Otho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Otho
Kaisar Romawi ke-7
Patung Otho
Berkuasa15 Januari 69 – 16 April 69
(3 bulan)
PendahuluGalba
PenerusVitellius
Kelahiran(32-04-28)28 April 32
Ferentium, Italy
Kematian16 April 69(69-04-16) (umur 36)
Roma
Nama lengkap
Marcus Salvius Otho
(nama lahir); Marcus Salvius Otho Caesar Augustus (menjadi kaisar,
kadang dipanggil Marcus Salvius Otho Nero Caesar Augustus
AyahLucius Otho
IbuTerentia Albia
Istri

Otho (/ˈoʊθoʊ/;Latin: Marcus Salvius Otho Caesar Augustus;[2][3] 28 April 32[4] – 16 April 69),adalah kaisar Romawi selama 3 bulan menggantikan Galba. Dia memerintahan dari 15 Januari 69-16 April 69 dan merupakan kaisar kedua dari empat tahun kaisar

Kelahiran dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Otho adalah milik kuno dan mulia keluarga Etruscan, keturunan dari para pangeran dari Etruria dan menetap di Ferentinum (yang modern Ferento, dekat Viterbo) di Etruria.

Masa Dewasa[sunting | sunting sumber]

Masa depan Kaisar muncul pertama kali sebagai salah satu yang paling sembrono dan boros dari para bangsawan muda yang dikelilingi Nero. persahabatan ini diakhiri pada tahun 58 M karena istrinya, wanita bangsawan Poppaea Sabina. Otho memperkenalkan istrinya yang cantik kepada Kaisar pada Poppaea desakan, yang kemudian mulai berselingkuh yang akhirnya akan menyebabkan kematian dini nya. Setelah aman menetapkan posisi ini sebagai gundiknya, ia bercerai Otho dan memiliki Kaisar mengirim dia pergi sebagai gubernur ke provinsi terpencil Lusitania (yang sekarang bagian dari baik modern Portugal dan Extremadura, Spanyol).

Otho tetap di Lusitania selama sepuluh tahun ke depan, pemberian provinsi dengan moderasi biasa di time.name itu = Suetonius /> Ketika di 68 AD tetangganya masa depan Kaisar Galba, Gubernur Hispania Tarraconensis, bangkit memberontak melawan Nero, Otho menemaninya ke Roma. Kebencian pada perlakuan yang diterimanya dari Nero mungkin telah mendorongnya untuk kursus ini, tetapi untuk motif ini ditambahkan tak lama bahwa ambisi pribadi.

Galba tak punya anak dan jauh maju dalam beberapa tahun, dan Otho, didorong oleh prediksi peramal s, bercita-cita untuk menggantikannya. Dia datang ke perjanjian rahasia dengan Galba ini favorit, Titus Vinius, setuju untuk menikahi putri Vinius 'dalam pertukaran untuk dukungannya. Namun, pada Januari 69 AD, harapannya pupus oleh adopsi formal Galba murah dari Lucius Calpurnius Piso Licinianus, yang Galba sebelumnya bernama penerima dalam surat wasiatnya.

Menggulingkan Kaisar Galba[sunting | sunting sumber]

Setelah ini, Otho memutuskan untuk menyerang pukulan berani. Putus asa seperti keadaan keuangannya, berkat pemborosan sebelumnya, ia menemukan uang yang dibutuhkan untuk membeli layanan dari sekitar dua puluh tiga tentara dari Praetorian penjaga. Pada pagi hari tanggal 15 Januari, hanya lima hari setelah Galba mengadopsi Piso, Otho hadir seperti biasa untuk membayar hormat kepada Galba, dan kemudian buru-buru pamit karena bisnis swasta dan bergegas dari Bukit Palatine untuk memenuhi antek-anteknya. Ia kemudian dikawal ke kamp Praetorian, di mana, setelah beberapa saat terkejut dan kebingungan, ia memberi hormat sebagai Imperator.

Dengan kekuatan yang mengesankan ia kembali ke Roman Forum, dan pada kaki Bukit Capitoline ditemui Galba, yang, khawatir dengan rumor agak kabur pengkhianatan, membuat jalan melalui kerumunan padat mengembara warga menuju barak dari penjaga. The kohort yang sedang bertugas di Palatine, yang menemani Kaisar, langsung meninggalkan dia. Galba, anaknya yang baru diadopsi Piso dan lain-lain dibunuh secara brutal oleh Praetorians. Perjuangan singkat atas, Otho kembali kemenangan ke kamp, dan pada hari yang sama sepatutnya diinvestasikan oleh senator dengan nama Augustus, kekuatan tribunician dan yang martabat lainnya milik Kepangeranan tersebut.

Otho telah berutang kesuksesannya sendiri untuk kebencian yang dirasakan oleh para penjaga Praetorian dan seluruh tentara pada penolakan Galba untuk membayar emas yang dijanjikan kepada orang-orang yang mendukung aksesi ke tahta. Populasi kota itu juga tidak senang dengan Galba dan dihargai memori Nero. Tindakan pertama Otho sebagai Kaisar menunjukkan bahwa ia tidak lengah dari fakta-fakta ini.

