Pemasaran Olimpiade Musim Panas 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemasaran Olimpiade Beijing 2008 dimulai sejak kesuksesannya untuk menjadi tuan rumah diumumkan pada tahun 2001.

[sunting | sunting sumber]

Logo Olimpiade Musim Panas 2008 berjudul "Dancing Beijing" (Beijing Menari) diperkenalkan pada Agustus 2003 dalam upacara yang dihadiri oleh 2.008 orang di Qin Nian Dian (祈年殿)—Ruang Doa untuk Panen yang Baik di Kuil Surgawi (天壇 atau 天坛), Beijing. Emblem tersebut menggabungkan elemen-elemen masyarakat tradisional Tiongkok—sebuah stempel merah dan sebuah kata kaligrafi untuk jing (京) (ibu kota nasional) dengan fitur atletik.

Lengan terbuka dalam kata kaligrafi tersebut melambangkan undangan Tiongkok kepada dunia untuk berbagi kebudayaannya. Presiden IOC Jacques Rogge sangat senang dengan emblem tersebut, mengatakan, "Emblem Anda secara langsung membawa keindahan yang mengagumkan dan kekuatan RRT yang diwujudkan melalui kebudayaan dan warga Anda."

Slogan[sunting | sunting sumber]

Pada 26 Juni 2005, Komite Olimpiade Beijing mengumumkan bahwa slogan bagi Olimpiade Beijing 2008 adalah "One World, One Dream" (Hanzi sederhana: 同一个世界 同一个梦想; Hanzi tradisional: 同一個世界 同一個夢想; Bahasa Indonesia: Satu Dunia, Satu Impian).

Maskot[sunting | sunting sumber]

Fuwa (Hanzi: 福娃; Pinyin: Fúwá; dalam bahasa Inggris: Friendlies) diperkenalkan sebagai maskot pertandingan oleh Lembaga Nasional Penelitian Bahasa Klasik Tiongkok pada 11 November 2005, pada perayaan 1.000 hari sebelum pembukaan Olimpiade.

Fuwa terdiri atas lima anggota: Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying dan Nini. Kelima maskot menggambarkan ikan, panda raksasa, api, antelop Tibet dan burung layang-layang, dan tiap-tiap maskot mewakili satu dari lima cincin Olimpiade. Nama kelima maskot tersebut jika digabungkan akan membentuk kalimat 北京欢迎你 yang berbunyi Běijīng huānyíng nǐ (Beijing Menyambut Anda).

Tiket[sunting | sunting sumber]

Komite Pelaksana Olimpiade Beijing mengumumkan pada awal Agustus 2006 bahwa mereka akan menjual lebih dari 7 juta tiket untuk bermacam-macam pertandingan olahraga dan upacara-upacara bagi masyarakat umum. Kepala komite mengatakan bahwa dia berharap semua warga RRT mempunyai kesempatan untuk datang ke Olimpiade Musim Panas 2008. Komite tersebut, oleh karena itu, telah menetapkan harga tiket masuk untuk pertandingan "sangat, sangat murah" untuk mendorong warga RRT terlibat dalam Olimpiade. Selain kepada publik, tiket-tiket lain juga disisihkan untuk sponsor, ofisial dan anggota-anggota IOC. Tiket-tiket untuk klien-klien perusahaan yang terkontrak akan dijual pada September 2006, sementara tiket-tiket untuk khalayak umum tidak akan dijual hingga awal 2007.

Video game resmi[sunting | sunting sumber]

Video game resmi Olimpiade Beijing adalah Beijing 2008 yang dikembangkan Eurocom dan dirilis Sega. Game ini menampilkan 38 jenis pertandingan dan 32 negara peserta.

Selain itu terdapat pula Mario & Sonic at the Olympic Games yang menampilkan untuk pertama kalinya maskot utama Nintendo dan Sega, Mario dan Sonic The Hedgehog tampil bersama dalam satu game.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rob Burman (2007-03-29). "Mario & Sonic at the Olympic Games Interview". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-05-17. Diakses tanggal 2007-03-29.