 1992. Dari Juni 2006, belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai hal ini.

Pada 7 Agustus 2006, sehari sebelum 2 tahun perhitungan mundur Olimpiade Musim Panas 2008 Beijing, Komite Pelaksana Beijing meluncurkan piktogram 35 cabang olahraga Olimpiade. Setiap piktogram dirancang supaya orang-orang dari berbagai negara di dunia dapat mengenali olahraga-olahraga yang akan diadakan di Olimpiade. Seperangkat ikon olahraga ini dinamakan 'the beauty of seal characters' (keindahan karakter stempel/cap), disebut demikian karena setiap piktogram menyerupai naskah stempel orang Tionghoa.

Daftar olahraga[sunting | sunting sumber]

Daftar cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Beijing 2008 beserta jumlah pertandingan untuk setiap cabang olahraga (diindikasikan di dalam kurung).

Perolehan medali[sunting | sunting sumber]

Medali Olimpiade Beijing 2008

Medali yang akan dibagikan kepada para pemenang Olimpiade Beijing 2008 juga unik karena di bagian belakang ke-3030 medali tersebut dipasangi cincin giok untuk melambangkan kebudayaan nasional. Desain yang dibuat oleh Profesor Hang Hai tersebut telah disetujui oleh komite penyelenggara Olimpiade 2008.

Komite Olimpiade Internasional memberikan dua syarat untuk desain medali Olimpiade. Yang pertama adalah bahwa desain tersebut haruslah unik, kedua bahwa desain tersebut harus memiliki karakteristik negara tempat Olimpiade berlangsung. Giok yang digunakan berasal dari penambangan di Kunlun karena di sana ditemukan material giok dalam jumlah besar yang bermutu bagus. Karena ada tiga macam giok yang akan dibuat (untuk medali emas, perak, dan perunggu), maka untuk keseluruhan medali yang akan dibagikan giok-giok tersebut harus kurang lebih bewarna yang sama sehingga tidak terjadi kesenjangan antara penerima medali yang sama satu dengan yang lain. Hambatan lain yang dihadapi adalah kesulitan untuk menempelkan giok yang keras dan mudah pecah ke permukaan logam mulia. Sejak diumumkannya keputusan menggunakan giok Kunlun, harga giok tersebut di pasaran langsung naik. Giok-giok tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke pusat kerajinan giok di kota Yangzhou. [1]

Negara-negara yang mentorehkan sejarah dalam Olimpiade kali ini antara lain Mongolia, Afganistan, dan Togo yang memperoleh medali mereka yang pertama, dan dalam kejuaraan individual atlet India, Panama, dan Bahrain memperoleh emas mereka yang pertama[15]. Michael Phelps dari Amerika Serikat menjadi Olimpiawan yang memperoleh medali terbanyak sepanjang sejarah, paling banyak merebut medali pada satu Olimpiade, dan paling banyak memecahkan rekor pada Olimpiade. Usain Bolt dari Jamaika menjadi orang tercepat di dunia setelah memecahkan rekor dunia pada lari 100 meter dan 200 meter, dan Jamaika juga menyabet emas dalam lari wanita 100 meter dan 200 meter. Selain itu 40 atau lebih rekor dunia telah dipecahkan yang merupakan yang terbanyak[16]

Berikut adalah perolehan medali di Olimpiade Musim Panas Beijing 2008. Indonesia berada di posisi 42 dari 204 negara yang berlaga.[17]

