Freddie Mercury

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Freddie Mercury

Freddie Mercury
Lahir Farrokh Bulsara
5 September 1946
Stone Town, Zanzibar (sekarang Tanzania)
Meninggal 24 November 1991 (umur 45)
Kensington, London, Inggris, Britania Raya
Pekerjaan Musisi, Penyanyi, Produser rekaman, Penulis lagu
Tahun aktif 1969–1991
Agama Zoroastrianisme

Freddie Mercury (lahir di Stone Town, Zanzibar - sekarang termasuk wilayah Tanzania, Afrika Timur, 5 September 1946 – meninggal 24 November 1991 pada umur 45 tahun) [1][2] adalah seorang musisi, penyanyi, dan penulis lagu asal Inggris, paling dikenal sebagai vokalis dan penulis lirik dari band penganut aliran rock, Queen. Sebagai orang yang sering tampil, ia dikenal karena penampilan panggung yang semarak dan vokal yang kuat, yaitu 4 oktaf. Sebagai penulis lagu, Freddie menyusun banyak hits untuk Queen, termasuk "Bohemian Rhapsody", "Somebody to Love", "We Are the Champions", "Crazy Little Thing Called Love", "Don't Stop Me Now", dan "Killer Queen". Selain karyanya dengan Queen, ia merintis karir solo dan juga kadang-kadang menjabat sebagai produser dan musisi tamu ( piano atau vokal ) untuk artis lain. Dia meninggal karena bronkopneumonia yang dibawa oleh AIDS pada 24 November 1991, hanya satu hari setelah publikasi bahwa ia memiliki penyakit tersebut.

Freddie adalah seorang Parsi, lahir di Zanzibar dan dibesarkan di sana dan di India sampai pertengahan usia remaja . Pada tahun 2002 , Freddie ditempatkan di nomor 58 dalam jajak pendapat BBC dari 100 warga Inggris terbaik, Ia terus menjadi salah satu penyanyi terbesar dalam sejarah musik populer. Pada tahun 2005 , sebuah jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Blender dan MTV2 menilai Freddie sebagai penyanyi laki-laki terbesar sepanjang masa Pada tahun 2008 , penyunting Rolling Stone meletakkannya pada No. 18 pada daftar mereka dari 100 penyanyi terbaik sepanjang masa. Pada 2009 , sebuah jajak pendapat Rock Klasik melihatnya sebagai penyanyi rock terbaik sepanjang masa. Allmusic telah menggambarkan Freddie sebagai "salah satu penghibur rock terbaik sepanjang masa" , yang memiliki " salah satu suara terbaik di seluruh dunia musik".

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Freddie lahir pada saat Protektorat Inggris dari Zanzibar, Afrika Timur (sekarang bagian dari Tanzania). Orang tuanya, Bomi dan Jer Bulsara, adalah Parsis dari wilayah Gujarat yang kemudian menjadi Provinsi Kepresidenan Bombay/Mumbai di Britania-India. Nama keluarganya berasal dari kota Bulsar (juga dikenal sebagai Valsad) di Gujarat Selatan. Sebagai Parsis, Freddie dan keluarganya mempraktekkan agama Zoroaster. Keluarga Bulsara harus pindah Ke Zanzibar agar ayahnya bisa melanjutkan pekerjaannya sebagai kasir di Kantor Kolonial Inggris. Dia memiliki seorang adik perempuan, Kashmira.

Rumah masa kecil Freddie di Zanzibar

Mercury menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di India dan mulai mempelajari piano pada usia tujuh tahun. Pada tahun 1954 , pada usia delapan tahun, Freddie dikirim untuk belajar di St. Peter School , sebuah sekolah asrama bergaya Inggris untuk anak laki-laki di Panchgani dekat Bombay (sekarang Mumbai), India. Salah satu pengaruh musik formatif pada saat itu adalah penyanyi Bollywood Lata Mangeshkar. Pada usia 12 , ia membentuk band sekolah , The Hectics , dan menyanyikan ulang lagu rock and roll dari artis seperti Cliff Richard dan Little Richard. seorang teman dari saat itu ingat bahwa ia memiliki "kemampuan luar biasa untuk mendengarkan radio dan mengulang apa yang ia dengarkan di piano". di St . Peter juga di mana ia mulai menyebut dirinya "Freddie". Freddie tetap di India, hidup dengan nenek dan bibinya sampai ia menyelesaikan pendidikannya di St. Mary School , Bombay.

Pada usia 17, Freddie dan keluarganya melarikan diri dari Zanzibar untuk alasan keamanan karena Revolusi Zanzibar 1964, di mana ribuan orang Arab dan India tewas dibunuh. Keluarganya pindah ke sebuah rumah kecil di Feltham , Middlesex , Inggris . Freddie terdaftar di Isleworth Polytechnic (sekarang West Thames College ) di West London di mana ia belajar seni. Dia akhirnya meraih Diploma di Perguruan Tinggi Seni dan Desain Grafis Ealing Art (sekarang kampus Ealing dari University of West London) kemudian menggunakan keterampilan ini untuk merancang kehebatan Queen. Seorang warga Negara Inggris saat lahir, Freddie tetap demikian selama sisa hidupnya.

Setelah lulus, Freddie bergabung dengan serangkaian band dan menjual pakaian bekas di Pasar Kensington di London dengan pacarnya, Mary Austin. Dia juga memegang pekerjaan di Bandara Heathrow. Teman-teman dari saat itu mengingatnya sebagai seorang pemuda pendiam dan pemalu yang menunjukkan banyak minat dalam musik. Pada tahun 1969 ia bergabung dengan band Ibex, kemudian berganti nama menjadi Wreckage. Ketika band ini gagal untuk menjadi sukses, ia bergabung dengan band lain yang disebut Sour Milk Sea. Namun,pada awal 1970 kelompok ini gagal juga.

