Kekristenan di Armenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kekristenan di Armenia merupakan agama mayoritas. Armenia memiliki kelompok gereja sendiri, yaitu Gereja Apostolik Armenia. Gereja Katolik Roma di Armenia merupakan bagian dari Gereja Katolik Roma di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan rohani Paus dan Kuria di Roma. Ada sekitar 110.000 umat Katolik di Armenia, yang mewakili sekitar 4% dari total populasi.

Apostolik Armenia (Oriental Orthodox)[sunting | sunting sumber]

Prosesi imam Apostolik Armenia.

Kekristenan pertama kali diperkenalkan langsung oleh para rasul Bartolomeus dan Yudas bin Yakobus pada abad ke-1 Masehi. Armenia menjadi negara pertama yang mendirikan agama Kristen sebagai agama negara saat itu[1][2][3][4], dalam sebuah acara tradisional tanggal 301 M, St Gregorius Illuminator meyakinkan Tiridates III, raja Armenia, untuk masuk agama Kristen. Sebelum ini, agama yang dominan adalah Zoroastrianisme dan paganisme di tingkat yang lebih kecil.

Gereja Katolik Armenia (gereja Katolik Timur dalam persekutuan penuh dengan Roma) membentuk keuskupan dalam Armenia pada tahun 1991, setelah runtuhnya Uni Soviet. Ini menyatakan sekitar 200.000 pengikut di "Keuskupan untuk Eropa Timur" (berbasis di Gyumri) pada tahun 2000, dan 490.000 pada tahun 2008.

Yurisdiksi teritorial dan Keuskupan[sunting | sunting sumber]

Ada dua yurisdiksi teritorial di negara itu - sebuah Administrasi Apostolik bagi Ritus Latin dan Ordinariate untuk penganut setia Ritus Timur bagi orang-orang Armenia. Yang terakhir ini mencakup umat Katolik lainnya di Eropa Timur dari ritus Armenia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Armenia – Which Nation First Adopted Christianity?". Ancienthistory.about.com. 29 October 2009. Diakses 2010-01-25. 
  2. ^ "Visit Armenia, It is Beautiful". Visitarmenia.org. Diakses 2010-01-25. 
  3. ^ "Armenia Information – Welcome to Armenia". Welcomearmenia.com. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 6 February 2010. Diakses 2010-01-25. 
  4. ^ "Blog Archive " Which is the first country to adopt Christianity?". Did You Know it. Diakses 2010-01-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]