Olimpiade Musim Panas 2004

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Olimpiade Athena 2004)
Langsung ke: navigasi, cari
Games of the XXVIII Olympiad
Olimpiade Musim Panas 2004
Pengunjung di zaman kuno diberikan
mahkota dari daun zaitun — sebuah
tradisi yang kini diulang terhadap
pemenang medali pada Olimpiade kali
ini. Warna-warna di logo diambil
dari bendera Yunani.
Slogan Welcome Home
Jumlah negara peserta 202
Jumlah atlet 11.099
Jumlah pertandingan 301 dalam 28 cabang
Pembukaan 13 Agustus 2004
Penutupan 29 Agustus 2004
Diresmikan oleh Costis Stephanopoulos
Janji Atlet Zoi Dimoschaki
Janji Wasit Lazaros Voreadis
Pembawa obor Nikolaos Kaklamanakis
Stadion Stadion Olimpiade Athena

Olimpiade musim panas ke-28 berlangsung selama 16 hari dari 13 Agustus hingga 29 Agustus 2004 di Athena, Yunani. Pihak penyelenggara memperkirakan 10.500 atlet dan 5.500 ofisial dari 202 negara akan hadir dalam ajang ini (pada akhirnya yang hadir ternyata 11.099 atlet). Sejumlah 301 medali diperebutkan dari 28 cabang olahraga.

10 besar perolehan akhir medali[sunting | sunting sumber]

Peringkat Negara Medali emas Emas Medali perak Perak Medali perunggu Perunggu Total
1 Flag of the United States.svg Amerika Serikat 35 39 29 103
2 Flag of the People's Republic of China.svg Republik Rakyat Tiongkok 32 17 14 63
3 Flag of Russia.svg Rusia 27 27 38 92
4 Flag of Australia.svg Australia 17 16 16 49
5 Flag of Japan.svg Jepang 16 9 12 37
6 Flag of Germany.svg Jerman 14 16 18 48
7 Flag of France.svg Perancis 11 9 13 33
8 Flag of Italy.svg Italia 10 11 11 32
9 Flag of South Korea.svg Korea Selatan 9 12 9 30
10 Flag of the United Kingdom.svg Britania Raya 9 9 12 30
48  Indonesia (INA) 1 1 2 4

Proses penawaran dan persiapan[sunting | sunting sumber]

Athena terpilih sebagai kota penyelenggara pada tahun 1997 setelah secara mengejutkan kalah dalam proses penawaran untuk menyelenggarakan Olimpiade musim panas 1996 — yang merupakan tahun perayaan 100 tahun Olimpiade. Pada tahun 1997, Athena melakukan penawaran dengan mengaitkan mereka dengan sejarah Olimpiade — sebagai kota tempat di mana Olimpiade dimulai. Pada babak terakhir pemungutan suara, Athena mengalahkan Roma dengan 66 suara berbanding 41. Sebelumnya, Buenos Aires, Stockholm, Cape Town dan San Juan telah dihapus dari daftar calon penyelenggara setelah hanya mendapatkan jumlah suara yang kecil.

Setelah itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) sempat menyatakan keprihatinan mereka mengenai status kemajuan pembangunan tempat-tempat penyelenggaraan Olimpiade yang baru. Sebuah Komite Penyelenggara segera dibentuk di bawah pimpinan Gianna Agellopolos-Daskalaki dan persiapan pun dimulai. Athena sekarang sedang dalam proses perubahan menuju kota yang menggunakan teknologi modern dalam bidang transportasi dan pengembangan kota. Beberapa di antara venue-venue Olimpiade 2004 merupakan yang terbaik di dunia.

Sebagai tradisi yang telah dimulai sejak Olimpiade Berlin (1936), Api Olimpiade dibawa mengarungi dunia dimulai dari Athena, sebelum Olimpiade dimulai.