Pada bulan April 1970, Freddie bergabung dengan gitaris Brian May dan drummer Roger Taylor yang sebelumnya berada di sebuah band bernama Smile. Meskipun permintaan dari anggota lain dan Trident Studios, manajemen awal band, Freddie memilih nama "Queen" untuk band baru. Dia kemudian mengatakan tentang nama band, "aku pasti menyadari konotasi gay (homoseksual), tapi itu hanya salah satu aspek dari itu". Pada waktu yang sama, dia mengubah nama keluarganya, Bulsara, menjadi Freddie.

Karier[sunting | sunting sumber]

Penyanyi[sunting | sunting sumber]

Freddie Mercury pada 1978
Rentang vokal Freddie Mercury

Meskipun suara berbicara Freddie ada di kisaran bariton, ia menyanyikan sebagian besar lagu dalam kisaran tenor. rentang vokalnya memiliki rentang dari bass F rendah (F2) sampai Soprano F tinggi (F6). Dia bisa bernyanyi hingga tenor F tinggi (F5). Penulis biografi David Bret menggambarkan suaranya sebagai "meningkat dalam beberapa bar dari suara serak, tenor, kemudian ke nada tinggi, coloratura sempurna, murni dan 'mengkristal' di nada puncak". Soprano Spanyol Montserrat Caballé , yang bersama-sama dengan Freddie merekam sebuah album , menyatakan pendapatnya bahwa "perbedaan antara Freddie dan hampir semua bintang rock lain adalah bahwa dia menjual suara". dia menambahkan, "tekniknya menakjubkan. Tidak ada masalah tempo, ia bernyanyi dengan irama yang jelas, penempatan vokalnya sangat baik dan ia mampu bergerak dengan mudah dari satu nada ke nada yang lain. dia juga memiliki musikalitas besar. kalimatnya halus, lembut dan manis atau energik dan 'membanting'. Ia mampu menemukan pewarnaan yang tepat atau nuansa ekspresif untuk setiap kata.". Seiring dengan berkembangnya karir Queen, ia semakin mengubah nada-nada tertinggi lagu-lagu mereka ketika penampilan langsung, sering menyelaraskan dengan yang kedua , kertiga atau kelima gantinya. Freddie dikatakan memiliki "lipatan nodul vokal paling asli" dan mengaku tak pernah memiliki pelatihan vokal formal.

Penulis Lagu[sunting | sunting sumber]

Freddie menulis 10 dari 17 lagu di album "Queen Greatest Hits": "Bohemian Rhapsody", "Seven Seas of Rhye", "Killer Queen", "Somebody to Love", "Good Old-Fashioned Lover Boy" , "We Are the Champions", "Bicycle Race", "Don't Stop Me Now", "Crazy Little Thing Called Love" dan "Play game".

Aspek yang paling menonjol dari lagu nya melibatkan berbagai genre yang ia gunakan, yang mencakup, antara lain, rockabilly, rock progresif, heavy metal, gospel dan disko. Saat ia menjelaskan dalam sebuah wawancara tahun 1986 , "Saya benci melakukan hal yang sama lagi, lagi, dan lagi. Saya ingin melihat apa yang terjadi sekarang dalam musik , film dan teater dan menggabungkan semua itu.". Dibandingkan dengan banyak penulis lagu populer , Freddie juga cenderung untuk menulis materi musik kompleks. Misalnya, "Bohemian Rhapsody" adalah asiklik dalam struktur dan terdiri dari puluhan akord. Ia juga menulis enam lagu dari album "Queen II" yang berhubungan dengan beberapa perubahan kunci dan bahan kompleks. "Crazy Little Thing Called Love", di sisi lain, hanya berisi beberapa akord. Terlepas dari kenyataan bahwa Freddie sering menulis keselarasan yang sangat rumit, ia juga mengaku bahwa ia hampir tidak bisa membaca musik. Dia menulis sebagian besar lagu-lagunya di piano dan menggunakan berbagai macam tanda kunci yang berbeda.

Penampilan Langsung[sunting | sunting sumber]

Freddie, langsung, pada 1979, dengan stand microphone yang tak memiliki bagian bawah.
Penampilan langsung Freddie pada 1984

Freddie terkenal karena penampilan langsungnya, yang sering disampaikan kepada penonton stadion di seluruh dunia. Dia menunjukkan sebuah gaya yang sangat teatrikal yang sering menimbulkan banyak partisipasi dari kerumunan. Seorang penulis untuk The Spectator menggambarkan dia sebagai "pemain yang diciptakan untuk menggoda, mengejutkan dan benar-benar mempesona penonton dengan berbagai versi mewah dari dirinya sendiri". David Bowie, yang tampil di Konser Tribute Freddie Mercury dan merekam lagu "Under Pressure "dengan Queen, memuji gaya kinerja Freddie, mengatakan:"dari semua pemain rock teatrikal, Freddie melakukan lebih daripada yang lain... ia melakukan itu melalui tepi. Dan tentu saja, saya selalu mengagumi seorang pria yang memakai celana ketat... aku hanya melihat dia di konser sekali dan seperti yang mereka katakan, ia pasti seorang pria yang bisa menggenggam penonton di telapak tangannya.". Gitaris Queen, Brian May menulis bahwa Freddie bisa membuat "orang terakhir di bagian belakang berdiri terjauh di stadion merasa bahwa dia terhubung."

