Marlinspike Hall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tintin dan Kapten Haddock sedang berjalan menuju Marlinspike Hall
Le Chateau de Cheverny yang menjadi model Marlinspike Hall

Marlinspike Hall (Le château de Moulinsart dalam bahasa Perancis-Belgia) adalah rumah kastil milik Kapten Haddock dalam serial petualangan Tintin karya Hergé.

Kastil ini digambarkan meniru bagian tengah Château de Cheverny (lihat foto). Nama Perancis ini berasal dari kata Sart-Moulin, sebuah desa dekat Braine-l'Alleud di Walloon Brabant, Belgia; sebagai sebuah referensi terhadap sejarah maritim keluarga Kapten Haddock, dalam bahasa Inggris kastil ini dinamai Marlinspike --- sebuah alat yang digunakan pelaut untuk mengikat tali tambang.

Marlinspike Hall pertama muncul dalam Rahasia Kapal Unicorn, ditinggali oleh para penjahat dalam cerita itu, Bird Bersaudara. Di akhir cerita Harta Karun Rackham Merah, kastil ini dibeli oleh Profesor Calculus mewakili Kapten Haddock; harta karun dari cerita turun-temurun tersebut akhirnya ditemukan di ruang bawah tanah kastil ini. Profesor Calculus membeli Marlinspike Hall dengan royalti yang diperolehnya dari menjual paten kapal selam ke pemerintah. Profesor Calculus membeli Hall tersebut atas nama Kapten Haddock, sebagai tanda terima kasih telah memberinya kesempatan untuk men-test run kapal selam rancangannya.

Marlinspike menjadi tempat tinggal Tintin dan Kapten Haddock saat bersantai di antara petualangan-petualangan mereka. Dalam Zamrud Castafiore, semua kejadian dalam cerita ini berlangsung di kastil, halaman kastil dan daerah pedesaan sekitarnya.

Marlinspike Hall digambarakn sebagai sebuah tempat tinggal yang luas dan megah, dihiasi dengan berbagai karya seni, furnitur antik, dan sebuah galeri dari harta kekayaan keluarga Kapten Haddock. Pekarangannya terdiri atas taman luas yang ditumbuhi pohon-pohon besar, lapangan luas terbuka, dan sebuah taman bunga mawar. Pekarangan ini dikelilingi oleh tembok tinggi dengan sedikitnya dua pintu gerbang dan sebuah bangunan kecil (yang digunakan oleh Profesor Calculus sebagai laboratorium dalam Penculikan Calculus).

Ukuran rumah dan pekarangan Marlinspike Hall kelihatannya membutuhkan banyak pembantu rumah tangga dan tukang kebun, tetapi hanya seorang pelayan setia --- Nestor --- yang pernah terlihat.