Yves Rodier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yves Rodier

Yves Rodier dilahirkan pada 5 Juni, 1967 di Farnham, Québec [1]) adalah seorang pembuat komik strip berBahasa Perancis namun tinggal dan berasal dari Quebec atau dikenal dengan istilah Québecois. Ia selalu menyukai komik-komik, namun ia pernah menjadi seorang pemain musik atau pembuat film. Komik pertamanya adalah dengan membuat komik tiruan dari pengarang pujaannya, Hergé, dengan membuat pastiches dari Petualangan Tintin. Hasil karyanya ini dianggap ilegal dan tidak memberikannya banyak pemasukan, walaupun dengan begini ia dapat bertemu dengan kartunis lainnya, seperti Bob de Moor, Jacques Martin dan Greg. Pada tahun 1995, ia bertemu dengan Daniel dan Richard Houde, dan majalah mereka 'Pignouf', dimana kemudian dia memulai komiknya sendiri, serial 'Pignouf et Hamlet', yang menceritakan tentang seorang anak lai-laki dan babinya. Namun sayangnya majalah itu hanya mampu terbit sebanyak lima nomor, meskipun serial itu tetap berlanjut.

Karyanya[sunting | sunting sumber]

Pastiches Tintin[sunting | sunting sumber]

Ia sangat terilhami oleh kisah komik Petualangan Tintin buah karya dari Hergé, dimana hal itu membuatnya menciptakan versinya sendiri mengenai Tintin. Karya-karyanya sering disebut sebagai pastichesnya Tintin, yang artinya karya-karyanya mencoba meniru gaya dari Hergé. Oleh karenanya karya-karyanya itu illegal, karena melanggar hak cipta dari Tintin yang dipegang oleh Yayasan Hergé (Moulinsart), tetapi beberapa pernah diterbitkan dan bisa dengan mudah dicari di Internet.

Tintin dan Alpha-Art[sunting | sunting sumber]

Buku terakhir dari Petualangan Tintin, Tintin dad Alph-Art secara tidak resmi sudah diselesaikan ceritanya oleh dalam edisi hitam dan putih. Beberapa orang pernah mewarnainya, seperti 'Alph-junis', dan telah dialih bahasakan kedalam bahasa Inggris. Pernah diterbitkan di musim semi tahun 1986 dan ditunjukkan ke Moulinsart, dan memintanya untuk menyetujuinya menjadi kisah resmi, namun sayangnya pihak yayasan menolaknya. Pada tahun 1991, ia bertemu dengan Bob de Moor, dan bersama-sama mereka meminta izin untuk menggambar ulang buku tersebut, tapi tetap saja pihak yayasan tidak setuju hingga akhirnya De Moor meninggal dunia pada tahun 1992. Akhirnya ia menggambar ulang beberapa bagiannya dan membuatnya kian mirip dengan gaya Hergé. Edisi ini amat susah ditemui karena hanya diedarkan dalam bentuk cakra keping CD dan bukan dicetak sebagaimana kisah-kisah Petualangan Tintin asli lainnya.

A Day at the Airport[sunting | sunting sumber]

Hergé sebenarnya pernah melontarkan ide untuk cerita Tintin sebaiknya di lakukan di area bandara. Namun nampaknya ia mengubah lokasinya lebih mengarah ke dunia seni dan mulai membuat karya terakhirnya yang tidak selesai Tintin dad AlphA-Art. Oleh karena itu Rodier mulai membuat buku baru yang berjudul A Day at the Airport walaupun pada akhirnya tidak diselesaikannya, namun beberapa bagian pertamanya bocor ke Internet. Kisahnya mengambil beberapa tokoh dari cerita Petualangan Tintin seperti Jenderal Alcazar, dimana dalam buku itu ditembak mati oleh Dr. J.W. Müller.

Tintin di Tibet halaman 27b[sunting | sunting sumber]

Ia juga menambahkan satu halaman tambahan dari kisah Tintin di Tibet, dimana akhirnya dihapuskan oleh Hergé.

Tintin, Freelance reporter for Le Petit Vingtième[sunting | sunting sumber]

Kisah aslinya adalah sebuah skenario untuk lomba menggambar yang diadakan oleh Journal de Spirou nomor 1027, dari 19 Desember 1957. Dua puluh tahun kemudian, ia mempergunakannya untuk lomba menggambar lainnya dan mengubahnya menjadi 6 halaman tambahan sebagai pengantar dari kisah Tintin di Tanah Sovyet, dimana halaman-halaman tersebut menerangkan bagaimana Tintin dapat menjadi seorang wartawan. Dan karena ia mempergunakan tokoh yang sudah ada, maka pihak panitia lomba mendiskualifikasikannya.

The Witches Lake[sunting | sunting sumber]

Kisah tujuh halaman sepenuhnya buah karyanya dan ia juga dikenal sebagai The Sorcerers Lake. Kisah ini bercerita tentang seekor monster di salah satu danau dan dijadikan cerita sebelum Tintin di Tibet.

Tintin et le Thermozéro[sunting | sunting sumber]

Versinya tentang Le Thermozéro yang dihasilkan dari empat halaman sketsa buah karya dari Hergé.

Pignouf and Hamlet[sunting | sunting sumber]

Ini adalah ksiah seorang anak lelaki dan babinya dan cerita ini tidak pernah dialih bahasakan ke bahasa Inggris, dan karyanya ini diterbitkan oleh David.

  • The Wild Band — Buku pertamanya diterbitkan pada tahun 2000; nama Perancisnya adalah La Bande Sauvage.
  • The Claw of the Tiger — Buku keduanya yang tidak jadi diterbitkan karena ia lebih berkonsentrasi untuk buku serial yang lain. Namun bocoran dari buku dapat ditemui di Internet.

Simon Nian[sunting | sunting sumber]

Serial ini diterbitkan oleh François Corteggiani.

  • Decimates and the Screw (Juni 2005)
  • The Demons of Petransac (2006)
  • The Cursed Exposure (akan terbit)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]