Salah satu pertunjukan yang paling menonjol dari Freddie bersama Queen adalah di Live Aid pada tahun 1985, di mana seluruh penonton stadion sebanyak 72.000 orang bertepuk tangan, bernyanyi dan bergoyang serempak. Kinerja Queen di penampilan tersebut sejak itu telah dipilih oleh sekelompok eksekutif musik sebagai penampilan langsung terbesar dalam sejarah musik rock. Hasilnya ditayangkan di sebuah program televisi yang disebut "The World's Greatest Gigs". Dalam meninjau Live Aid tahun 2005, seorang kritikus menulis, "Mereka yang menyusun daftar Terdepan Great Rock dan memberikan penghargaan tempat teratas untuk Mick Jagger, Robert Plant, dll. semua salah karena penilaian yang berlebihan. Freddie, sebagaimana dibuktikan oleh kinerja Live Aid Dionisianya, adalah paling hebat dari mereka semua."

Selama karirnya, Freddie melakukan kira-kira 700 konser di negara-negara di seluruh dunia bersama Queen. Sebuah aspek penting dari konser Queen adalah melibatkan banyak pihak. Ia pernah menjelaskan, "Kami adalah Cecil B. DeMille untuk rock and roll, selalu ingin melakukan hal-hal yang lebih besar dan lebih baik." Band ini adalah yang pertama yang pernah bermain di stadion Amerika Selatan, memecahkan rekor dunia untuk konser kehadiran di Stadion Morumbi di Sao Paulo pada tahun 1981. pada tahun 1986, Queen juga bermain di the Iron Curtain ketika mereka tampil untuk 80.000 orang di Budapest, merupakan salah satu konser musik rock terbesar yang pernah diadakan di Eropa Timur. live performance akhir Freddie dengan Queen berlangsung pada tanggal 9 Agustus 1986 di Knebworth Park di Inggris dan menarik kehadiran diperkirakan 300.000 orang.

Pemain Instrumen[sunting | sunting sumber]

Freddie Mercury bermain gitar pada konser bersama Queen di Frankfurt, Jerman, 1984.

Sebagai anak muda di India, Freddie menerima pelatihan piano secara formal sampai usia sembilan tahun. Kemudian, ketika tinggal di London, ia belajar gitar. Sebagian besar musik yang dia suka adalah gitar-berorientasi: artis favoritnya pada saat itu adalah The Who, The Beatles, Jimi Hendrix, David Bowie, dan Led Zeppelin. Dia sering mencela diri sendiri tentang keterampilannya pada kedua instrumen dan dari awal 1980-an dan seterusnya mulai ekstensif menggunakan keyboardists tamu untuk Queen dan karir solonya. Terutama, ia meminta Fred Mandel (musisi Kanada yang juga bekerja untuk Pink Floyd, Elton John dan Supertramp) untuk proyek solo pertamanya, dan dari tahun 1985 dan seterusnya berkolaborasi dengan Mike Moran (di studio) dan Spike Edney (dalam konser), meninggalkan sebagian besar pekerjaan keyboard yang secara eksklusif kepada mereka.

Freddie bermain piano di banyak lagu Queen yang paling populer, termasuk "Killer Queen", "Bohemian Rhapsody", "Good Old Fashioned Lover Boy", "We Are the Champions", "Somebody To Love" dan "Don't Stop Me Now". Dia menggunakan grand piano yang biasa digunakan pada saat konser dan, kadang-kadang, instrumen keyboard yang lain seperti piano. Dari 1980 dan seterusnya, ia juga sering membuat menggunakan synthesizer di studio. Gitaris Queen, Brian May mengklaim bahwa Freddie tidak terkesan dengan kemampuan sendiri di piano dan instrumen yang digunakan karena ia ingin berjalan-jalan di atas panggung dan menghibur penonton. Meskipun ia menulis banyak baris untuk gitar, Merkurius hanya memiliki keterampilan dasar pada instrumen. Lagu-lagu seperti "Ogre Battle" dan "Crazy Little Thing Called Love" disusun pada gitar; Yang terakhir dipilih adalah Freddie bermain gitar di panggung dan di studio.

Karier Solo[sunting | sunting sumber]

Selain karyanya dengan Queen, Freddie mengeluarkan dua album solo dan beberapa single. Meskipun pekerjaan solonya itu tidak sukses secara komersial daripada kebanyakan album Queen, dua album non-Queen dan beberapa single debutnya ada di peringkat 10 dari Grafik Musik Britania Raya. Usaha solo pertamanya terlibat kontribusinya dengan campuran bersama Richard "Wolfie" Wolf dari "Love Kills" pada album 1984 (lagu juga digunakan sebagai tema judul akhir untuk National Lampoon "Loaded Weapon") dan soundtrack baru untuk 1927 Fritz Lang Film Metropolis . Lagu, yang diproduksi oleh Giorgio Moroder, memulai debutnya di nomor 10 posisi di tangga lagu Inggris.

Pada 1981-1983, Mercury merekam beberapa lagu dengan Michael Jackson, termasuk demo "State of Shock", "Victory" dan "There Must Be More to Life Than This". Tak satu pun dari kolaborasi tersebut resmi dirilis, meskipun rekaman bajakan ada. Jackson kemudian merekam singel "State of Shock" dengan Mick Jagger untuk The Jacksons 'album Victory. Mercury termasuk versi solo "There Must Be More to Life Than This" di album Mr Bad Guy. pada bulan November 2011, Brian May mengumumkan bahwa serangkaian duet yang Freddie Rekam bersama Michael akan dirilis pada tahun 2012. Ia kemudian memperbarui tanggal rilis menjadi jatuh pada 2013.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Mercury tinggal di 12 Stafford Terrace di Kensington, London, sebelum pindah ke Garden Lodge