Peringkat Negara Medali emas Emas Medali perak Perak Medali perunggu Perunggu Jumlah medali
1  Tiongkok 51 21 28 100
2  Amerika Serikat 36 38 36 110
3  Rusia 23 21 28 72
4  Britania Raya 19 13 15 47
5  Jerman 16 10 15 41
6  Australia 14 15 17 46
7  Korea Selatan 13 10 8 31
8  Jepang 9 6 10 25
9  Italia 8 10 10 28
10  Perancis 7 16 17 40
11  Ukraina 7 5 15 27
12  Belanda 7 5 4 16
13  Jamaika 6 3 2 11
14  Spanyol 5 10 3 18
15  Kenya 5 5 4 14
16  Belarus 4 5 10 19
17  Rumania 4 1 3 8
18  Ethiopia 4 1 2 7
19  Kanada 3 9 6 18
20  Polandia 3 6 1 10
21  Hongaria 3 5 2 10
21  Norwegia 3 5 2 10
23  Brasil 3 4 8 15
24  Republik Ceko 3 3 0 6
25  Slowakia 3 2 1 6
26  Selandia Baru 3 1 5 9
27  Georgia 3 0 3 6
28  Kuba 2 11 11 24
29  Kazakhstan 2 4 7 13
30  Denmark 2 2 3 7
31  Mongolia 2 2 0 4
31  Thailand 2 2 0 4
33  Korea Utara 2 1 3 6
34  Argentina 2 0 4 6
34  Swiss 2 0 4 6
36  Meksiko 2 0 1 3
37  Turki 1 4 3 8
38  Zimbabwe 1 3 0 4
39  Azerbaijan 1 2 4 7
40  Uzbekistan 1 2 3 6
41  Slovenia 1 2 2 5
42  Bulgaria 1 1 3 5
42  Indonesia 1 1 3 5
44  Finlandia 1 1 2 4
45  Latvia 1 1 1 3
46  Belgia 1 1 0 2
46  Republik Dominika 1 1 0 2
46  Estonia 1 1 0 2
46  Portugal 1 1 0 2
50  India 1 0 2 3
51  Iran 1 0 1 2
52  Brunei 1 0 0 1
52  Kamerun 1 0 0 1
52  Panama 1 0 0 1
52  Tunisia 1 0 0 1
56  Swedia 0 4 1 5
57  Kroasia 0 2 3 5
57  Lituania 0 2 3 5
59  Yunani 0 2 2 4
60  Trinidad dan Tobago 0 2 0 2
61  Nigeria 0 1 3 4
62  Austria 0 1 2 3
62  Republik Irlandia 0 1 2 3
62  Serbia 0 1 2 3
65  Aljazair 0 1 1 2
65  Bahama 0 1 1 2
65  Kolombia 0 1 1 2
65  Kirgizstan 0 1 1 2
65  Maroko 0 1 1 2
65  Tajikistan 0 1 1 2
71  Chili 0 1 0 1
71  Ekuador 0 1 0 1
71  Islandia 0 1 0 1
71  Malaysia 0 1 0 1
71  Afrika Selatan 0 1 0 1
71  Singapura 0 1 0 1
71  Sudan 0 1 0 1
71  Vietnam 0 1 0 1
79  Armenia 0 0 5 5
81  Tionghoa Taipei 0 0 4 4
81  Afganistan 0 0 1 1
81  Mesir 0 0 1 1
81  Israel 0 0 1 1
81  Moldova 0 0 1 1
81  Mauritius 0 0 1 1
81  Togo 0 0 1 1
81  Venezuela 0 0 1 1
Total 302 303 353 958

Negara peserta[sunting | sunting sumber]

Prangko Olimpiade Beijing 2008
Prangko Olimpiade Beijing 2008
Prangko Olimpiade Beijing 2008
Prangko Olimpiade Beijing 2008

Sampai 2006, kepastian akan Komite Olimpiade Nasional (NOC) mana yang akan berpartisipasi pada Olimpiade 2008 tidak bisa dibuat. Sementara kebanyakan NOC berpartisipasi dengan rutin, situasi politik, keuangan dan lain-lain pada suatu negara dapat menyebabkan sebuah negara absen dari pertandingan, seperti kasus NOC pada Olimpiade Musim Dingin 2006. Beberapa NOC baru, termasuk Kepulauan Marshall dan Tuvalu, akan diterima pada saat Pertandingan 2008 dimulai. Sementara yang lainnya merencanakan untuk melepaskan ikatan politik, sehingga menciptakan NOC yang terpisah.

Kepulauan Marshall memperoleh status NOC pada Februari 2006 dan diharapkan keikutsertaannya pada Olimpiade Musim Panas 2008. Penerimaan Tuvalu adalah sebuah kesempatan terbuka mengingat negara tersebut mendirikan NOC menjelang tenggat waktu IOC. Tuvalu telah bertemu dengan presiden IOC Jacques Rogge, dan dia terlihat cukup puas, dan pada pertemuan IOC 2007, Tuvalu akan dipilih menjadi anggota tetap Olimpiade.

