Negara adikuasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta ini menunjukkan dua kekuatan penting selama berlangsungnya Perang Dingin pada tahun 1980. Klik pada peta untuk penjelasan lebih rinci.

Negara adikuasa atau negara adidaya, adalah negara yang mempunyai kekuasaan lebih di percaturan politik internasional baik dalam mempengaruhi peristiwa-peristiwa global maupun lebih jauh mengambil keputusan dalam proyek-proyek internasional. Negara seperti ini biasanya dianggap sebagai pemimpin oleh negara-negara lainnya.

Negara yang dianggap sebagai adikuasa sebelum Perang Dunia II adalah Uni Soviet, Amerika Serikat, dan Britania Raya. Namun setelah Perang Dunia II, mayoritas koloni Inggris memerdekakan diri sehingga Inggris kehilangan statusnya sebagai negara adikuasa.

Namun banyak sekali yang menganggap RRT menjadi negara adikuasa pada masa depan. Mungkin RRT dianggap memiliki potensi-potensi yang lebih diunggulkan daripada negar-negara lainnya. Contohnya adalah dalam hal luas wilayah. RRT merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah terluas di dunia. Bukan hanya itu, dilihat dari jumlah penduduk. Jumlah penduduk RRT melampaui batas, sampai-sampai di berbagai negara di belahan dunia pasti sering dijumpai warga keturunan Tiongkok. Dalam kancah perekonomian, RRT patut diperhitungkan. Buktinya barang-barang yang tersohor di dunia dapat diproduksi oleh Tiongkok dengan kualitas yang cukup baik dan harganya relatif terjangkau serta lebih murah karena diproduksi dalam jumlah besar. Karena hal-hal tersebut maka RRT patut diperhitungkan untuk menjadi negara adikuasa, dan sebagai warga negara yang baik kita wajib mengambil sisi positif dari negara lain, dalam melakukan suatu tindakan.