Hingga Maret 2004, banyak proyek Olimpiade masih jauh dari dirampungkan dan pejabat-pejabat Yunani mengumumkan bahwa venue utama cabang renang tidak akan mempunyai atap. Sesaat sebelum Olimpiade dibuka, Stadion Olimpiade — tempat berlangsungnya pesta pembukaan dan penutupan diselesaikan — juga tidak beratap. Kecepatan persiapan ini menjadikan persiapan Olimpiade Athena sebagai salah satu yang terketat dalam sejarah Olimpiade.

Perhatian tentang masalah keamanan juga meningkat setelah peristiwa teroris 11 September 2001. Yunani telah meningkatkan anggaran dana untuk keamanan di Olimpiade ke €970 juta (US$1,2 milyar). Sekitar 70.000 polisi akan mematroli Athena dan venue-venue Olimpiade selama pesta olahraga ini berlangsung. NATO dan Uni Eropa juga ikut memberikan bantuan.

Perayaan pengobaran Api Olimpiade berlangsung pada tanggal 25 Maret di Olympia, Yunani. Api nya dibawa mengelilingi dunia ke kota-kota penyelenggara sebelumnya dan kota-kota besar lainnya sebelum kembali ke Yunani.

Perusahaan rekaman EMI merilis Unity, album resmi lagu-lagu Olimpiade Athena dalam rangka merayakan ajang ini. Album ini berisi lagu-lagu dari Sting, Lenny Kravitz, Moby, Destiny's Child dan Avril Lavigne. EMI telah berjanji akan menyumbangkan US$180.000 dari hasil penjualan album ke program HIV/AIDS UNICEF (Dana Anak-anak PBB) di Afrika.

Sedikitnya 19 orang telah meninggal dunia dalam proses pembangunan fasilitas Olimpiade. Mereka kebanyakan bukan berasal dari Yunani.

Sebelum Olimpiade dimulai, staf hotel Yunani melakukan mogok kerja selama sehari mengenai masalah gaji. Mereka menginginkan kenaikan gaji yang besar selama Olimpiade berlangsung. Anggota paramedis dan ambulans juga telah melakukan protes, karena mereka juga menginginkan bonus yang sama seperti yang telah dijanjikan kepada rekan-rekan mereka dalam bidang keamanan.

Maskot[sunting | sunting sumber]

Maskot telah menjadi tradisi setiap Olimpiade sejak Olimpiade musim dingin 1968 di Grenoble, Perancis. Maskot resmi kali ini adalah dua kakak beradik, Athena dan Phevos yang dinamakan berdasarkan Athena, dewi kearifan, strategi dan perang Yunani kuno, dan Phevos, dewa cahaya dan musik Yunani kuno.

Liputan secara online[sunting | sunting sumber]

Untuk pertama kalinya, peliput-peliput besar dunia diperbolehkan untuk mempunyai liputan video Olimpiade melalui Internet asalkan mereka membatasi liputan semacam ini menurut letak geografis agar kontrak liputan daerah lain dapat dilindungi. Sebagai contoh: BBC akan menyediakan liputan langsung mereka secara lengkap kepada pelanggan Internet berkecepatan tinggi di Inggris secara gratis; di lain pihak pelanggan di Amerika Serikat hanya akan mendapatkan liputan singkat yang disiarkan secara tunda.

Upacara Pembukaan[sunting | sunting sumber]

Artikel Utama: Upacara Pembukaan Olimpiade Athena 2004

Upacara pembukaan Olimpiade 2004 diadakan pada 13 Agustus 2004 dan dimulai dengan suara detak jantung yang diperkeras. Setelah itu, langit dipenuhi oleh berbagai kembang api yang direfleksikan juga oleh kolam air di tengah stadium yang kemudian terdapat logo cincin Olimpiade dari api.

Partunjukkan dimulai dengan seorang anak kecil yang melambaikan bendera Yunani berlayar di tengah stadium yang kemudian dilanjutkan dengan munculnya berbagai tokoh dalam mitologi Yunani. Setelah itu, muncullah berbagai karakter dan adegan dalam kebudayaan Yunani dalam pawai yang menggambarkan perkembangan kebudayaan Yunani.