Negara Serbia dan Montenegro telah berpisah dengan penuh; warga Montenegro memilih dalam sebuah referendum untuk mengakhiri penyatuan politik mereka dengan Serbia pada Mei 2006. Dan juga, pada Juli 2007, Antillen Belanda akan dibubarkan, memberikan Curacao dan St. Marteen sebuah Status Aparte, status politik yang sama seperti yang telah dimiliki Aruba sejak tahun 1986. Bonaire, Saba dan St. Eustatius akan memiliki hubungan langsung dengan Belanda sebagai Pulau-Pulau Kerajaan.

Sebuah kantor berita Korea Selatan mengumumkan bahwa Korea Selatan dan Korea Utara telah mendiskusikan pengiriman sebuah tim bersatu untuk Olimpiade Musim Panas 2008. Kedua NOC telah bertemu dengan presiden IOC Jacques Rogge pada 5 September 2006 untuk mendiskusikan kemungkinan tersebut. Rencana tersebut kemudian gagal karena tiadanya kesepakatan antara komite Olimpiade kedua negara tersebut.

Pada 24 Juli 2008, IOC mengumumkan pelarangan keikut sertaan Irak karena adanya campur tangan pemerintah terhadap komite Olimpiade Irak,[18] namun sanksi ini dicabut seminggu kemudian setelah perwakilan Irak menjanjikan diadakannya pemilihan ulang anggota komite Olimpiade nasional yang bebas dari intervensi pemerintah.[19] Menjelang upacara pembukaan pada 8 Agustus, IOC mengumumkan pencoretan Brunei dari daftar peserta karena tidak mendaftarkan atletnya sampai batas waktu yang ditetapkan.[20]

Akhirnya 204 negara berpartisipasi dalam Olimpiade ini, 192 negara anggota PBB dan 10 "negara" kepulauan di Karibia, Palestina, Hong Kong, dan Taiwan, minus Brunei.[21]


Indonesia[sunting | sunting sumber]

Indonesia: Peraih medali
Medali Nama Cabang Nomor Hasil
Medali perunggu Eko Yuli Irawan Angkat besi 56 kg 288 kg
Medali perunggu Triyatno Angkat besi 62 kg 298 kg
Medali perunggu Maria Kristin Yulianti Bulutangkis Tunggal putri Juara ke-3
Medali emas Markis Kido dan Hendra Setiawan Bulutangkis Ganda putra Juara
Medali perak Nova Widianto dan Liliyana Natsir Bulutangkis Ganda campuran Runner-up

Indonesia mengirimkan 24 atlet yang berkompetisi dalam tujuh cabang olahraga: atletik, bulu tangkis, panahan, angkat besi, renang, layar dan menembak.[3] Empat dari lima peraih medali Olimpiade Athena 2004 kembali bertanding di Beijing 2008: Taufik Hidayat, juara tunggal putra bulu tangkis pada Olimpiade 2004, Raema Lisa Rumbewas, peraih medali perak pada Olimpiade 2004 dalam cabang angkat besi putri kelas 53 kg, Sony Dwi Kuncoro, peraih medali perunggu tunggal putra bulu tangkis, dan Flandy Limpele yang meraih perunggu dalam ganda putra bulu tangkis. Taufik langsung kalah di pertandingan pertamanya menghadapi Wong Choong Hann di babak kedua, Rumbewas gagal meraih medali setelah menempati posisi keempat di kelas 53 kg, Sony kalah dari Lee Chong Wei di babak perempatfinal, dan Flandy (bersama Lilyana Natsir) kalah dari He Hanbin/Yu Yang di perebutan medali perunggu nomor ganda campuran.

Indonesia meraih medali perunggu lewat cabang angkat besi melalui Eko Yuli Irawan dan Triyatno, yang sekaligus merupakan pertama kalinya angkat besi putra menyumbangkan medali Olimpiade bagi Indonesia. Dari bulu tangkis, tunggal putri Maria Kristin Yulianti merebut medali perunggu, ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir meraih medali perak, sementara medali emas diraih melalui ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan.

