Presiden Yunani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Presiden Dr Karolos Papoulias yang menjabat sejak 12 Maret 2005

Presiden Republik Hellenic (bahasa Yunani: Πρόεδρος της Ελληνικής Δημοκρατίας), dalam bahasa Inggris sehari-hari disebut sebagai Presiden Yunani adalah kepala negara Yunani. Jabatan Presiden Republik didirikan setelah Referendum Republik Yunani dan secara resmi disahkan oleh Konstitusi Yunani pada tahun 1975. Presiden yang saat ini sedang menjabat adalah Incumbent ini Dr. Karolos Papoulias.

Kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Nominator presiden Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata yang menempati urutan pertama dalam prioritas Yunani. Namun sebagian besar seremonial, kekuasaan Presiden terbatas di bawah Konstitusi Yunani tahun 1974 dan kemudian dibatasi lagi dalam amandemen Konstitusi tahun 1986. Perdana Menteri Yunani yang aktif sebagai kepala eksekutif dalam pemerintah Yunani.

Pemilihan Presiden[sunting | sunting sumber]

Presiden Republik dipilih oleh Parlemen (suara tidak melalui populer langsung) untuk masa jabatan lima tahun. Pasal 32 dari Konstitusi Yunani menyatakan bahwa Presiden harus dipilih oleh apel dengan sesi khusus Parlemen dan setidaknya sebulan sebelum Presiden yang sedang menjabat meletakkan jabatan dalam satu atau dua tahap. Masa jabatan Presiden dapat diperpanjang dalam hal keadaan darurat (Perang) atau jika pemberian suara untuk presiden baru tidak selesai dalam waktu tertentu.

Tahap pertama mencakup tiga surat suara yang terpisah :

  • Suara Pertama - 200 Suara

Dalam pemungutan suara pertama suara dari mayoritas dua pertiga dari jumlah Anggota Parlemen diperlukan.

  • Suara Kedua - 200 Suara

Jika mayoritas mengatakan tidak tercapai, pemungutan suara diulang setelah lima hari, mayoritas yang sama yang diperlukan.

  • Suara Ketiga - 180 Suara

Jika sekali lagi mayoritas yang diperlukan tidak tercapai, pemungutan suara diulangi setelah lima hari, seseorang yang menerima suara mayoritas tiga perlima dari jumlah Anggota Parlemen dipilih Presiden Republik. Jika pemungutan suara ketiga juga gagal untuk menghasilkan mayoritas yang diperlukan, Parlemen harus dibubarkan dalam waktu sepuluh hari dari suara dan pemilihan untuk Parlemen baru yang akan disebut.

Tahap kedua dari prosedur ini dilakukan oleh Parlemen baru segera seperti yang telah membentuk diri sendiri sebagai tubuh dan mencakup tiga suara berurutan:

  • Suara Pertama - 180 Suara

Dalam pemungutan suara pertama suara dari mayoritas tiga-perlima dari jumlah total Anggota Parlemen diperlukan.

  • Suara Kedua - 151 Suara

Jika mayoritas ini tidak tercapai, pemungutan suara diulang dalam waktu lima hari dan orang yang menerima mayoritas mutlak dari suara dari jumlah Anggota Parlemen akan dipilih Presiden Republik.

  • Suara Ketiga

Jika pemungutan suara kedua gagal untuk menghasilkan mayoritas yang diperlukan, maka dalam waktu lima hari pemungutan suara ketiga dan terakhir terjadi antara dua calon menerima jumlah suara terbanyak. Orang yang menerima mayoritas relatif akan dipilih Presiden Republik.

Sumpah Jabatan[sunting | sunting sumber]

Sebelum memangku jabatan, Presiden harus mengucapkan sebuah sumpah di depan Parlemen:

"Saya bersumpah (dalam nama Tritunggal Kudus, sehakikat yang terpisahkan) untuk menjaga konstitusi dan hukum, untuk memastikan ketaatan yang setia, untuk mempertahankan kemerdekaan nasional dan integritas wilayah negara, untuk melindungi hak dan kebebasan orang-orang Yunani dan untuk melayani kepentingan umum dan kemajuan Rakyat Yunani."