Parade of Nations atau Parade Bangsa-Bangsa dimulai dan sekitar 10.500 atlet di bawah naungan 202 negara memasuki stadium dan berkumpul di kolam yang sudah dikeringkan dalam 3 menit. Olimpiade 2004 adalah Olimpiade pertama bagi Kiribati dan bagi Timor Timur untuk berlaga di bawah benderanya sendiri. Atlet-atlet Korea Selatan dan Korea Utara masuk ke satdium di bawah Bendera Penyatuan Korea. Delegasi yang juga mendapat sambutan hangat antara lain Afganistan, Irak dan negara lain di mana banyak warga Yunani menetap seperti Australia dan Amerika Serikat walaupun warga Yunani sangat menentang invasi Irak 2003.

Setelah parade bangsa-bangsa berakhir, penyanyi asal Islandia, Björk, menyanyikan lagu "Oceania" dari album Medulla. Selama Björk bernyanyi, sehelai kain raksasa ditarik di atas para atlet dan tergambarlah proyeksi bumi. Obor Olimpiade kemudian dinyalakan oleh Nikolaos Kaklamanakis, medalis selancar angin 1996.

Daftar cabang-cabang olahraga[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah kategori cabang olahraga resmi. Untuk pertama kalinya, cabang Gulat akan mempertandingkan gulat putri dan di cabang Anggar kategori putri akan mempertandingkan nomor sabre.

Negara partisipan[sunting | sunting sumber]

Seluruh negara Komite Olimpiade Internasional mengikuti Olimpiade Athena 2004. Dua negara yang melakukan debut pertamanya di olimpiade ini adalah Timor Leste dan Kiribati. Afghanistan kembali mengikuti olimpiade (terakhir pada Olimpiade Atlanta 1996. Yugoslavia berganti nama dan kode, dari YUG menjadi SCG. Total peserta dalam olimpiade kali ini adalah 202 negara. Angka yang berada di dalam kurung menunjukkan jumlah peserta tiap negara.

Venue[sunting | sunting sumber]

Venue kompetisi[sunting | sunting sumber]

Venue sepak bola[sunting | sunting sumber]

Thessaloniki Volos Piraeus
Stadion Kaftanzoglio Stadion Panthessaliko Stadion Karaiskaki
Kapasitas: 28.028 Kapasitas: 22.700 Kapasitas: 33.334
Stadion Kaftanzoglio Stadion Panthessaliko Stadion Karaiskasis
Heraklion Patras Athena
Stadion Pankritio Stadion Pampeloponnisiako Stadion Olimpiade
Kapasitas: 26.400 Kapasitas: 23.588 Kapasitas: 71.030
Stadion Pankritio Stadion Pampeloponnisiako Stadion Olimpiade Athena

Venue non-kompetisi[sunting | sunting sumber]

  • Bandara Internasional Athena, Eleftherios Venizelos
  • International Broadcast Centre IBC (Pusat Liputan Internasional)
  • Main Press Centre (Pusat Pers)
  • Perkampungan Olimpiade

Indonesia dalam Olimpiade Athena 2004[sunting | sunting sumber]

Prangko Olimpiade Athens 2004
Prangko Olimpiade Athens 2004
Prangko Olimpiade Athens 2004

Bendera Indonesia INA Indonesia

Peringkat akhir: 48

  • Jumlah atlet: 85
  • Jumlah ofisial: 27
  • Jumlah wasit: 1

Cabang olahraga yang diikuti Indonesia[sunting | sunting sumber]

Peraih medali Indonesia di Olimpiade 2004[sunting | sunting sumber]

Emas[sunting | sunting sumber]
Perak[sunting | sunting sumber]
Perunggu[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mengikuti parade, namun tidak ada atlet yang bertanding.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]