Polydor Records

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Polydor
Perusahaan induk Universal Music Group
Didirikan 1924
Status Aktif
Distributor Polydor
(kecuali A.S.)
Interscope-Geffen-A&M
(A.S.)
Genre Beragam
Negara asal Jerman
Lokasi Britania Raya; Amerika Serikat
Situs web resmi Situs web resmi Polydor Records

Polydor adalah sebuah label rekaman yang dimiliki oleh Universal Music Group dan saat ini berpusat di Britania Raya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Polydor awalnya merupakan cabang independen dari Grammophon Deutsche Gesellschaft. Namanya pertama kali digunakan sebagai label ekspor pada tahun 1924, oleh cabang perusahaan gramafon Jerman dan Britania Raya yang memutuskan hubungan mereka selama Perang Dunia I. Deutsche Grammophon mengklaim hak atas merek dagang His Master's Voice untuk Jerman, tempat rekaman HMV dirilis di bawah merek dagang Electrola.

Polydor menjadi label musik populer pada tahun 1946, sementara Deutsche Grammophon menjadi label musik klasik. Hak Jerman ke merek dagang His Master's Voice dijual oleh Deutsche Grammophon ke unit Electrola Records, EMI, pada tahun 1949. [1] Label Polydor tetap menjadi label ekspor Deutsche Grammophon, termasuk musik klasik, di Perancis dan daerah berbahasa Spanyol untuk sisa era lama bermain, sebagai akibat dari kekhawatiran bahasa dan budaya.

Polydor telah membuka cabang di AS pada tahun 1969, [2] tetapi tidak menjadi kehadiran nyata dalam industri rekaman Amerika Serikat sampai pembelian kontrak rekaman dan katalog belakang bintang R&B James Brown pada tahun 1971 dan penyerapan dari label MGM Records oleh induk perusahaannya, PolyGram, pada tahun 1972.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]