Queen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Queen adalah bahasa Inggris untuk Ratu.
Lambang Queen, dirancang oleh Freddie Mercury

Queen adalah kelompok musik rock dari Britania Raya yang berjaya pada tahun 70-an sampai sekarang. Bahkan sampai sekarang mereka masih terkenal, terutama karena lagu-lagunya yang sering diputar seperti "We Are the Champions", "Bohemian Rhapsody" dan "We Will Rock You". Mereka sejak awal sampai akhir tidak pernah mengalami pergantian personel, dengan empat anggota John Deacon, Brian May, Freddie Mercury dan Roger Taylor. Semua personil Queen bergelar sarjana. Queen merupakan band pertama dengan personil semua sarjana. Queen sempat vakum di awal 1990-an ketika Freddie Mercury meninggal dunia karena AIDS. Meskipun begitu, mereka masih sempat mengeluarkan album baru, yaitu Made In Heaven pada 1995 dengan menggunakan suara Mercury yang direkam sebelumnya. Mereka juga sempat mengeluarkan singel baru, No-One But You (Only The Good Die Young) pada 1997. Di singel ini, gitaris Brian May dan drumer Roger Taylor merangkap sebagai vokalis karena Queen belum mendapatkan vokalis tetap. Sebelumnya, Queen sempat mengadakan proyek Queen + .... Proyek ini adalah proyek di mana Queen berkolaborasi dengan artis-artis lainnya seperti George Michael, Elton John, David Bowie, dan sebagainya. Queen + ... sudah terlihat sejak diadakannya The Freddie Mercury Tribute Concertuntuk mengenang Freddie Mercury pada 1992. Hanya saja, Queen + ... cuma menyanyikan lagu-lagu lama mereka yang menjadi hits, seperti Somebody to Love, Too Much Love Will Kill You, dan sebagainya. Setelah rilis singel No-One But You (Only The Good Die Young), basis John Deacon memutuskan untuk mengakhiri kebersamaannya dengan Queen. Pada 2004, Queen menemukan vokalis baru, yaitu Paul Rodgers. Mereka sempat mengadakan show di Hyde Park, Sheffield, Inggris. Pada 2008, Queen dan Paul Rodgers mengeluarkan album baru berjudul Cosmos Rocks dengan singel Say Its Not True, C-Lebrity, dan We Believe. Namun Queen + Paul Rodgers selesai pada tahun 2009. Pada tahun 2012, Queen pun berganti frontman yaitu, Adam Lambert. Queen pertama kali tampil bersama Adam pada MTV EMA tahun 2011 dan kebetulan Queen memenangkan nominasi Global Icon.

Sebelum Berdiri (1968 - 1971)[sunting | sunting sumber]

Berawal dari dua mahasiswa yang ingin membuat band, Tim Staffell (vokalis dan basis) dan Brian May (gitaris). Mereka mengaudisi mahasiswa yang akan menjadi drumer dan mendapatkan Roger Taylor dan membentuk band Smile, namun band tersebut hanya bertahan 2 tahun. Tim Staffell keluar dan membentuk band baru bernama Humpy Bong. Freddie Mercury masuk dan menamai band ini "Queen". Queen mengaudisi pemain bass dan mendapatkan John Deacon (1971).

Sebelum Sukses (1971 - 1974)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1973, Queen merilis album "Queen" dengan pengaruh dari Led Zeppelin dan The Who, di album ini, Queen merilis dua single yaitu, Keep Yourself Alive dan Liar. Tahun berikutnya pun Queen merilis album Queen II dengan single Seven Seas of Rhye. Roger Taylor tidak menyukai nama album ini karena tidak kreatif. Pada kedua album ini, musik Queen agak heavy metal dan hard rock, namun ada beberapa lagu yang ballad dan rock opera.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

"Cosmos Rocks (2008)"

Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]