Kediaman Resmi[sunting | sunting sumber]

Mansion Presiden di Athena

Kediaman resmi Presiden adalah Presiden Mansion yang sebelumnya di Mansion Royal, pusat Athena.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

!Untuk detail lebih lanjut tentang topik ini, lihat Sejarah Republik Hellenik.

Republik Hellenik Ketiga saat ini (bahasa Yunani: Γʹ Ελληνική Δημοκρατία) dinyatakan pada tahun 1974 selama periode metapolitefsi , setelah akhir Rezim Kolonel yang dikontrol Yunani sejak kudeta 21 April 1967.

Junta telah menampilkan plebisit untuk menghapuskan monarki pada tanggal 29 Juli 1973 dan meluluskan Konstitusi untuk membentuk kepresidenan republik (dengan pemimpin junta militer Georgios Papadopoulos sebagai Presiden). Upaya singkat [Metapolitefsi|demokratisasi dikendalikan]] diakhiri oleh Brigadir Dimitrios Ioannides ketika menggulingkan Papadopoulos pada bulan November 1973. Republik dipertahankan, tetapi tidak lebih dari sebuah façade bagi rezim militer.

Jatuhnya rezim dan kembali ke pemerintahan sipil pada bulan Agustus 1974. Namun, tindakan-tindakan hukum dan konstitusional junta dianggap tidak sah, dan plebisit baru diadakan pada 8 Desember 1974, yang akhirnya menghapuskan monarki. Pembaharuan Konstitusi diumumkan pada tanggal 11 Juni 1975 yang menyatakan bahwa Yunani adalah sebuah parlemen demokrasi presidensial (atau republik- yang dalam bahasa Yunani δημοκρατία dapat diterjemahkan kedua cara). Konstitusi ini, direvisi pada 1985 dan hari 2001, yang masih berlaku.

Daftar Presiden Republik III[sunting | sunting sumber]

Presiden Gambar Hidup Awal Jabatan Akhir Jabatan Catatan
Michail Stasinopoulos Stasinopoulos.jpg 1903–2002 18 Desember 1974 19 Juni 1975 Presiden Pertama (untuk sementara).
Dipilih oleh parlemen dengan 206 suara
Konstantinos Tsatsos Tsatsos.jpg 1899–1987 20 Juni 1975 15 Mei 1980 Presiden ke-2
Didukung partai Demokrasi Baru, Dipilih oleh parlemen dengan 210 suara
Konstantinos Karamanlis Karamanlis-konstantinos2.jpg 1907–1998 15 Mei 1980 10 Maret 1985 Presiden Ketiga (periode pertama)
Didukung partai Demokrasi Baru, dipilih oleh parlemen dengan 183 suara pada pemungutan suara ketiga.
Ioannis Alevras 1912–1995 10 Maret 1985 30 Maret 1985 Ketua Parlemen bertindak sebagai Presiden untuk sementara
Christos Sartzetakis 1929– 30 Maret 1985 4 Mei 1990 Presiden Keempat
Didukung partai PASOK, dipilih oleh parlemen dengan 180 suara pada pemungutan suara ketiga
Konstantinos Karamanlis Karamanlis-konstantinos2.jpg 1907–1998 5 Mei 1990 10 Maret 1995 Presiden Kelima (periode kedua)
Didukung partai Demokrasi Baru, dipilih oleh parlemen dengan 153 suara pada pemungutan suara kelima.
Konstantinos Stephanopoulos Kostis stephanopoulos.jpg 1926– 10 Maret 1995 12 Maret 2005 Presiden Keenam (periode ketiga)
Didukung partai Politik Musim Semi dan PASOK, dipilih oleh parlemen dengan 181 suara pada pemungutan suara ketiga. Kembali terpilih dengan 269 suara pada pemungutan suara pertama.
Karolos Papoulias Karolos Papoulias .jpg 1929– 12 Maret 2005 sedang menjabat Presiden Ketujuh (periode kedua)
Didukung partai Demokrasi Baru dan PASOK, dipilih oleh parlemen dengan 279 suara pada pemungutan suara pertama. Kembali terpilih dengan 266 suara pada pemungutan suara pertama

Lihat juga[sunting | sunting sumber]