Kepiting Bercapit Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kepiting Bercapit Emas
Comic image missing.svg
Replika kaleng yang berlogo Kepiting Bercapit Emas
Informasi Umum
Judul Asli (Perancis) Le Crabe aux pinces d'or
Terbit pertama 1941
Album ke 9
Lokasi Belgia
Maghreb
Halaman 142 (Hitam Putih)
62 (Berwarna)
Informasi dari Terbitan Indira
Terbit pertama 1978
ISBN ISBN
Informasi dari Terbitan Gramedia
Terbit pertama Juni, 2008
ISBN 10 Digit ISBN 979-22-3626-0
ISBN 13 Digit ISBN 978-979-22-3626-2
Gramedia Code GM 310.08.009
Alih bahasa Dini Pandia
Urutan ceritanya
Sebelum Tongkat Ottokar
Sesudah Bintang Misterius

Kepiting Bercapit Emas, adalah sebuah album serial Kisah Petualangan Tintin yang ke 9.

Aslinya dalam bahasa Perancis album ini berjudul: Le Crabe aux pinces d'or.

Dalam album ini diceritakan bagaimana Tintin berjumpa dengan Kapten Haddock, kelak menjadi sebuah tokoh penting serial ini. Di cerita ini Tintin terlibat dengan sebuah kawanan kriminal yang aktif dengan penyelundupan narkotika.


Ringkasan Cerita[sunting | sunting sumber]

Dalam episode ini, dikisahkan bahwa Tintin sedang berjalan-jalan dengan Milo. Dimana kemudian moncong Milo terjepit dalam suatu kaleng bekas daging kepiting ketika ia sedang mencoba mencari tulang yang amat dia senangi. Tak lama kemudian Tintin bertemu dengan kedua detektif kembar Dupondt yang sedang terlibat dalam suatu kasus penyelidikan koin palsu, dimana dengan cerobohnya mereka mempergunakan koin palsu tersebut di suatu cafe.

Kemudian kedua detektif kembar mengajak Tintin ke apartemennya untuk menunjukkan berkas-berkas yang telah kumpulkan dalam rangka proses penyelidikan koin palsu tersebut. Di antara tumpukan berkas-berkas tersebut secara tidak sengaja Tintin menemukan sebuah kotak dengan sobekan kertas yang mirip dengan kertas pembungkus kaleng makanan daging kepiting yang ditemukan oleh Milo beberapa saat yang lalu. Di sobekan kertas tersebut terlihat ada bekas tulisan yang sudah hampir hilang, dan ketika reka ulang didapatkan tulisan Karaboudjan yang ternyata itu adalah nama sebuah kapal barang tempat bertemunya tokoh Tintin dengan Kapten Haddock.

Sejarah Penerbitannya[sunting | sunting sumber]

Publication history[sunting | sunting sumber]

Cerita ini pertama kali diterbitkan dalam bentuk komik strip pada tahun 1941.

Cerita ini dituliskan setelah Hergé dipaksa menuliskan ulang cerita, Negeri Emas Hitam, yang juga mengambil tempat di gurun pasir, ketika pihak Nazi menjajah negeri Belgia. Selama masa pendudukan tersebut, penerbitan dari harian Le Petit Vingtième, yang merupakan halaman tambahan untuk anak-anak yang menerbitkan cerita-cerita Petualangan Tintin sebelumnya, dihentikan sehingga Hergé harus mencari cara lain untuk menerbitkan karya-karyanya. Dalam edisi-edisi awal dari cerita Negeri Emas Hitam ditampilkan berbagai konflik politis antara kaum Yahudi, Arab dan British di Palestina. Hergé diminta oleh harian Le Soir untuk membuat halaman tambahan mingguan, yang mirip dengan Le Petit Vingtième, yang diberi nama Le Soir Jeunesse, dan ia mulai menuliskan cerita tentang penyelundupan obat bius dengan versi yang kurang kontroversial.