Pada awal 1970-an Mercury memiliki hubungan jangka panjang dengan Mary Austin , Freddie bertemu Mary melalui Brian May. Dia tinggal dengan Austin selama beberapa tahun di West Kensington . Pada pertengahan 1970-an , bagaimanapun , sang penyanyi mulai berselingkuh dengan eksekutif rekaman Amerika berjenis kelamin laki-laki di Elektra Records , yang akhirnya mengakibatkan akhir hubungannya dengan Austin. Namun, Mercury dan Austin tetap berteman dekat selama bertahun-tahun, Mercury sering merujuk padanya sebagai teman baik. Dalam sebuah wawancara tahun 1985, Mercury kata tentang Austin , "Semua pecinta saya bertanya mengapa mereka tidak bisa menggantikan Austin, tapi itu tidak mungkin . Satu-satunya teman yang aku punya adalah Austin dan aku tidak ingin orang lain. bagi saya, dia seperti istri bagi saya. bagi saya , itu adalah pernikahan. Kami percaya pada satu sama lain, itu sudah cukup bagi saya ." Ia juga menulis beberapa lagu tentang Austin , yang paling terkenal di antaranya adalah "Love of My Life". Dalam surat wasiatnya, Mercury meninggalkan rumahnya di London ke Austin , daripada kepada pasangannya, Jim Hutton , mengatakan , "Kamu akan menjadi istri saya dan itu akan menjadi milikmu juga". Mercury juga merupakan wali laki-laki dari putra tertua Austin, Richard.

Selama awal hingga pertengahan '80-an, ia terlibat asmara dengan Barbara Valentin, seorang aktris Austria, yang ditampilkan dalam video "It's A Hard Life". Pada tahun 1985, ia memulai hubungan jangka panjang lain dengan penata rambut Jim Hutton (1949-2010). Hutton, yang diuji HIV-positif pada tahun 1990, tinggal bersama Mercury selama enam tahun terakhir hidupnya, merawatnya selama sakit, dan hadir di samping tempat tidurnya ketika ia meninggal. Hutton berkatabahwa Mercury meninggal dengan mengenakan sebuah cincin kawin yang Hutton telah berikan. Hutton meninggal karena kanker pada tanggal 1 Januari 2010.

Orientasi Seksual[sunting | sunting sumber]

Sementara beberapa komentator mengklaim Mercury menyembunyikan orientasi seksualnya dari masyarakat, yang lain mengklaim bahwa ia "homoseksual". Pada bulan Desember 1974, ketika ditanya secara langsung, "Jadi bagaimana rasanya dianggap sebagai homoseksual?" oleh New Musical Express, Mercury menjawab, "Dasar licik, Mari kita begini, ada saat-saat ketika saya masih muda dan segar itu ada lah hal yang dilalui anak sekolah. aku sudah melewati banyak senda gurau di sekolah. Saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut."Tindakan homoseksual antara laki-laki dewasa di atas usia 21telah dilegalkan pada tahun 1967, hanya tujuh tahun sebelumnya. Pada 1980-an, ia sering menjauhkan diri dari pasangannya, Jim Hutton, selama acara-acara publik. Pada bulan Oktober 1986, The Sun mengklaim Mercury telah "Mengaku kepada serangkaian urusan seks homoseksual"

Selama karirnya, pertunjukan panggung flamboyan Mercury kadang-kadang menyebabkan wartawan menyinggung seksualitas. Dave Dickson, meninjau kinerja Queen di Arena Wembley pada tahun 1984 untuk Kerrang!, Memperhatikan alamat "camp" Mercury kepada para penonton dan ia bahkan menggambarkan Mercury sebagai "berpose, cemberut, memosisikan". Pada tahun 1992, John Marshall dari Gay Times, mengungkapkan pendapat sebagai berikut: "Mercury adalah 'ratu drama', tidak takut untuk secara terbuka mengungkapkan kehomoseksualannya, tapi tidak mau menganalisa atau membenarkan 'gaya hidup' nya ... Itu seolah-olah Mercury mengatakan kepada dunia, 'Aku adalah diriku. Jadi apa?' Dan hal itu sendiri bagi sebagian adalah pernyataan. "Dalam sebuah artikel AfterElton, Robert Urban menyatakan, "Mercury tidak bersekutu dengan 'dunia materil politik', atau GLBT"

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Meskipun ia mengembangkan kepribadian panggung flamboyan, Mercury adalah seorang pemalu dan tertutup bila tidak melakukan penampilan, khususnya di sekitar orang-orang yang tidak ia kenal dengan baik, dan diberikan sangat sedikit wawancara. Mercury pernah berkata tentang dirinya sendiri: "Ketika saya di panggung saya ekstrovert, namun di dalam aku orang yang sama sekali berbeda." Sementara di atas panggung, Mercury bersenang-senang dalam cinta dari pendengarnya, catatan bunuh diri Kurt Cobain menyebutkan bagaimana dia dikagumi dan iri melihat Mercury dalam cinta dan adorasi yang ia terima dari kerumunan.

Pada tahun 1987, Mercury merayakan ulang tahun ke-41 nya di Pikes Hotel, Ibiza, beberapa bulan setelah mennyadari bahwa ia telah tertular HIV. Mercury mencari banyak kenyamanan di tempat peristirahatan, dan merupakan teman dekat sang pemilik, Anthony Pike yang menggambarkan Mercury sebagai "orang yang paling indah yang pernah saya temui dalam hidup saya. Sangat menghibur dan murah hati." Menurut penulis biografi Lesley-Ann Jones, Mercury "Ia telah merasakan sangat banyak hal di rumahnya disana. Ia bermain tenis, bersantai di tepi kolam renang, dan bepergian bersama klub homoseksualnya atau bar di malam hari." Pestanya, yang diadakan pada tanggal 5 September 1987, telah digambarkan sebagai "contoh yang paling luar biasa dari kebanyakan pulau Mediterania yang pernah dilihat", dan dihadiri oleh sekitar 700 orang. Sebuah kue dalam bentuk Sagrada Familia Cathedral Gaudi disediakan untuk pesta, meskipun kue asli rusak dan digantikan dengan spons sepanjang 2 meter dengan catatan dari lagu Mercury "Barcelona". Biayanya, yang mencakup 232 gelas pecah, telah disampaikan kepada manajer Queen, Jim Beach.

