Nestor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nestor
Nestor Tintin.jpg
Nestor karya dari Hergé
Informasi Umum
Penerbit Bendera Belgia Casterman
Bendera Indonesia Indira, Gramedia
Pencipta Hergé
Informasi tentangnya dalam cerita
Nama lainnya (Perancis) Nestor
Karakter Nestor ahli dalam mengurus rumah Moulinsart dan memiliki kesetiaan yang tinggi.

Nestor adalah seorang tokoh dalam serial klasik Tintin yang digambar dan ditulis oleh Hergé. Tokoh Nestor adalah gambaran dari seorang pelayan rumah tangga (dalam bahasa Perancis majordomo) dalam masyarakat Perancis, yang perannya mirip dengan Jeeves dalam kebudayaan Inggris (walaupun Jeeves sebenarnya adalah seorang pembantu pengambil barang, bukan pelayan rumah tangga).

Nestor adalah seorang pelayan rumah tangga Marlinspike Hall yang lama menderita. Ia muncul pertama kali dalam Rahasia Kapal Unicorn dimana ia melayani Bird Bersaudara, pemilik awal rumah tersebut. Ketika Bird Bersaudara ditangkap dan dipenjarakan, terbukti dalam pengadilan bahwa Nestor tidak tahu apa-apa mengenai aktivitas kriminal tuan rumahnya itu. Ia kemudian kembali menjadi pelayan rumah tangga Marlinspike Hall ketika Kapten Haddock membeli properti tersebut. Setelah itu, ia menjadi salah satu tokoh tetap dalam banyak cerita petualangan Tintin.

Dalam Zamrud Castafiore, Nestor digambarkan sebagai seorang yang bersikap kasar terhadap kaum gipsi. Sementara dalam Tintin dan Picaros ia terlihat meminum whisky tuannya secara diam-diam dan mendengarkan lewat pintu saat Tintin dan Kapten Haddock bertengkar. Hal ini sangat berlawanan dengan pernyataannya bahwa kehadiran Pangeran Abdullah dalam Hiu-Hiu Laut Merah hanyalah persoalan kecil bagi dirinya ketika Kapten Haddock merasa kasihan pada dirinya supaya ia terlihat sabar.