Kekristenan di Siprus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Orang Kristen berjumlah 78% dari total populasi rakyat Siprus. Kebanyakan Siprus Yunani, dan dengan demikian mayoritas penduduk Siprus, adalah anggota Gereja Ortodoks Yunani otosefalus Siprus (Gereja Siprus). Ada juga kelompok kecil masyarakat Protestan (termasuk Anglikan), Katolik Roma, Maronit (Timur Ritus Katolik) dan Apostolik Armenia di Siprus.

Kekristenan[sunting | sunting sumber]

Gereja Ortodoks Yunani dari Siprus[sunting | sunting sumber]

Gereja yang paling penting di Siprus yaitu Gereja Siprus, adalah Gereja Ortodoks Yunani otosefalus dalam tradisi Ortodoks menggunakan liturgi Yunani. Ini mengakui senioritas dan prestise dari patriark ekumenis di Konstantinopel, dan tetap mempertahankan otonomi administrasi lengkap di bawah Uskup Agung sendiri.

Gereja Armenia di Siprus[sunting | sunting sumber]

Kehadiran Armenia di Siprus tanggal kembali ke 578. Saat ini, Armenia-Siprus mempertahankan kehadiran yang menonjol dari sekitar 3.500 orang, terutama mendiami daerah perkotaan Nicosia, Larnaca dan Limassol. Baru-baru ini, beberapa imigran Armenia telah menetap Paphos.

Gereja Katolik Roma[sunting | sunting sumber]

Katolik Roma meliputi Gereja Maronit dan Latin Ritus Katolik. Siprus memegang minoritas Maronit yang diakui (Timur Ritus Katolik). Dalam sensus 1891, dari 209.286 orang Siprus, sebanyak 1.131 yang Maronit. Pada tahun 1960 sensus mereka menunjukkan jumlah Maronit sebanyak 2752, di empat desa semua terletak di utara pulau, yang diduduki sejak tahun 1974 oleh Turki. Populasi mereka saat ini diperkiran sekitar 6.000, di antaranya 150 orang tinggal di bagian yang diduduki Turki.[1] Asal Gereja Maronit adalah Lebanon.

Gereja Katolik Roma di Siprus merupakan bagian dari Gereja Katolik Roma di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma. Ada sekitar 10.000 umat Katolik di Siprus, sesuai dengan hanya lebih dari 1% dari total populasi. Sebagian jamaat Katolik Maronit baik di bawah Uskup Agung mereka, atau Latin, di bawah Patriarkat Yerusalem, dengan Jenderal Patriarki Vikaris.

Protestan dan Anglikan[sunting | sunting sumber]

Protestan Turki dan Anglikan Siprus adalah komunitas yang sangat kecil yang tinggal di Siprus utara dan di antara para diaspora Siprus dari Turki. Angka-angka jumlah masyarakat sekitar lima ratus yang tinggal di seluruh Siprus utara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mirbagheri, Farid (2010). Historical dictionary of Cyprus. Scarecrow Press. ISBN 9780810855267. 

 Artikel ini berisi bahan berstatus domain publik dari situs web atau dokumen milik Library of Congress Country Studies.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]