Glam rock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Glam Rock
Sumber aliran rock and roll, garage rock, art rock, hard rock, pop rock
Sumber kebudayaan Britania Raya pada awal tahun 1970-an
Alat musik yang biasa digunakan gitar, gitar bass, drum, piano, saksofon, synthesizer, alat musik dawai
Popularitas arus utama Britania Raya pada tahun 1970-an
Bentuk turunan punk rock, gothic rock, new wave, pub rock, visual kei, schaffel
Genre campuran (fusion)
glam metal, glam punk
Topik lainnya
protopunk, shock rock

Glam rock atau rock glamor (glitter rock) adalah subgenre musik rock pasca-hippi asal Britania Raya pada awal tahun 1970-an. Penyanyi dan pemusiknya memakai pakaian, rias wajah, dan model rambut yang serba gemerlap, serta mengenakan sepatu bot berhak tinggi.[1] Ciri khas rock glamor adalah lirik lagu yang memakai bahasa berbunga-bunga yang diiringi permainan gitar hard rock. Kostum yang bersifat teatrikal mengambil ide dari film fiksi sains atau film-film lama.

Aliran musik ini mencapai puncak kejayaan di Britania Raya pada pertengahan tahun 1970-an. Di antara lambang generasi rock glamor adalah "Queen, Marc Bolan and T.Rex, Gary Glitter and the bands Sweet, dan Slade".[1] Pengikut glam rock lainnya termasuk Alice Cooper, Kiss, David Bowie, Lou Reed, Roxy Music, Mud, Mott the Hoople, The Glitter Band, Brian Eno, dan Suzi Quatro.

Gaya musik dan penampilan[sunting | sunting sumber]

Ciri khas musiknya terletak pada balada ringan yang melankolis dicampur musik rock yang bersemangat tinggi dan seksi ala The Rolling Stones. Lirik lagu umumnya bertemakan hedonisme dan topik-topik seperti: literatur klasik, mitologi, filsafat esoteris, sejarah, dan fiksi ilmiah. Tema lain yang menonjol adalah pemberontakan anak belasan tahun, misalnya: "Children of the Revolution" dari T.Rex, "Teenage Rampage" dari Sweet's, "School's Out" dari Alice Cooper, dan "Teenage Wildlife" dari David Bowie.

Pemusik dan penggemar glam rock mengenakan pakaian yang terlihat "artifisial" untuk membedakan penampilan mereka dari gaya busana hippie. Gaya busana glam rock berasal dari campuran transvestisme dengan futurisme. Di awal kemunculannya, aliran glam rock membangkitkan kembali kejayaan Hollywood zaman dulu di tengah obat-obatan terlarang pada tahun 1970-an. Pengaruh juga datang dari film-film Andy Warhol dan drama panggung Pork. Teman-teman di sekeliling Warhol umumnya flamboyan dengan jender yang tidak jelas.

Bersamaan dengan terjadinya reformasi homoseksual di Britania Raya dan Kerusuhan Stonewall untuk hak-hak gay di Amerika Serikat, keambiguan jender sempat menjadi mode untuk mengejutkan publik. Pada tahun 1972, David Bowie menjadi bahan berita setelah menyatakan kepada media massa Britania Raya bahwa dirinya "gay". Walaupun glam rock mengingkari pemisahan jender tradisional, pemusik glam rock yang betul-betul homoseksual sangat jarang. Jobriath adalah pemusik glam rock pertama yang secara terbuka menyatakan dirinya gay, sementara Freddie Mercury berusaha merahasiakannya.

Fiksi sains adalah inti dari gaya glam rock. Penerbangan angkasa luar dan pertemuan dengan makhluk angkasa merupakan tema-tema yang lazim. Gaya busana glam rock meniru pakaian antariksawan yang serba berwarna perak, rambut berwarna-warni, moralitas jender ganda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Walaupun rias wajah dan androgini sudah muncul dalam budaya rock sebelum tahun 1970-an (terutama dalam karya-karya Syd Barrett, Kinks, dan Rolling Stones), pendiri glam rock yang sebenarnya adalah Marc Bolan. Bersama Steve Peregrine Took pada drum, Bolan membentuk band bernama Tyrannosaurus Rex pada tahun 1967. Setelah nama grup disingkat menjadi T.Rex, lagu "Ride a White Swan" dirilis bulan Oktober 1970, dan sampai di urutan ke-2 tangga lagu Britania pada awal tahun 1971. Gaya Bolan diikuti grup musik pop rock seperti Slade dan Sweet yang sukses pada tahun 1971-1972.

Pada bulan April 1972, David Bowie mengubah penampilan dirinya secara drastis untuk proyek musik yang diberi nama Ziggy Stardust. Musik Bowie dipengaruhi film-film Stanley Kubrick (seperti A Clockwork Orange dan 2001: A Space Odyssey), rock and roll dari akhir tahun 1950-an dan awal tahun 1960-an, sastra, dan filsafat. Album The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars yang dirilisnya sukses, dan Bowie menjadi terkenal di Britania Raya.

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Philip Auslander, Performing Glam Rock: Gender and Theatricality in Popular Music Ann Arbor, University of Michigan Press, 2006 ISBN-10 0472068687
  • Rock, Mick, Glam! An Eyewitness Account Omnibus Press, 2005 ISBN 1-84609-149-7

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b http://encarta.msn.com/dictionary_561509274/glam_rock.html "Glam rock", MSN Encarta. Diakses pada 11 Maret 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]