Queen II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Queen II
Album studio oleh Queen
Dirilis 1974
Direkam Trident Studios, Agustus 1973
Genre Rock
Durasi 40:41
Label Parlophone (Eropa), EMI (Inggris), Elektra (AS)
Produser Queen, Roy Thomas Baker, Robin Geoffrey Cable
Kronologi Queen
Queen
(1973)
Queen II
(1974)
Sheer Heart Attack
(1974)


Queen II adalah album kedua dari grup rock asal Britania Raya, Queen. Album ini diterbitkan pada tahun 1974 dan diproduseri oleh Queen, Roy Thomas Baker, dan Robin Geoffrey Cable. Album ini direkam mulai Agustus 1973 di Trident Studios.

Tidak seperti album-album Queen lainnya, album ini memiliki label sisi yang berbeda. Sisi satu dinamakan "White Side". Sisi kedua dinamakan "Black Side". Di album ini, terdapat versi penuh dari lagu "Seven Seas of Rhye" yang terdapat dalam album sebelumnya, Queen, dan merupakan satu-satunya singgel dalam album ini.

Album ini tercatat dalam buku 1001 Albums You Must Hear Before You Die.[1]

Latar belakang dan perekaman[sunting | sunting sumber]

Setelah album debut mereka, Queen, direkam menjelang akhir November 1972, Queen mulai mempersiapkan tur promosinya. Masalah manajemen memaksa album tersebut dirilis pada label independen Trident delapan bulan setelah penyelesaian album. Selama jangka waktu tersebut, Queen menulis materi baru dan sangat ingin segera merekamnya. Beberapa lagu baru ditulis segera setelah album pertama dan bahkan beberapa lagu telah ditulis sebelum album perdana. "Ogre Battle" ditulis selama penulisan album perdana, begitu pula "Father to Son".

Agustus 1973, Queen kembali ke Trident Studios. Untuk sebuah album yang dianggap lengkap (dengan vokal, harmoni, dan instrumen berlapis), hanya butuh waktu sangat singkat - hanya satu bulan - untuk merekam Queen II. Versi penuh dari "Seven Seas of Rhye" dimunculkan, direkam dengan tujuan menjadi singgel pemuncak album.

Fotografer rock, Mick Rock, direkrut untuk fotografi album.[2] Foto Queen, yang digunakan sebagai sampul album Queen II, menjadi salah satu gambar grup tersebut paling ikonis, nantinya dihidupkan kembali untuk film promosi "Bohemian Rhapsody".[2]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Meskipun bukan merupakan album konsep secara utuh, semua lagu tampak tersambung, baik secara lirik maupun lagu. Semua lagu pada sisi satu, White Side ("Sisi Putih"), ditulis oleh Brian May, kecuali "The Loser in the End" oleh Roger Taylor. Semua lagu pada sisi dua, Black Side ("Sisi Hitam"), ditulis oleh Freddie Mercury.

White Side (Side One)
No. Judul Durasi
1. "Procession" (Instrumental) 1:12
2. "Father to Son"   6:14
3. "White Queen (As It Began)"   4:34
4. "Some Day One Day"   4:23
5. "The Loser in the End"   4:02
Black Side (Side Two)
No. Judul Durasi
1. "Ogre Battle"   4:10
2. "The Fairy Feller's Master-Stroke"   2:40
3. "Nevermore"   1:15
4. "The March of the Black Queen"   6:33
5. "Funny How Love Is"   2:50
6. "Seven Seas of Rhye"   2:50

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 1001 Albums You Must Hear Before You Die
  2. ^ a b Pryor, Fiona (10-05-2007). "Photographer lives the Rock dream". BBC News. Diakses 27-08-2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]