Genteng, Banyuwangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Genteng
Kecamatan
Locator Kecamatan Genteng ing Kabupaten Banyuwangi.png

Peta lokasi Kecamatan GentengKantorcamatgentengbwi2013.jpeg
Kantor Camat Genteng
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 5

Genteng adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid Agung Genteng

Ada dua versi yang berkembang dalam penamaan Kecamatan Genteng. Versi pertama menyebutkan bahwa nama Genteng sendiri berasal dari kata Ganteng yang dulu nama dari seorang Pangeran atau tokoh terkemuka di wilayah itu. Dari cerita yang berkembang, Pangeran Ganteng ini merupakan sosok pahlawan yang gigih mengajak masyarakat berperang melawan Kompeni pada zaman penjajahan. Gugur dalam suatu perperangan, pengikutnya lantas memakamkan tokoh ini sebuah wilayah yang sekarang dikenal sebagai Dusun Krajan yang berada di Desa Genteng Wetan dan hingga sekarang masih bisa ditemui. Karena pengucapannya, akhirnya kata Ganteng yang merujuk pada sang Pangeran akhirnya menjadi Genteng dan dipergunakan hingga sekarang menjadi nama kota.

Versi kedua menyebutkan bahwa nama Genteng dihubungkan dengan keberadaan sentra industri genting di daerah tersebut di masa lalu. Bahkan sampai tahun 80an industri genting ini masih ada dan memiliki pasar di lingkup lokal dan kota – kota lain, dan salah satu pabrik besar yang saat ini masih bisa dilihat walaupun hanya reruntuhan bangunannya adalah Pabrik Genteng Karang Pilang yang letaknya di Jl. KH. Hasyim Asy'ari tepatnya di RW. 12 Dusun Krajan Desa Genteng Wetan.[1]

Desa[sunting | sunting sumber]

Kecamatan ini memiliki 5 desa, yaitu:

Sosial kemasyarakatan[sunting | sunting sumber]

Dari segi sosial, secara keseluruhan masyarakat Genteng adalah keturunan pelarian dari Mataram, sehingga sampai sekarang bahasa yang dipergunakan sehari-hari adalah bahasa Jawa Ngoko (Kasar). Sedangkan masyarakat Osing, yang merupakan suku asli Banyuwangi, menempati sebagian besar desa yang berada di sisi timur kecamatan, terutama Kembiritan dan sebagian kecil Desa Genteng Wetan. Khusus makanan khas, selama ini masyarakat Genteng hanya merujuk pada masakan ayam yang berkuah sangat pedas di warung milik Rantinem. Berada tepat di sebelah timur terminal lama atau belakang kantor pos, ayam pedas Ratinem ini setiap harinya ramai dikunjungi tamu yang sebagai besar adalah pelanggan setia. Bahkan ketika liburan, warung ini menjadi jujugkan bagi pelanggan yang berasal dari luar kota yang sengaja datang.[2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sun East Mall

Kecamatan Genteng memiliki 2 SMA Negeri yaitu, SMA Negeri 1 dan 2. Selain itu sekolah menengah kejuruan juga berkedudukan di kecamatan ini.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Pusat perekonomian di wilayah Kecamatan Genteng adalah di Pasar Genteng yang menjadi sentra transaksi barang-barang sembako bagi warga genteng sendiri maupun warga dari kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu di Kecamatan Genteng juga terdapat pusat perbelanjaan seperti Sun East Mall[3], Karunia Damai Sejahtera (KDS) dan Kalisari.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Batas[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GENTENG, SELAYANG PANDANG Diakses 22 Agustus 2013 14.00
  2. ^ Ayam Pedas Rantinem Diakses 22 Agustus 2013 13.54
  3. ^ SUN EAST, MALL BARU DI GENTENG Diiakses 22 Agustus 2013 14.54

Pranala luar[sunting | sunting sumber]