Atlet[sunting | sunting sumber]

Sebanyak 11.028 atlet dari 204 negara dilaporkan mengikuti Olimpiade ini. [1]

Doping[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah enam atlet yang dikeluarkan dari Olimpiade karena terbukti menggunakan doping. Jika mereka memperoleh medali, maka medali mereka dicabut dan juara di bawah mereka mendapatkan medalinya. Selain karena doping, atlet dapat dicabut medalinya (diskualifikasi) jika rekaman video membuktikan terjadinya pelanggaran, seperti yang terjadi pada peraih medali perak dan perunggu lari 200 meter pria yang medalinya dicabut beberapa menit setelah pertandingan karena dalam rekaman video terlihat kaki mereka menyentuh garis lintasan.

Selain itu tiga kuda dari tim Norwegia yang memenangkan medali perunggu juga terbukti menggunakan doping.[22]

Nama dan Negara Cabang Jenis doping Medali
Bendera Spanyol Maria Isabel Moreno (Spanyol) Balap sepeda Erythropoietin[23]
Bendera Korea Utara Kim Jong Su (Korea Utara) Menembak Propranolol[24] perunggu (senapan udara 10 m), perak (senapan 50 m)
Bendera Vietnam Đỗ Thị Ngân Thương (Vietnam) Senam Furosemide[24]
Bendera Yunani Fani Halkia (Yunani) Atletik Methyltrienolone[25]
Bendera Ukraina Lyudmila Blonska (Ukraina) Atletik Methyltestosterone[26] perak (heptathlon)
Bendera Ukraina Igor Razoronov (Ukraina) Angkat besi Nandrolone[27]

Diskualifikasi lain[sunting | sunting sumber]

  • Dzhakhon Kurbanov, petinju dari Tajikistan, didiskualifikasi karena menggigit pundak lawannya.[28]
  • Ara Abrahamian, pegulat dari Swedia yang mendapatkan medali perunggu pada kelas gulat Yunani-Romawi 84 kg, kemudian didiskualifikasi dan dicabut medalinya oleh KOI.[29]
  • Angel Valodia Matos, taekwon dari Kuba, didiskualifikasi dari pertandingan perebutan medali perunggu dan dilarang berlaga seumur hidup karena menendang wasit karena tidak puas.[30]

Kalender[sunting | sunting sumber]

Kalender berikut di bawah adalah kalender jadwal pertandingan Olimpiade Beijing 2008 versi terbaru, terakhir diubah tanggal 9 September 2006. Setiap kotak biru menampilkan sebuah pertandingan pada hari tersebut seperti putaran kualifikasi. Kotak kuning menampilkan final perebutan medali untuk setiap cabang olahraga. Angka di setiap kotak menampilkan jumlah final yang akan diadakan pada hari tersebut.

Agustus 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 T
Upacara
Olahraga air 4 4 4 4 4 4 4 4 1 1 2 3 2 2 2 1 46
Anggar 1 1 1 1 1 2 1 1 1 10
Angkat besi 1 2 2 2 2 2 1 1 1 1 15
Atletik 3 4 5 6 5 3 7 6 7 1 47
Balap sepeda 1 1 2 2 1 1 3 3 1 1 1 1 18
Berkuda 2 1 1 1 1 6
Bisbol 1 1
Bola basket 1 1 2
Bola tangan 1 1 2
Bola voli 1 1 1 1 4
Bulutangkis 1 2 2 5
Dayung 7 7 14
Gulat 2 2 3 2 2 2 2 3 18
Hoki lapangan 1 1 2
Judo 2 2 2 2 2 2 2 14
Kano-Kayak 2 2 6 6 16
Layar 2 1 2 2 2 2 11
Menembak 2 2 2 2 2 1 1 2 1 15
Panahan 1 1 1 1 4
Pancalomba modern 1 1 2
Sepak bola 1 1 2
Senam 1 1 1 1 4 4 4 1 1 18
Sofbol 1 1
Taekwondo 2 2 2 2 8
Tenis 2 2 4
Tenis meja 1 1 1 1 4
Tinju 5 6 11
Trilomba 1 1 2
Agustus 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 302


