Giri, Banyuwangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Giri
Kecamatan
Locator Kecamatan Giri ing Kabupaten Banyuwangi.png
Peta lokasi Kecamatan GiriKecamatangiribwi.jpeg
Kantor Camat Giri
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Pemerintahan
 • Camat Muhammad Norawi
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 2/4

Giri adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pusat pemerintahan Kecamatan Giri berada di Kantor Camat Giri yang terletak di Jalan Letkol Istiqlah.

Pembagian Administratif[sunting | sunting sumber]

Giri memiliki 2 desa dan 4 kelurahan, yakni:

Bentang Alam dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Giri dahulu memiki luas yang cukup besar. Namun, setelah kebijakan pemekaran yang menghasilkan kecamatan baru (Kecamatan Kalipuro) luas Kecamatan Giri menjadi sempit. Sebagian wilayah Kecamatan Giri seperti Kelurahan Mojopanggung, Kelurahan Penataban dan Kelurahan Giri adalah wilayah yang masuk dalam wilayah perkotaan Banyuwangi dan memiliki pemukiman penduduk yang cukup padat. Sedangkan wilayah lain seperti Kelurahan Boyolangu, Desa Grogol dan Desa Jambesari adalah wilayah pedesaan yang membutuhkan akses lebih lanjut dari pusat kota.

Kecamatan Giri dilewati oleh 3 jalan raya yakni Jalan Brawijaya, Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk. 3 jalan raya ini merupakan jalur alternatif yang diperuntukkan untuk kendaraan besar seperti bus dan truk besar yang tidak diperbolehkan melewati pusat kota (Jalan Nasional Rute 3). Di Kelurahan Penataban terdapat sebuah lapangan yang cukup lebar yang disebut Lapangan Giri. Lapangan Giri ini digunakan untuk kegiatan kecamatan maupun kegiatan yang digelar oleh pemerintah kabupaten seperti Pekan Olahraga Kabupaten Banyuwangi atau sekedar pertandingan sepak bola antar kampung biasa. Sedangkan di Kelurahan Mojopanggung banyak berdiri gedung-gedung satuan dinas, instansi pemerintah kabupaten, dan sekolah-sekolah negeri. GOR Tawangalun yang menjadi pusat olahraga di Banyuwangi juga berlokasi di Kecamatan Giri.

Sosial Kemasyarakatan[sunting | sunting sumber]

Masyarakat Kecamatan Giri memiliki kehidupan menurut di wilayah mana mereka tinggal. Di Kelurahan Mojopanggung, Kelurahan Penataban atau Kelurahan Giri yang masuk wilayah perkotaan, penduduknya bergaya hidup perkotaan, berprofesi sebagai pengusaha, pedagang atau pegawai negeri. Sedangkan di Desa Grogol dan Desa Jambesari banyak penduduknya yang bekerja sebagai petani atau pemilik pabrik penggilingan gabah. Selain itu di Kelurahan Boyolangu diadakan upacara adat "Puter Kayun" setiap tahunnya. Upacara Puter Kayun ini adalah upacara adat dalam rangka mensyukuri hasil bumi dan tolak bala dengan parade delman yang membawa beragam sesajian. Parade "kayun" atau delman ini berawal di Boyolangu dan berakhir di Pantai Watudodol.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lembaga pendidikan yang berdiri di Kecamatan Giri adalah.

  • SD Negeri di setiap kelurahan atau desa
  • SMP Negeri 1 Giri
  • SMA Negeri 1 Giri
  • SMK Negeri 1 Banyuwangi

Batas[sunting | sunting sumber]