Irene dari Athena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Irene
Maharani Kekaisaran Romawi Timur
Berkas dari "Pala d'Oro", Venesia, abad ke-10.
Masa kekuasaan 797–802
Lahir c. 752
Wafat 9 Agustus 803 (umur 51)
Pendahulu Konstantinus VI
Pengganti Nikephoros I
Pasangan Leo IV
Anak Konstantinus VI
Dinasti Dinasti Isaurianus

Irene Sarantapechaina (bahasa Yunani: Ειρήνη Σαρανταπήχαινα), juga dikenal dengan nama Irene dari Athena atau Irene si orang Athena (bahasa Yunani: Ειρήνη η Αθηναία) (c. 752 – 9 Agustus 803) adalah seorang maharani Romawi Timur yang berkuasa dari tahun 797 sampai 802, setelah sebelumnya menjadi selir dari tahun 775 hingga 780, serta ibu suri dan wali dari tahun 780 sampai 797.

Irene lahir di keluarga bangsawan Athena. Pamannya adalah seorang patrisian dan strategos. Ia dibawa ke Konstantinopel oleh Kaisar Konstantinus V pada 1 November 769 dan dinikahkan dengan anaknya Leo IV pada 17 Desember.

Pada 14 Januari, Irene melahirkan Konstantinus VI. Saat Konstantinus V wafat pada September 775, Leo menggantikannya. Setelah Leo meninggal pada tahun 780, Irene menjadi wali untuk anaknya yang masih berumur sembilan tahun.

Begitu Konstantinus VI mulai dewasa, ia mulai gelisah dengan kekuasaan otokratis Irene. Upayanya untuk membebaskan diri digagalkan oleh sang maharani. Irene lalu mulai merancang konspirasi. Konstantinus melarikan diri dan meminta bantuan ke provinsi-provinsi, namun peserta konspirasi malah mengepungnya. Begitu ditangkap di pantai selat Bosphorus bagian Asia, ia dibawa kembali ke Konstantinopel dan matanya dicongkel. Ia lalu meninggal karena terluka beberapa hari kemudian.

Pada masa kekuasaannya, Irene merestorasi pemujaan ikon (citra Kristus atau santo-santa). Ia juga menundukan bangsa Slavia di Balkan, yang menjadi fondasi untuk ekspansi dan re-Helenisasi. Akan tetapi, Irene diganggu oleh bangsa Arab, dan pada tahun 782 dan 798, ia terpaksa menerima syarat-syarat dari Khalifah Al-Mahdi dan Harun al-Rashid.

Masa kekuasaan Irene berakhir pada tahun 802, setelah para patrisian berkonspirasi dan mengangkat Nikephoros (menteri keuangan) sebagai kaisar. Irene dibuang ke Lesbos dan meninggal pada tahun berikutnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber utama

Secondary Sources

  • The Oxford Dictionary of Byzantium, Oxford University Press, 1991.
  • Alexander, Archibald, and André Lagarde, Joseph Turmel. The Latin Church in the Middle Ages, C. Scribner's Sons, 1915.
  • Barbe, Dominique. Irène de Byzance: La femme empereur, Paris, 1990.
  • Artikel ini memuat teks dari Encyclopædia Britannica Eleventh Edition, publikasi yang sekarang berada di domain umum.
  • Herrin, Judith (2001). Women in Purple:Rulers of Medieval Byzantium. London: Phoenix Press. ISBN 1-84212-529-X. 
  • Garland, Lynda (1999). Byzantine Empresses: Women and Power in Byzantium, AD 527–1204. London: Routledge. ISBN 0415146887. 
  • Wace, Henry and William Smith, A Dictionary of Christian Biography, Literature, Sects and Doctrines, J. Murray, 1882.