Sorotan dan kontroversi[sunting | sunting sumber]

Berbagai macam kontroversi atas Olimpiade Beijing 2008 diekspresikan oleh berbagai macam pihak; termasuk pernyataan bahwa RRT melanggar janji pada pencalonan Olimpiade Musim Panas 2008 yang pada saat itu mengatakan akan membuka akses media,[31] tuduhan atas berbagai macam pelanggaran hak-hak asasi manusia,[32][33][34] polusi udara baik di Beijing maupun di kota-kota tetangga Beijing,[35][36] ancaman boykot,[37][38] peringatan akan adanya kemungkinan bahwa Olimpiade Beijing dapat menjadi sasaran serangan grup-grup teroris,[39] usaha sabotase yang berhasil digagalkan, potensi gangguan dengan kekerasan oleh pemrotes pro-Tibet,[40] pelarangan etnis Tibet untuk bekerja di Beijing selama olimpiade berlangsung,[41] kritik atas peraturan yang memandatkan polisi atas kamera pengawas di hotel-hotel internasional [42][43][44], pemindahan warga-warga [45], dan kesulitan dalam memiliki tiket [46].

Selain itu, para pendukung kemerdekaan Tibet menunjukan penghinaan dan memprotes olimpiade [47], aktivis hak-hak asasi manusia juga menuntut RRT untuk mengubah dukungannya atas konflik di Darfur,[48] dan penganut agama Kristen menyuarakan kekhawatiran atas perlakuan buruk terhadap mereka di Republik Rakyat Tiongkok.[49][50][51][52]

