Tintin and I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tintin et moi
Tintin et moi poster small.jpg
Film poster for 'Tintin et Moi'
Sutradara Anders Høgsbro Østergaard
Penulis Anders Høgsbro Østergaard
Pemeran Hergé
Tanggal rilis 2003
Bahasa Prancis
Inggris
Danish

'Tintin and I (dalam bahasa Perancisnya : Tintin et moi) adalah sebuah film dokumentasi yang dibuat pada tahun 2003 oleh Anders Høgsbro Østergaard, tentang artis dan penulis dari Belgia Georges Remi, atau yang lebih dikenal dengan nama Hergé, dan hasil karyanya Tintin. Film ini diproduksi bersama antar beberapa negara berikut : Denmark, Belgia, Perancis, dan Swiss.

Film ini didasarkan pada hasil wawancara dari Numa Sadoul dengan Hergé yang sudah dilakukan sejak tahun 1970, dan kemudian lebih detailnya mengulas tentang kehidupan dari Hergé dan bagaimana kesuksesan dari serial Petualangan Tintin mempengaruhinya.

Film ini pada dasarnya lebih menekankan pada pengalaman Hergé dan kondisi mentalnya hingga penulisan dari kisah Tintin di Tibet, yang juga dikenal sebagai album pribadinya. Sejarah dari Tintin dapat juga dilihat pada kehidupan dari Hergé sendiri dan dimana ia tumbuh bersama-sama dengan perkembangan karakter yang dibuatnya.

Pada dasarnya tema yang diambil dari film ini adalah bagaimana kehidupan pribadi dari Hergé, atau lebih tepatnya seorang Georges Remi, berpengaruh sangat besar pada karya-karyanya; sebagai contoh, Bianca Castafiore sebenarnya adalah gambaran dari istri pertamanya, Germaine, dan jika diamati, bagaimana si Kapten Haddock memperlakukannya, sebenarnya menggambarkan bagaimana hubungan antara Goerges Remi dengan istrinya itu. Secara khusus, hubungan keibuan dari Germaine kepadanya digambarkan dengan apik dalam kisah Permata Castafiore. Dalam film ini juga dibicarakan hal-hal yang berhubungan dengan pengalaman religious darinya termasuk pengaburan pandangannya atas Gereja Katolik dan perlawanannya yang terlihat dalam pengorbanan dari Wolff dalam episode Petualangan di Bulan. Pengaruh dari Chang pada karya-karyanya juga diulas dalam film ini, dengan menampilkan berbagai dokumentasi tentangnya serta momen pertemuan mereka pada tahun 1981.

Dari segi aspek teknis, film ini menampilkan suatu tekni yang menarik, dimana dilakukan penggabungan antara grafikal efek untuk menganimasikan berbagai gambar dan foto dan disesuaikan dengan suara rekaman dari wawancara yang telah dilakukan. Para pembicara yang lain juga dianimasikan, seperti beberapa adegan dari jatuhnya pesawat Tintin dalam episode Tintin di Tibet dan beberapa adegan dari jalan-jalan di Shanghai yang diambil dari episode [[Lotus Biru]. Proses wawancara dilakukan oleh beberapa aktor, namun tidak pernah ditampilkan wajah mereka; meskipun bagian dari tangan yang sedang memegang buku, meminum teh dan hal-hal semacam itulah.

Film ini pernah ditampilkan dan akan ditampilkan kembali di jariangan Televisi di Inggris, BBC Four.