Kekristenan di Bahrain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kekristenan di Bahrain dianut oleh sekitar 10% dari populasi penduduk negara Bahrain. Negara ini telah memiliki komunitas Kristen asli selama berabad-abad, dengan kehadiran pertama yang tercatat kembali ke abad ke-12. Ekspatriat Kristen membentuk mayoritas Kristen di Bahrain, sementara Kristen Bahrain asli (yang memegang kewarganegaraan Bahrain) membentuk sebuah komunitas yang jauh lebih kecil. Alees Samaan, duta besar Bahrain saat ini untuk Inggris, adalah seorang Kristen asli.

Kristen Bahrain[sunting | sunting sumber]

Kristen asli yang memegang kewarganegaraan Bahrain sekitar 1.000 orang. [1][note 1] Mayoritas orang Kristen ini berasal dari Irak, Palestina dan Yordania dan telah tinggal di Bahrain selama berabad-abad. Ada juga sejumlah kecil orang Kristen asli dari Lebanon, Suriah, dan India.

Mayoritas warga Kristen Bahrain cenderung Kristen Ortodoks, dengan gereja terbesar dengan keanggotaan menjadi Gereja Ortodoks Yunani. Mereka menikmati banyak kebebasan beragama dan sosial yang sama. Bahrain memiliki anggota Kristen di pemerintah Bahrain. Bahrain adalah salah satu dari dua negara GCC memiliki populasi Kristen pribumi, negara lain, Kuwait, juga memiliki populasi Kristen tetapi dalam jumlah yang lebih kecil, dengan hanya 200 warga Kristen Kuwait.

Ekspatriat Kristen[sunting | sunting sumber]

Warganegara asing dari seluruh dunia yang tinggal dan bekerja di Bahrain membentuk mayoritas Kristen di Bahrain. Mereka termasuk orang-orang dari Eropa, Amerika Utara dan Selatan, Afrika, Asia, dan Timur Tengah. Mereka termasuk dalam berbagai gereja Katolik, Ortodoks, dan Protestan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 2010 Census shows only two religion categories: "Muslim" and "Other". Reasonably assuming majority of "Other" Bahraini citizens is Christian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2010 Census Results". Diakses June 15, 2012. 

Bacaan terkait[sunting | sunting sumber]

  • Fahlbusch, Erwin, ed. (1999), "Bahrain", Encyclopedia of Christianity 1, Grand Rapids: Wm. B. Eerdmans, hlm. 181–182, ISBN 0802824137 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]