Juga ada beberapa keraguan atas umur pesenam RRT seperti He Kexin, Yang Yilin, and Jiang Yuyuan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b = 7&kindid = 0&docid = 100710114 "北京奥运参赛运动员初定11526名", China Review News, 2 Agustus 2008.
  2. ^ Olimpiade Beijing program TV yang paling diminati di US, Hollywood Reporter, 24 Agustus 2008. Diakses pada 24 Agustus 2008.
  3. ^ a b "TVRI Akan Siarkan Olimpiade 2008 Beijing", Antara, 15 Juli 2008
  4. ^ http://english.people.com.cn/90001/90776/90883/6466194.html
  5. ^ http://news.xinhuanet.com/english/2008-08/07/content_9033271.htm
  6. ^ http://news.sbs.com.au/worldnewsaustralia/beijing_lifts_air_quality_goal_for_games_537003
  7. ^ Chinadaily. "Chinadaily." Zhang Yimou sebagai pengarah acara Olimpiade Musim Panas Beijing 2008. Diambil pada 2008-07-04.
  8. ^ Rachel Abramowitz (2008). "Spielberg mengundurkan diri sebagai penasehat Olimpiade Musim Panas Beijing 2008". Los Angeles Times. Diakses 2007-02-13. 
  9. ^ Ulasan upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2008 -- The Live Feed
  10. ^ Upacara pembukaan Olimpaide Musim Panas 2008 mendapat puja-puji dari penjuru dunia
  11. ^ (Indonesia)Detiksport: Penyanyi & Kembang Api Palsu di Prosesi Pembuka
  12. ^ (Inggris)"Olympic girl seen but not heard". CNN.com. 2008. Diakses 2008-08-13. 
  13. ^ Upacara penutupan Olimpiade Musim Panas Beijing 2008Situs resmi Olimpiade Beijing 2008 (en.beijing2008.cn) (24 Agustus 2008) (diambil pada 24 Agustus, 2008)
  14. ^ "IOC Coret Bisbol", Kompas, 9 Juli 2005
  15. ^ Catatan BBC oleh Mihir Bose
  16. ^ NewYorkTimes: Rekor Dunia pada Olimpiade
  17. ^ http://results.beijing2008.cn/WRM/ENG/INF/GL/95A/GL0000000.shtml
  18. ^ "Irak dilarang ikut Olimpiade", BBC, 24 Juli 2008
  19. ^ "IOC Cabut Sanksi Irak", Detiksport, 31 Juli 2008
  20. ^ "Brunei Gagal Ikut Olimpiade", Kompas, 8 Agustus 2008
  21. ^ BBC: Laporan James Reynold
  22. ^ http://sportsillustrated.cnn.com/multimedia/photo_gallery/0808/oly.olympics.unsportsmanlike.conduct/content.5.html
  23. ^ "Spanish cyclist Moreno tests positive for EPO". guardian.co.uk. 11 August 2008. 
  24. ^ a b http://sportsillustrated.cnn.com/2008/olympics/wires/08/14/2080.ap.as.oly.ioc.doping.cases/
  25. ^ http://news.bbc.co.uk/sport1/hi/olympics/athletics/7566017.stm
  26. ^ http://news.bbc.co.uk/sport1/hi/olympics/athletics/7571867.stm
  27. ^ http://news.bbc.co.uk/sport1/hi/olympics/weightlifting/7578247.stm
  28. ^ http://sportsillustrated.cnn.com/multimedia/photo_gallery/0808/oly.olympics.unsportsmanlike.conduct/content.3.html
  29. ^ http://sportsillustrated.cnn.com/multimedia/photo_gallery/0808/oly.olympics.unsportsmanlike.conduct/content.2.html
  30. ^ http://sportsillustrated.cnn.com/multimedia/photo_gallery/0808/oly.olympics.unsportsmanlike.conduct/content.1.html
  31. ^ Two Concerns for Olympics - Air and Access - NYTimes.com
  32. ^ "Protestors Rally in Europe on Eve of China Olympics". Deutsche Welle. 2008-08-07. Diakses 2008-08-09. 
  33. ^ "China's un-Olympic human rights record". Calgary Herald. 2008-08-09. Diakses 2008-08-09. 
  34. ^ "Canadian protests over China's human-rights record continue prior to Games". Haaretz. 2008-08-08. Diakses 2008-08-09. 
  35. ^ "Ji Xinpeng: Beijing welcomes you with its blue sky". China Daily. 2008-08-07. Diakses 2008-08-08. 
  36. ^ "Beijing failing to clear the air". The Daily Yomiuri. 2008-07-27. Diakses 2008-08-09. 
  37. ^ Kosyrev, Dmitry (2008-08-06). "Beijing Olympics as a diplomatic convention". RIA Novosti. Diakses 2008-08-09. 
  38. ^ Newman, Saul. "Why Grandpa boycotted the Olympics". Haaretz. Diakses 2008-08-09. 
  39. ^ Interpol says Olympic terror attack 'real possibility'. The Globe and Mail. Accessed: April 25, 2008
  40. ^ Interpol chief warns of Olympic terror threat. Yahoo! Eurosport UK. Accessed: August 8, 2008
  41. ^ Seattle Times article
  42. ^ AFP: China plans to spy on Olympic hotel guests: US senator
  43. ^ Sen. Brownback says China monitoring Internet access in hotels - Los Angeles Times
  44. ^ The Associated Press: Senator: China spying on Internet use in hotels
  45. ^ Fan, Maureen; Jie, Zhang (2008-02-20). "China Defends Relocation Policy". The Washington Post (The Washington Post Company). Diakses 2008-08-09. 
  46. ^ "British fraud ran Beijing ticket scam". theage.com.au. 2008-08-06. Diakses 2008-07-12. 
  47. ^ "Protest attempt at Olympic event". BBC News. Diakses 2008-08-09. 
  48. ^ "China 'is fuelling war in Darfur'". BBC News. Diakses 2008-07-12. 
  49. ^ (2008-08-06). 4 Winds Allows Olympic Testimonies Underground -- China is Hypocritical in Treatment of Christians on the Streets. Siaran pers. Diakses pada 2008-08-08.
  50. ^ Colson, Chuck (2008-08-03). "Bush, China, and the Olympics". The Christian Post. Diakses 2008-08-08. 
  51. ^ Qin Yue & Li Mingcai (2008-08-07). "Beijing Intensifies Suppression of House Churches Ahead of Olympics". Sound of Hope Radio. Epoch Times. Diakses 2008-08-11. 
  52. ^ "Chinese bishop explains reasons for participating in Olympic opening ceremonies". Catholic News Agency. 2008-08-08. Diakses 2008-08-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]