Kritik dan Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Mercury tidak mengungkapkan status HIV-nya kepada publik selama beberapa tahun, dan telah disarankan bahwa dia bisa membuat kontribusi untuk AIDS dengan berbicara tentang situasinya dan perjuangannya melawan penyakit.


Queen secara luas dikritik ketika mereka melanggar boikot budaya PBB pada tahun 1984 dengan melakukan serangkaian pertunjukan di Sun City, sebuah kompleks hiburan di Bophuthatswana. Sebagai hasil dari acara ini, Queen ditempatkan pada daftar artis PBB (yang juga termasuk Rod Stewart dan Status Quo) yang melanggar boikot, dan secara luas dikritik di majalah seperti NME. Menanggapi kritik tersebut, Brian May mengatakan "... Band ini tidak politis -. Kami bermain untuk siapa saja yang ingin datang dan mendengarkan" Band ini menyumbangkan sebagian royalti kepada sekolah untuk orang tuli dan buta.

Pada tahun 2006 sebuah organisasi yang menamakan dirinya Mobilisasi Islam dan Dakwah mengajukan petisi kepada Kementerian Kebudayaan pemerintah Zanzibar, menuntut bahwa perayaan besar-besaran yang akan menjadi ulang tahun keenam puluh Mercury dibatalkan. Organisasi ini mengeluarkan beberapa keluhan tentang perayaan yang direncanakan, menyatakan bahwa Mercury bukanlah orang Zanzibar asli dan bahwa menjadi gay itu tidak sesuai dengan penafsiran mereka tentang syariah. Organisasi ini mengklaim bahwa "mengasosiasikan Mercury dengan Zanzibar menurunkan pulau kami sebagai tempat Islam". Perayaan yang telah direncanakan dibatalkan.

Penyakit dan Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 1986, pers Inggris sudah melaporkan bahwa Mercury telah diuji darahnya untuk HIV / AIDS di klinik Harley Street. Seorang wartawan The Sun, Hugh Whittow, mempertanyakan Mercury tentang kisah di Bandara Heathrow karena ia kembali dari perjalanan ke Jepang. Mercury membantah ia memiliki penyakit menular seksual. Menurut rekannya Jim Hutton, Mercury didiagnosis dengan AIDS tak lama setelah Paskah 1987. Sekitar waktu itu, dalam sebuah wawancara, Mercury mengklaim telah diuji , dan hasilnyanegatif untuk HIV. Meskipun penolakan, pers Inggris mengejar rumor yang merajalela selama beberapa tahun ke depan, didorong oleh penampilan Merkurius semakin kurus, absennya Queen dari tur, dan laporan dari mantan kekasih untuk berbagai tabloid - tahun 1990 rumor tentang kesehatan Mercury yang marak. Pada tahun 1990 Brit Awards yang diselenggarakan di Teater Dominion, London pada tanggal 18 Februari, Mercury tampak lemah membuat penampilan publik terakhirnya di atas panggung ketika ia bergabung dengan sisa dari Queen untuk mengumpulkan Brit Award untuk Kontribusi Luar Biasa Untuk Musik. Menjelang akhir hidupnya, ia rutin diikuti oleh fotografer, sementara tabloid harian The Sun menampilkan serangkaian artikel mengklaim bahwa ia sakit parah, terutama di sebuah artikel dari November 1990 yang menampilkan gambar Mercury yang lemah di halaman depan disertai dengan judul "ini resmi - Freddie sakit parah".

Namun, Mercury, rekan-rekan dan teman-teman, yang ia merasa bisa, ia percaya, terus membantah cerita, bahkan setelah satu halaman depan artikel yang diterbitkan pada tanggal 29 April 1991, yang menunjukkan Mercury muncul sangat kuyu. Ia telah mengemukakan bahwa ia bisa membuat kontribusi untuk AIDS dengan berbicara sebelumnya tentang situasinya dan perjuangannya melawan penyakit. Brian May membenarka dalam sebuah wawancara tahun 1993 dimana Mercury telah memberitahu kepada bandnya tentang penyakitnya jauh lebih awal. Difilmkan Mei 1991, video musik "These Are the Days of Our Lives" memperlihatkan Mercury yang sangat kurus, yang merupakan adegan terakhirnya di depan kamera.

Setelah konsklusi dari karyanya dengan Queen pada bulan Juni 1991, Mercury pensiun ke rumahnya di Kensington. Mantan Rekannya, Mary Austin, telah menjadi kenyamanan tertentu dalam tahun-tahun terakhirnya, dan dalam beberapa minggu terakhir hidupnya, ia melakukan kunjungan rutin ke rumahnya untuk merawatnya. Menjelang akhir hidupnya, Mercury mulai kehilangan penglihatannya, dan kerusakan nya begitu kuat ia tidak bisa bangun dari tempat tidur. Karena kondisinya memburuk, Mercury memutuskan untuk mempercepat kematiannya dengan menolak untuk minum obat, dan hanya terus mengambil pembunuh rasa sakit.

