Methuen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Methuen atau Methuen Publishing Ltd adalah sebuah rumah atau firma penerbitan Inggris Raya, dan seringnya menerbitkan hal-hal yang berkaitan dengan dunia teater dan drama. Didirikan pada tahun 1889 oleh Sir Algernon Methuen (18561924) dan mulai menerbitkan di London pada sekitar tahun 1892. Sejak tahun [[1924, firma ini dipimpin oleh E. V. Lucas.

Beberapa terbitannya termasuk hasil-hasil karya dari Henry James, D. H. Lawrence, T. S. Eliot, A. A. Milne, Kenneth Grahame, Ruth Manning-Sanders dan serial The Arden Shakespeare. Mereka juga menerbitkan Petualangan Tintin di Inggris Raya, dan beberapa buku-buku humor termasuk 1066 and All That. Firma ini dituntut karena menerbitkan hasil karya Lawrence, The Rainbow (1915).

Sekarang perusahaan ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari konglemerasi Associated Book Publishers (ABP), dimana pada dasawarsa 1970an dikenal sebagai Eyre Methuen karena diakuisisinya firma Eyre & Spottiswoode berdasarkan pasal 8 Artillery Row, London SW1P 1RZ.

Pada tahun 2003, Methuen Publishing membeli perusahaan Politico's Publishing dari pemiliknya Iain Dale.[1]

Penerbitan Petualangan Tintin[sunting | sunting sumber]

Methuen juga salah satu penerbit berbahasa Inggris untuk kisah komik Petualangan Tintin, sebuah serial komik klasik buah karya artis Belgia, Hergé. Methuen juga menorehkan sejarah tersendiri dimana mereka memaksakan adanya perubahan-perubahan mendasar pada kisah ini ketika menyangkut tokoh-tokoh Inggris seperti:

  • Pulau Hitam, diterbitkan dalam bahasa Perancis pada tahun 1937, dimana sebenarnya mengambil lokasi di Inggris Raya, namun, sebelum diterbitkan pada tahun 1966, mereka menemukan banyak ketidak sesuaian dengan karakter dari negeri Inggris Raya dan mengirimkan tidak kurang dari 131 kesalahan yang harus dibetulkan.[2] Dimana kisah itu akhirnya digambar ulang dan mengambil tahun sekitar 1960an.
  • Di Negeri Emas Hitam memiliki kesulitan dalam sejarah penerbitannya, namun petualangannya sebenarnya terjadi pada kurun waktu 194850. Mengambil lokasi di bekas salah satu negara bekas jajahan Inggris, Palestina dan menampilkan konflik antara kaum Yahudi, Arab dan pasukan Inggris. Dan ketika edisi bahasa Inggrisnya harus diterbitkan pada tahun 1972, negeri Israel telah lama berdiri dan berjalan sehingga akhirnya pihak Methuen meminta pada Herge untuk memindahkan lokasinya ke sebuah negeri fiksi Khemed, dimana hal ini mengakibatkan tidak kurang dari seperempat ceritanya digambar ulang.

Dan pada umumnya versi inilah yang banyak beredar saat ini di berbagai negara walaupun edisi-edisi awalnya yang berbentuk facsimilie telah diterbitkan.

Para pemerhati pada akhirnya banyak melontarkan kritik pada penerbit ini atas kebijakan yang telah diambil dan menyatakan bahwa kisah Pulau Hitam telah kehilangan kharismanya[2] dan perubahan yang dilakukan untuk kisah Di Negeri Emas Hitam mengaburkan situasi sebenarnya yang terjadi di Timur Tengah.[3]

Mereka, para pengeritik juga menunjukkan fakta bahwa ketika Methuen menerbitkan Lotus Biru pada tahun 1983 mereka tetap mempertahankan setting tahunnya pada kurun waktu 1931 pada masa pendudukan China oleh Jepang yang sebenarnya telah dihapuskan pada tahun 1943. Di lain pihak pada tahun 1983 juga merupakan tahun dimana Hergé meinggal dunia dan ia telah menyatakan bahwa tidak ada lagi kisah Petualangan Tintin resmi lainnya oleh artis lainnya atau penulis lainnya ataupun perubahan lainnya yang dilakukan pada kisah ini. Oleh karena itu Methuen menambahkan sebuah catatan tambahan mengenai keadaan di China pada waktu itu. Sekarang kisah komik Petualangan Tintin diterbitkan oleh Egmont Publishing.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pierce, Andrew (4 Agustus, 2004). "Methuen writes new chapter for lovers of Politico's intrigue - People". The Times (Times Newspapers Limited). hlm. 6. 
  2. ^ a b Tintin: The Complete Companion oleh Michael Farr, John Murray publishers, 2001
  3. ^ Le Figaro magazine, Sabtu 26 Juni 2004

Pranala luar[sunting | sunting sumber]