Kekristenan di Kuwait

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kekristenan di Kuwait adalah agama minoritas, sekitar 10-20% dari populasi penduduk di negara itu, atau 650.000 orang. Kristen Kuwait dapat dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama adalah orang Kristen yang asli Kuwait, mereka berjumlah sekitar 400 orang.[1] Kelompok kedua, yang membentuk mayoritas Kristen di Kuwait, adalah ekspatriat dari berbagai negara di seluruh dunia.

Kristen Kuwait[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kristen asli Kuwait adalah beragam.[1] Pada tahun 1999, ada 400 warga Kuwait Kristen. Pada Juni 2013, ada 256 warga negara Kuwait Kristen yang berada di Kuwait.[2] Ada dilaporkan 200 keluarga Kristen asli Kuwait.[3]

Orang-orang Kristen awal Kuwait berasal dari Irak dan Turki.[4] Mereka telah berasimilasi ke dalam masyarakat Kuwait, seperti rekan-rekan Muslim mereka, dan cenderung berbicara bahasa Arab dengan dialek Kuwait; makanan dan budaya mereka juga didominasi Kuwait. Membuat sekitar seperempat dari penduduk Kristen Kuwait. Sisanya (sekitar tiga perempat) adalah pendatang baru lainnya pada tahun 1950-an, sebagian besar Kuwait keturunan Palestina adalah yang meninggalkan Palestina setelah tahun 1950, dengan jumlah yang lebih kecil berasal dari Suriah dan Lebanon.[4] Mereka tidak berasimilasi dari kelompok sebelumnya, sebagai makanan, budaya, dan dialek Arab masih mempertahankan nuansa Levant). Namun, mereka hanya sebagai patriotik dari kelompok aslinya, dan cenderung bangga karena banyak mengadopsi dari tanah air mereka, dengan banyak yang mengabdi di tentara, polisi, pegawai negeri, dan luar negeri. Sebagian besar orang Kristen warga Kuwait milik 12 keluarga besar, dengan keluarga Shammas (dari Turki) dan Shuhaibar (dari Palestina) menjadi beberapa yang lebih menonjol dari yang lain.

Kuwait adalah satu-satunya negara Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk selain Bahrain yang memiliki populasi Kristen lokal dan memegang kewarganegaraan.

Orang kristen kuwait[sunting | sunting sumber]

  • Amanuel Benjamin Ghareeb (lahir 1950), seorang imam Kuwaiti penting dan perwakilan dari Gereja Evangelis Kuwait.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "International Religious Freedom Report". US State Department. 1999. 
  2. ^ "Nationality By Relegion and Gender". Government of Kuwait. 2013. 
  3. ^ "Kuwait". hlm. 49. "Most of the Christians are foreign workers, although there are about 200 native Kuwaiti Christian families." 
  4. ^ a b "'Christians Enjoy Religious Freedom'". arabtimesonline.com. 2012. 
  5. ^ http://www.arabtimesonline.com/NewsDetails/tabid/96/smid/414/ArticleID/147658/reftab/69/Default.aspx

Sumber[sunting | sunting sumber]