Pada tanggal 22 November 1991, Mercury memanggil manajer Queen, Jim Beach ke rumahnya di Kensington, untuk membahas pernyataan publik. Hari berikutnya, pengumuman berikut ini dibuat untuk pers internasional atas nama Mercury:

Setelah dugaan besar dalam pers selama dua minggu terakhir, saya ingin menegaskan bahwa saya telah diuji positif HIV dan AIDS. Saya merasa itu benar untuk menjaga informasi pribadi ini sampai saat ini untuk melindungi privasi orang di sekitar saya. Namun, sudah tiba saatnya sekarang untuk teman-teman dan fans di seluruh dunia untuk mengetahui kebenaran dan saya berharap bahwa setiap orang akan bergabung dengan saya, dokter saya, dan semua orang di seluruh dunia dalam memerangi penyakit mengerikan ini. Privasi saya selalu sangat istimewa bagi saya dan saya terkenal karena kurangnya wawancara. Harap dipahami, bahwa kebijakan ini akan terus berlanjut.

Pada malam 24 November 1991, kira-kira dari 24 jam setelah mengeluarkan pernyataan itu, Mercury meninggal pada usia 45 di rumahnya di Kensington. Penyebab resmi kematian adalah bronkopneumonia akibat AIDS. Seorang teman dekat Mercury, Dave Clark dari The Dave Clark Five, telah mengambil alih berjaga di samping tempat tidur ketika dia meninggal, dan Austin menelepon orangtua dan adik Mercury untuk menyampaikan berita kematiannya. Kabar kematiannya mencapai koran dan televisi awak pada 25 November dini hari.

Pada tanggal 27 November, upacara pemakaman Mercury dilakukan oleh seorang pendeta Zoroaster. Seorang pria yang sangat pribadi, layanan Mercury adalah untuk 35 teman-teman dekat dan keluarga, dengan anggota yang tersisa dari Queen dan Elton John di antara mereka yang hadir. Mercury dikremasi di Kuburan Kensal Green, London Barat. Sesuai dengan keinginan Mercury, Mary Austin mengambil alih abunya dan menguburkannya di sebuah lokasi yang dirahasiakan. Keberadaan abunya diyakini hanya diketahui oleh Mary Austin, yang telah menyatakan bahwa dia tidak akan mengungkapkan di mana ia menguburkan mereka.

Dalam wasiatnya, Mercury meninggalkan sebagian besar kekayaannya, termasuk rumah dan royalti rekaman, untuk Mary Austin, dan sisanya kepada orang tua dan adiknya. Dia selanjutnya meninggalkan £ 500.000 untuk koki-nya Joe Fanelli, £ 500.000 untuk asisten pribadinya Peter Freestone, £ 100.000 untuk sopirnya Terry Giddings, dan £ 500.000 untuk Jim Hutton. Mary Austin tetap tinggal di rumah Mercury, Garden Lodge, Kensington, bersama keluarganya. Dinding luar Garden Lodge menjadi tempat suci untuk Mercury sejak kematiannya, dan penggemar masih mengunjungi untuk memberikan penghormatan dan berkabung. Hutton terlibat dalam 2000 biografi Mercury, Freddie Mercury, the Untold Story, dan juga memberikan wawancara untuk The Times tentang bagaimanakah ulang tahun ke-60 Mercury

Warisan[sunting | sunting sumber]

Melanjutkan Popularitas[sunting | sunting sumber]

Kabar bahwa kematian Mercury mungkin telah meningkatkan popularitas Queen masih belum jelas. Di Amerika Serikat, di mana popularitas Queen telah tertinggal pada tahun 1980, penjualan album Queen naik secara drastis pada tahun 1992, tahun setelah kematiannya. Pada tahun 1992 salah satu kritikus Amerika mengatakan, "Apa yang sering disebut orang sinis faktor 'bintang mati' telah ikut bermain bersama Queen berada di tengah-tengah kebangkitan besar". Film Wayne's World, yang menampilkan "Bohemian Rhapsody", juga keluar pada tahun 1992. Menurut Asosiasi Industri Rekaman Amerika, Queen telah menjual 34,5 juta album di Amerika Serikat, sekitar setengah dari yang telah dijual sejak kematian Mercury pada tahun 1991.

Perkiraan total rekor penjualan Queen di seluruh dunia sampai saat ini telah ditetapkan setinggi 300 juta. Di Inggris, Queen kini menghabiskan minggu kolektif di UK Charts Album daripada tindakan musik lainnya (termasuk The Beatles), dan Queen's Greatest Hits adalah penjualan album tertinggi sepanjang masa di Inggris. Dua lagu Mercury , "We Are the Champions" dan "Bohemian Rhapsody", juga masing-masing terpilih sebagai lagu terbaik sepanjang masa dalam jajak pendapat utama oleh Sony Ericsson dan Guinness World Records, masing-masing. Jajak pendapat sebelumnya merupakan upaya untuk menentukan lagu favorit dunia, sementara jajak pendapat Guinness berlangsung di Inggris. Kedua lagu telah dilantik ke Grammy Hall of Fame, "Bohemian Rhapsody" pada tahun 2004, dan "We Are the Champions" pada tahun 2009. Pada bulan Oktober 2007, video untuk "Bohemian Rhapsody" terpilih sebagai yang terbaik sepanjang masa oleh pembaca majalah Q. secara konsisten dinilai sebagai salah satu penyanyi terbesar dalam sejarah musik populer, Mercury berada di peringkat ke-2 setelah Mariah Carey di 22 Voices Greatest MTV in Music. Selain itu, pada bulan Januari 2009, Mercury berada di peringkat ke-2 setelah Robert Plant dalam jajak pendapat dari suara terbesar dalam rock, di stasiun radio digital Planet Rock. Pada bulan Mei 2009, sebuah jajak pendapat majalah Rock Klasik melihat Mercury sebagai penyanyi terbesar dalam rock. Pada tahun 2011, pembaca majalah NME menyuarai Mercury setelah Michael Jackson di jajak pendapat Greatest Singers Ever. Pada tahun 2011, seorang pembaca Rolling Stone memilih Mercury di tempat kedua dari "Best Lead Singers of All Time" majalah tersebut. Pada 2013, pembaca Gigwise memilih Mercury sebagai vokalis terbaik yang pernah ada.