Kejatuhan[sunting | sunting sumber]

Otho

Dia diterima, atau muncul untuk dterima, para julukan dari Nero diberikan kepadanya oleh teriakan rakyat, yang relatif masih muda dan yang kebancian penampilannya mengingatkan favorit mereka yang hilang. Patung Nero yang lagi mengatur, Freedmen dan petugas rumah tangga diinstal ulang (termasuk dikebiri anak muda Sporus yang telah mengambil Nero dalam pernikahan dan Otho juga akan hidup intim dengan [6] [7]), dan penyelesaian dimaksudkan dari Golden House mengumumkan .

Pada saat yang sama ketakutan warga lebih bijaksana dan terhormat yang disembuhkan oleh profesi liberal Otho tentang niatnya untuk memerintah dengan adil, dan dengan grasi bijaksana ke arah Marius Celsus, konsul-menunjuk, penganut setia Galba. Otho segera menyadari bahwa itu jauh lebih mudah untuk menggulingkan Kaisar dari aturan sebagai salah satu: menurut Suetonius [8] Otho pernah mengatakan bahwa "Bermain Pipa panjang hampir perdagangan saya" (yaitu melakukan sesuatu di luar kemampuan seseorang untuk melakukannya).

Perang dengan Vitellius[sunting | sunting sumber]

Setiap pengembangan lebih lanjut dari kebijakan Otho itu diperiksa setelah Otho telah membaca melalui korespondensi pribadi Galba dan menyadari sejauh mana revolusi di Jerman, di mana beberapa legiun telah menyatakan untuk Vitellius, komandan pasukan di bawah Sungai Rhine, dan sudah maju pada Italia. Setelah upaya sia-sia untuk mendamaikan Vitellius oleh tawaran saham di Kekaisaran, Otho, dengan semangat yang tak terduga, disiapkan untuk perang. Dari provinsi jauh lebih terpencil, yang telah dibebaskan dalam aksesi, sedikit bantuan yang diharapkan; tetapi legiun Dalmatia, Pannonia dan Moesia bersemangat dalam tujuannya, kohort Praetorian berada dalam diri mereka menjadi kekuatan yang tangguh dan armada yang efisien memberinya penguasaan laut Italia.

Armada itu sekaligus dikirim untuk mengamankan Liguria, dan pada tanggal 14 Maret Otho, undismayed oleh pertanda dan nubuat, mulai ke utara di kepala pasukannya dengan harapan mencegah masuknya pasukan Vitellius 'ke Italia. Tapi untuk ini ia terlambat, dan semua yang bisa dilakukan adalah untuk melemparkan pasukan ke Placentia terus garis Po. Penjaga canggih Otho ini berhasil mempertahankan Placentia melawan Aulus Caecina Alienus, dan memaksa bahwa umum untuk jatuh kembali Cremona. Namun kedatangan Fabius Valens mengubah aspek urusan.

Komandan Vitellius 'sekarang memutuskan untuk membawa pada pertempuran yang menentukan, Pertempuran Bedriacum, dan desain mereka dibantu oleh nasihat-nasihat dibagi dan tidak tegas yang berlaku di kamp Otho ini. Para petugas yang lebih berpengalaman mendesak pentingnya menghindari pertempuran, sampai setidaknya legiun dari Dalmatia telah tiba. Tapi keadaan terburu saudara Kaisar Titianus dan Proculus, prefek Praetorian Guards, ditambahkan ke ketidaksabaran demam Otho ini, ditolak semua oposisi, dan uang muka langsung diputuskan.

Otho sendiri tetap di belakang dengan kekuatan cadangan yang cukup besar di Brixellum, di tepi selatan Po. Ketika keputusan ini diambil, tentara Otho ini sudah menyeberangi Po dan yang berkemah di Bedriacum (atau Betriacum), sebuah desa kecil di Via Postumia, dan pada rute dimana legiun dari Dalmatia alami akan tiba.

Meninggalkan detasemen kuat untuk menahan kamp di Bedriacum, pasukan Othonian maju sepanjang Via Postumia ke arah Cremona. Pada jarak pendek dari kota bahwa mereka tiba-tiba ditemui pasukan Vitellian. The Othonians, meskipun diambil di posisi yang kurang menguntungkan, berjuang mati-matian, tetapi akhirnya dipaksa untuk jatuh kembali gangguan pada kamp mereka di Bedriacum. Ada pada hari berikutnya Vitellians menang mengikuti mereka, tetapi hanya untuk berdamai sekaligus dengan musuh kecewa mereka, dan akan menyambut ke kamp sebagai teman.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Lebih tak terduga lagi adalah efek yang dihasilkan di Brixellum oleh berita dari pertempuran. Otho masih dalam komando kekuatan yang tangguh: legiun Dalmatian telah mencapai Aquileia dan semangat prajurit dan perwira mereka terputus. Tapi dia memutuskan untuk menerima putusan pertempuran yang ketidaksabaran sendiri telah dipercepat. Dalam pidato yang bermartabat ia mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang tentang dia, menyatakan: "Hal ini jauh lebih hanya untuk binasa satu untuk semua, daripada banyak untuk satu", [9] dan kemudian pensiun untuk beristirahat nyenyak selama beberapa jam. Pagi-pagi ia menusuk dirinya di jantung dengan belati, yang telah tersembunyi di bawah bantalnya, dan mati sebagai pembantu memasuki tenda.

Abu Otho itu ditempatkan dalam sebuah monumen sederhana. Dia telah memerintah hanya tiga bulan. Pemakamannya dirayakan sekaligus, seperti yang berharap. Sebuah makam polos didirikan untuk menghormatinya di Brixellum, dengan tulisan sederhana DIIS Manibus Marci Othonis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]