Album Anumerta Queen[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November tahun 1995, Queen merilis Made in Heaven, album yang menampilkan rekaman Mercury yang belum pernah dirilis sebelumnya dari tahun 1991-serta disensor dari tahun-tahun sebelumnya dan versi ulang dari karya solo oleh anggota yang masih hidup. Sampul album menampilkan patung Freddie Mercury yang menghadap Danau Jenewa di Montreux, Swis, di mana ia telah menulis dan merekam lagu-lagu terakhirnya di Mountain Studios. Pinggiran album berisi kata-kata, "Didedikasikan untuk semangat abadi Freddie Mercury".

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Patung Mercury menghadap Danau Geneva di Montreux, Swis

Sebuah patung di Montreux, Swiss (oleh pematung Irena Sedlecka) didirikan sebagai penghormatan kepada Mercury. Tingginya hampir 10 kaki (3 meter), menghadap Danau Jenewa dan diresmikan pada tanggal 25 November 1996 oleh ayah Freddie dan Montserrat Caballé, dengan teman se-band Brian May dan Roger Taylor juga hadir. Dimulai pada tahun 2003, penggemar dari seluruh dunia berkumpul di Swiss setiap tahun untuk membayar upeti kepada penyanyi sebagai bagian dari "Freddie Mercury Montreux Memorial Day" pada akhir pekan pertama bulan September dan Bearpark Dan Esh Colliery Band bermain di patung Freddie Mercury pada 1 Juni 2010. Pada tahun 1999, cap Royal Mail dengan gambar Mercury di atas panggung dikeluarkan untuk menghormatinya sebagai bagian dari seri Stampel Milenium.

Pada tahun 2009, sebuah plakat diresmikan di Feltham dimana Mercury dan keluarganya pindah setelah tiba di Inggris pada tahun 1964. Bintang dalam memori prestasi Mercury diresmikan di Feltham High Street oleh ibunya Yer Bulsara dan teman se-band Ratu Brian May. Sebagai penghormatan kepada Queen telah dipajang di Experience Fremont Street di pusat kota Las Vegas sepanjang tahun 2009 pada kanopi video. Pada bulan Desember 2009, model besar Mercury mengenakan tartan yang dipajang di pusat Edinburgh sebagai publisitas untuk menjalankan We Will Rock You di Teater Playhouse.

Sebuah patung Mercury berdiri di atas pintu masuk ke Dominion Theatre di Ujung Barat London sejak Mei 2002, di mana pertunjukan utama adalah musikal Queen dan Ben Elton, yaitu We Will Rock You.


Untuk ulang tahun ke-65 Mercury, Google mendedikasikan Google Doodle mereka kepadanya. Itu termasuk sebuah animasi lagu Mercury, "Don't Stop Me Now".

Mengacu pada "mendiang, Freddie Mercury yang hebat" di pidato induksi Galeri Kinerja Rock and Roll Mereka, Guns N 'Roses mengutip lirik Mercury dari lagunya "We Are the Champions", "Aku telah mengambil busur saya, panggilan tabirku, Anda telah membawa saya ketenaran dan kekayaan dan segala sesuatu yang terjadi dengan itu, dan saya berterima kasih kepada kalian semua. "

Penghormatan dibayarkan kepada Queen dan Mercury pada upacara penutupan Olimpiade di London 2012. Penampilan "We Will Rock You" dari band dengan artis solo Jessie J dibuka dengan video remaster dari Mercury "panggilan dan respon" rutin dari kinerja Stadion Wembley 1986, dengan penonton di Stadion Olimpiade mendapat tanggapan yang sesuai.

Pengaruh Penting dalam AIDS[sunting | sunting sumber]

Sebagai yang bintang rock besar pertama yang meninggal karena AIDS , kematian Mercury mewakili peristiwa yang sangat penting dalam sejarah penyakit itu. Pada bulan April 1992, anggota yang tersisa dari Queen mendirikan The Mercury Phoenix Trust dan terorganisir The Freddie Mercury Tribute Concert for AIDS Awarness untuk merayakan kehidupan dan warisan Mercury dan mengumpulkan uang untuk penelitian AIDS , yang berlangsung pada 20 April 1992. The Mercury Phoenix Trust dan telah mengumpulkan jutaan pound untuk berbagai kegiatan amal AIDS. Konser penghormatan, yang berlangsung di Stadion Wembley London untuk 72.000 penonton, menampilkan berbagai bintang tamu termasuk , Robert Plant (Led Zeppelin), Roger Daltrey (dari The Who), Extreme, Elton John, Metallica, David Bowie, Annie Lennox, Tony Iommi (Black Sabbath), Guns N ' Roses, Elizabeth Taylor, George Michael, Def Leppard, Seal, Liza Minnelli (dan juga U2 melalui satelit). Elizabeth Taylor berbicara tentang Mercury sebagai "bintang rock luar biasa yang melewati seluruh lanskap budaya kita seperti komet di langit". Konser ini disiarkan langsung ke 76 negara dan diperkirakan memiliki pemirsa dari 1 miliar orang.

Film dan Televisi[sunting | sunting sumber]

Brian May mengumumkan dalam sebuah wawancara BBC September 2010 bahwa Sacha Baron Cohen, yang sebelumnya terkenal karena karakter komedi Borat, Ali G dan Bruno, telah dipilih untuk bermain Mercury dalam film tentang hidupnya. TIME berkomentar dengan persetujuan atas kemampuan menyanyi dan kemiripan dengan Mercury. filmnya sedang digarap oleh Peter Morgan, yang telah dinominasikan untuk Oscar untuk skenarionya The Queen and Frost / Nixon. Filmnya, yang sedang di-co-produksi oleh Robert De Niro TriBeCa Productions, akan fokus pada tahun formatif Ratu dan periode menjelang kinerja dirayakan di konser Live Aid 1985. Syuting direncanakan akan dimulai sekitar tahun 2011.

Pada April 2011, Brian May menegaskan bahwa banyak pekerjaan masih dilakukan dalam persiapan untuk film. Dia mengatakan bahwa setelah menahan untuk waktu yang lama karena perasaan campur aduk, band ini telah menyetujui sebuah tim untuk memulai syuting pada tahun 2011 nanti, dan semangat Baron Cohen telah menjadi kunci untuk kemajuan. Film ini sedang dalam pengembangan dan dijadwalkan untuk rilis sekitar 2014. Bagaimanapun, pada Juli 2013, dilaporkan bahwa Baron Cohen putus peran karena "perbedaan kreatif" antara dia dan anggota band yang masih hidup.Later, gitaris queen, Brian May mengatakan mereka berpisah baik-baik dan memberikan alasan untuk perpecahan mereka merasakan kehadiran Cohen akan "mengganggu."


Pada Desember 2013 diumumkan bahwa Ben Whishaw, terkenal karena bermain Q dalam film James Bond Skyfall, telah dipilih untuk menggantikan Cohen dalam peran Mercury. Selain itu, juga digumumkan bahwa aktor Inggris dan sutradara Dexter Fletcher akan mengarahkan film ini, namun Fletcher kemudian menarik diri dari proyek ini pada Maret 2014. Sebelum penarikan Fletcher, produksi film tersebut sedianya akan dimulai pada musim panas 2014, setiap penundaan akan menyebabkan masalah lebih lanjut, dengan Whishaw sudah berkomitmen untuk mulai bekerja pada film James Bond berikutnya menjelang akhir tahun.


Mercury muncul sebagai karakter pendukung dalam drama televisi BBC Best Possible Taste: The Kenny Everett Story, siaran pertama pada bulan Oktober 2012. Dia diperankan oleh aktor James Floyd.

Genus Katak[sunting | sunting sumber]

Sebuah katak bergenus Mercurana, ditemukan pada tahun 2013 dari Kerala, India, disebut demikian sebagai penghormatan karena "musik hidup mengilhami penulis" Mercury. Selain itu, situs penemuan ini sangat dekat ke tempat Mercury menghabiskan sebagian besar masa kecilnya.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Singel Posisi puncak tangga lagu Album
UK
[3][4]
[5][4]
[5]
AUT
[6]
FRA
[7]
GER
[8]
IRE
[9]
NLD
[10]
NZ
[11]
SWE
[12]
SWI
[13]
US
[14]
1984 "Love Kills" 10 9 25 4 24 27 69 Metropolis (soundtrack)
1985 "I Was Born to Love You" 11 20 17 7 22 24 76 Mr. Bad Guy
"Made in Heaven" 57 60 30
"Living on My Own" 50
"Love Me Like There's No Tomorrow" 76
1986 "Time" 32 12 Dave Clark's "Time": The album
1987 "The Great Pretender" 4 26 2 11 5 14 hanya singel
"Barcelona" (with Montserrat Caballé) 8 47 8 37 15 Barcelona
1988 "The Golden Boy" (with Montserrat Caballé) 86
1989 "How Can I Go On" (with Montserrat Caballé) 95
1992 "Barcelona" [re-release] (with Montserrat Caballé) 2 6 32 3 2 2 12 8 Barcelona / The Freddie Mercury Album
"How Can I Go On" [re-release] (with Montserrat Caballé) Barcelona
"In My Defence" 8 50 12 The Freddie Mercury Album
1993 "The Great Pretender" [re-release] 29 26 13 38 21 36 15
"Living on My Own" (Remix) (UK:Gold) 1 2 1 2 1 2 1 2 Remixes
2000 "Guide Me Home" (with Montserrat Caballé) 70 Barcelona / Solo
2006 "Love Kills" (Sunshine People Remix) 83 49 98 Lover of Life, Singer of Songs
"—" singel tidak masuk tangga lagu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Akta kelhiran mr-mercury.co.uk
  2. ^ Biografi Freddie Mercury (Nama asli: Farrokh Bulsara). Inoutstar, didapatkan 11 Juli 2010
  3. ^ "Chart Stats - Freddie Mercury". Chart Stats. Diarsipkan dari aslinya tanggal 21 July 2012. Diakses 13 February 2011. 
  4. ^ a b "Chart Stats - Freddie Mercury & Montserrat Caballe". Chart Stats. Diarsipkan dari aslinya tanggal 19 January 2013. Diakses 13 February 2011. 
  5. ^ a b "Chart Log UK: M - My Vitriol". Chart Log UK. Diakses 13 February 2011. 
  6. ^ "Austrian Charts - Freddie Mercury". Hung Medien. Diakses 13 February 2011. 
  7. ^ "Les Charts - Freddie Mercury". Hung Medien. Diakses 13 February 2011. 
  8. ^ "German Singles Chart - Freddie Mercury". PHONONET GmbH. Diakses 13 February 2011. 
  9. ^ "The Irish Charts - search the charts (search: Freddie Mercury)". Irish Recorded Music Association. Diakses 13 February 2011. 
  10. ^ "Dutch Charts - Freddie Mercury". Hung Medien. Diakses 13 February 2011. 
  11. ^ "New Zealand Charts - Freddie Mercury". Hung Medien. Diakses 13 February 2011. 
  12. ^ "Swedish Charts - Freddie Mercury". Hung Medien. Diakses 13 February 2011. 
  13. ^ "Swiss Charts - Freddie Mercury". Hung Medien. Diakses 13 February 2011. 
  14. ^ "Allmusic - Billboard Singles > Freddie Mercury". All Music. Diakses 13 February 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]